YAYASAN PENDIDIKAN NURUL IKHWAN
MI. NURUL IKHWAN BETUNG
TERAKREDITASI “B”
AKTA NO: 02 TAHUN 2016 KEMENKUMHAM RI NO : AHU-0039018.AH.01.04TAHUN 2016
Alamat :Jln. Raya DesaBetung Selatan KecamatanAbabKabupatenPenukal Abab Lematang Ilir
Telp (HP) 082182665926/081367691584Prov.Sum-Sel31315
NPSN : 69755687 NSM : 111216120002
Nama : …………………….
Kelas / semester : V / 2
Matapelajaran : Tema 7
Hari/Tanggal : …………..
A. Pilihlah a,b,c atau d jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang!
1. Mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing merupakan keragaman yang menunjukkan adanya perbedaan ....
a. suku
b. kegemaran
c. jenis kelamin
d. agama
2. Riska dan Nina berasal dari daerah yang berbeda. Riska berasal dari daerah yang bentang alamnya berupa pegunungan. Nina berasal dari daerah pesisir pantai. Keduanya memiliki kebiasaan dan budaya yang berbeda. Faktor yang menyebabkan adanya ragam budaya di antara keduanya adalah ....
a. ras asal
b. lingkungan geografis
c. latar belakang sejarah
d. perbedaan kepercayaan
3. Perhatikan ragam perbedaan berikut ini!
(1) Warna kulit
(2) Jenis rambut
(3) Pakaian adat
(4) Upacara pernikahan
Ragam perbedaan fisik ditunjukkan pada nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
4. Berikut ini merupakan contoh kebudayaan lokal yang telah diangkat menjadi kebudayaan nasional adalah ....
a. pakaian adat batik
b. upacara ngaben
c. rumah adat honai
d. tari tradisional seudati
5. Segala kebudayaan yang dimiliki oleh Negara Indonesia disebut kebudayaan ....
a. lokal
b. asing
c. nasional
d. daerah
6. Perhatikan kegiatan berikut ini!
(1). Saling membantu untuk mengganggu teman.
(2) Gotong-royong mendirikan pos kamling
(3) Kerja bakti membersihkan selokan.
(4) Bekerja sama saat ujian
Kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan ditunjukkan pada nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4
7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
(1) Menonjolkan suku, agama, ras, dan golongan sendiri.
(2) Acuh tak acuh terhadap perbedaan dalam masyarakat.
(3) Menganggap hanya suku sendiri yang paling bagus dan suku lainnya jelek.
(4) Meningkatkan interaksi tanpa mempermasalahkan perbedaan.
Sikap menghargai keragaman budaya masyarakat Indonesia ditunjukkan pada ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
8. Apabila kamu berbeda agama dengan temanmu, maka kamu harus ....
a. memusuhinya
b. menghormatinya
c. menjauhinya
d. mengucilkannya
9. Arif berasal dari Aceh. Edi berasal dari Manado. Meskipun berbeda daerah asal, sikap mereka sebaiknya ....
a. tetap rukun
b. bertengkar
c. bermusuhan
d. saling mengejek
10. Indonesia memiliki keragaman bahasa daerah, tetapi tetap memiliki bahasa nasional sebagai bahasa persatuan. Bahasa persatuan tersebut digunakan sebagai bahasa pergaulan, di sekolah, dan instansi resmi lainnya. Bahasa yang dimaksud adalah bahasa ....
a. Indonesia
b. Melayu
c. Sunda
d. Jawa
11. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
(1) Sebagai pandangan hidup bangsa.
(2) Sebagai dasar ideologi negara,
(3) Alat pemersatu bangsa,
(4) Kebudayaan nasional.
Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
12. Berikut ini yang bukan merupakan contoh kegiatan yang mencerminkan pengamalan Pancasila adalah ....
a. gotong-royong
b. musyawarah
c. kerja bakti
d. kerja sama ketika ulangan
13. Perhatikan jenis-jenis keragaman berikut ini!
(1) Perbedaan jenis rambut.
(2) Perbedaan pekerjaan.
(3) Perbedaan agama.
(4) Perbedaan warna kulit.
Perbedaan yang menunjukkan keragaman sosial ada pada nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
14. Berikut ini yang merupakan sikap menghargai keragaman di sekolah adalah ....
a. bermain dengan semua teman
b. memilih teman bermain
c. bertengkar dengan teman
d. memusuhi teman yang berbeda agama
15. Perhatikan sikap-sikap berikut ini!
(1) Rela berkorban
(2) Berjiwa besar
(3) Rendah diri
(4) Besar kepala
Sikap para pahlawan yang dapat kita teladani dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan pada nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
16. Membeda-bedakan agama dapat mengakibatkan ....
a. perselisihan
b. persahabatan
c. persatuan
d. keberagaman
17. Tarlan khas dari daerah Nia adalah tari gambyong, Tarian khas dari daerah Budi adalah tari topeng. Perbedaan tersebut patut kita ....
a. abaikan
b. permalukan
c. banggakan
d. tinggalkan
18. Berikut ini yang bukan merupakan penyebab banyaknya suku di Indonesia adalah ....
a. perbedaan lingkungan geografis
b. pemimpin negara
c. perbedaan agama atau kepercayaan
d. perbedaan latar belakang sejarah
19. Indonesia terdiri atas berbagai suku, oleh karena itu kita harus memupuk rasa ....
a. persatuan
b. permusuhan
c. persaingan
d. perpecahan
20. Berikut ini yang termasuk kerja sama di lingkungan sekolah adalah ....
a. berdiskusi mengenai materi yang belum dimengerti
b. berdiskusi saat ulangan
c. mengerjakan PR di ruang kelas
d. menyontek saat ulangan
Teks berikut digunakan untuk menjawab soal no 21, 22, dan 23
Perhatikan teks eksplanasi berikut!
Sumber energi panas adalah benda-benda yang dapat menghasilkan energi panas. Salah satu sumber energi panas di alam adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar yang berguna untuk semua makhluk hidup. Energpanas dari matahari digunakan tumbuhan hewan maupun manusia.Energi panas dari matahari membantu proses fotosintesis atau pembuatan makanan pada tumbuhan. Hasil fotosintesis akan menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lain.
Energi panas dari matahari juga dapat menerangi dan menghangatkan udara di bumi. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak kegiatan manusia yang memanfaatkan energi panas dari matahari. Misalnya, mengeringkan padi setelah panen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, dan mengeringkan pakaian yang basah.
21. Sesuai teks tersebut, apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?
a. Sumber energi panas adalah benda-benda yang dapat menghasilkan energi panas.
B. Sumber energi panas adalah benda-benda yang dapat membantu proses fotosintesis.
C. Sumber energi panas adalah benda-benda yang dapat menerangi dan menghangatkan udara di bumi.
D. Sumber energi panas adalah benda-benda yang dapat membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan.
22. Apa manfaat yang didapat makhluk hidup dari matahari pada teks eksplanasi tersebut?
A. Matahari dapat membantu proses mengeringkan padi setelah panen dan pembuatan percikan api.
B. Matahari dapat membantu proses pembuatan api dan pembuatan makanan pada tumbuhan.
C. Matahari dapat membantu proses fotosintesis dan proses gesekan dua benda.
D. Matahari dapat membantu proses fotosintesis tumbuhan dan menghangatkan udara di bumi
23. Kata kunci pada paragraf pertama teks tersebut adalah ….
a. Makhluk hidup dan matahari
B. Matahari dan sumber energi panas
C. Sumber energi panas dan tumbuhan
D. Matahari dan kehidupan
24. Permasalahan yang muncul setelah teks Proklamasi jadi adalah ....
A. Siapa yang akan membacakan
B. Siapa yang akan menandatangani
C. Siapa yang akan menulis
D. Siapa yang akan mengetik
25. Kapan para pemuda membawa Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok?
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah ....
a. 16 agustus 1945
B. Jalan pegangsaan timur no. 17 jakarta
C. Diantar oleh jusuf kunto menuju rengasdengklok
D. Agar mengumumkan proklamasi kemerdekaan indonesia secepatnya
26. . Perhatikan bagian-bagian surat berikut ini!
(1) Kop surat
(2) Pembukaan
(3) Isi surat
(4) Penutup
Bagian surat yang berisi tempat dan tanggal pembuatan sebuah surat ditunjukkan pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
27. Dengan hormat,Kami Panitia Pentas Seni SD Negeri 01 Bandung bermaksud menyelenggarakan pementasan drama kelas oleh siswa-siswi. Acara tersebut akan diselenggarakan pada:
Hari/tanggal : Selasa, 16 Oktober 2018
Waktu : Pukul 10.00 s.d. 14.00 WIB
Tempat : Ruang Aula SD Negeri 4 Bandung
Bagian surat undangan di atas merupakan bagian ....
A. Kepala surat
B. Pembuka surat
C. Isi surat
D. Penutup surat
28. Sebagai generasi muda, kita harus aktip dalam melakukan kegiatan poşitif untuk mengisi kemerdekaan Indonesia.
Kosakata tidak baku pada kalimat di atas adalah ....
A. Generasi
B. Aktip
C. Kegiatan
D. Positif
29. Putra menjadi ketua panitia pentas seni di sekolahnya. Putra akan membuat daftar pihak yang akan menjadi tamu undangan pentas seni tersebut.
Berikut ini bukan merupakan pihak yang tepat mendapatkan surat undangan adalah ....
A. Orang tua murid
B. Kepala sekolah
C. Guru dan penjaga sekolah
D. Pejabat negara
30. Kata tanya yang tepat untuk menanyakan penjelasan mengenai proses terjadinya sebuah peristiwa adalah ....
A. Apa
B. Kapan
C. Mengapa
D. Bagaimana
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
1. Rambut ikal, lurus, dan bergelombang merupakan contoh perbedaan secara ..............
2. Keanekaragaman suku bangsa yang ada di Indonesia juga mengakibatkan adanya keanekaragaman ....
3. Joglo, gadang, dan limas adalah contoh ragam .................
4. Dasar negara Indonesia adalah ..............
5. Sikap tegas dalam bertindak dan mengambil keputusan secara tepat dan benar merupakan sikap.....