KINERJA PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM MENCIPTAKAN SISWA BERAKHLAK MULIA
DI SD NEGERI 1 KARANG AGUNG KECAMATAN ABAB
KABUPATEN MUARA ENIM
A. Latar Belakang
Pendidikan agama sangatlah penting bagi manusia dikarenakan pendidikan agama adalah sumber dari pendidikan yang ada dimana seseorang guru dituntut untuk bisa mencapai apa yang telah menjadi indikator dari sebuah pendidikan yang telah diberikan. dunia pendidikan dewasa ini berkembang semakin pesat dan semakin kompleks. persoalan pendidikan yang dihadapi bukanlah tantangan yang dibiarkan begitu saja. tetapi bagaimana kinerja seseorang guru dalam memberikan pendidikan agama untuk menciptakan siswa berakhlak mulia. kinerja adalah usaha – usaha yang harus dilakukan oleh seseorang guru yang profesional dalam menciptkan siswa yang berakhlak mulia. profesional adalah sebuah sikap yang harus dimiliki oleh seseorang guru dalam menciptakan siswa berakhlak mulia dengan berbagai cara dalam pembiasaan prilaku yang baik dan nyata dalam kehidupan sehari-hari dalam penyampaian materi guru harus profesional pada acuan yang sudah ditetapkan sebelumnya seprti pembuatan rpp dan silabus serta mengetahui tujuan dari apa yang telah diajarkan kepada siswa. sehinggah seorang guru tersebut bisa melakukan pengajaran yang bersipat profesional dalam menciptakan siswa yang berakhlak mulia dan juga siswa bisa menerapkan dalam kehidupan sehari – hari sehinggah profesional guru tersebut bisa diakui bahwa telah berhasil dalam mendidik dan menciptkan siswa yang berakhlak mulia dalam masyarakat demikian juga setelah guru berhasil maka banyak diantara orang tua ingin mensekolahkan anaknya ke tempat tersebut.
Sekarang ini guru yang profesional sangat sulit untuk dijumpai dalam kehidupan dunia pendidikan. realita yang terjadi sekarang ini adalah guru hanya mengajarkan apa yang harus di ajarkan tetapi sangat sedikit yang bisa menciptkan siswa yang berakhlak mulia. sedangkan seseorang guru itu harus bisa membuktikan hasil dari apa yang telah diberikan kepada siswa. untuk itu seseorang guru perlu memiliki kepribadian, menguasai bahan ajaran dan menguasai cara – cara mengajarkan sebagai profesionalnya seseorang guru tanpa hal tersebut guru akan gagal dalam melaksanakan tugasnya karena kinerja profesional guru itu merupakan kecakapan dan ketrampilan dalam memberikan pendidikan kepada siswa. Guru mempunyai peranan penting dalam merealisasikan tujuan pendididkan nasional. Guru adalah ujung tombak kegiatan pengajaran di sekolah tanpa guru yang profesional maka kegiatan proses belajar mengajar tidak akan berjalan sebagaimana mestinya dan seseorang guru seharusnya memiliki pemahaman – pemahaman yang dalam tentang pengajaran dan pembelajaran. mengajar bukanlah kegiatan yang muda tetapi kegiatan dan tugas yang sangat berat dan penuh dengan permasalahan dan guru herus bertanggung jawab terhadap penddikan siswa. seperti yang dikutip oleh Syaiful Bahri Djamarah ia menyatakan : “ Guru sebagai orang yag berwewenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan siswa baik secara individual maupun secara klasikal. Baik di sekolah maupu di luar sekolah minimal memiliki dasar – dasar yang profesional sebagai wewenang dalam menjalankan tugas. Kinerja profesional guru juga alat yang berguna untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar semua siswa merasa puas atas pelaksanaan proses pembelajaran sehingga terciptalah siswa yag berakhlak mulia. Sebagai dasar dari perlunya guru yang profesional penulis menaklilkan Firman Allah SWT.
surat Al- An’am ayat : 135
Artinya :
Berdasarkan ayat di atas kinerja profesional guru merupakan suatu kemampuan yang mutlak harus dimiliki oleh seorang guru agar tugasnya sebagai pendidik dapat terlaksana denga baik.
suatu penulis melakukan penjajakan awal di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim yang merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan. Penulis melihat adanya permasalahan bagi guru dalam memberikan pengetahuan. Hal ini terlihat ketika guru tersebut sedang memberikan materi kuruang profesional dalam kinerjanya seperti kurangnya memotivasi siswa secara aktif dan memberikan kesimpulan terhadap pelajaran yang diberikan kepada siswa. Mengingat pentingnya kinerja profesional guru maka diharapkan dapat menningkatkan kemampuan mengajar siswa secara profesional.
Bertitik tolak dari hal tersebut penulis mencoba untuk mengadakan penelitian yang hasilnya akan dituangkan ke dalam sebuah skripsi yang berjudul
“ Kinerja Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menciptakan Akhlak Mulia Di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim.”
untuk menghindari kesalahpahaman maka penulis memberikan Interpletasi teradap judul skripsi di atas Sebagai berikut :
1. Kinerja adalah usaha – usaha yang giat yang dilakukan oleh seorang guru dalam memberikan pengetahuan kepada siswa agar bisa menerapkan pelajaran yang diberikan dalam kehidupan sehari – hari sehingga tercapai tujuan dari skripsi .
2. Profesional adalah pemilikan pengetahuan. ketrampilan, kecakapan, dan kemampuan sebagai seorang guru dalam menentukan atau memutuskan sesuatu berdasarkan kekuasaan yang dimiliki sehingga proses belajar dan mengajar berjalan dengan baik.
3. Guru adalah Orang yang bertugas sebagai pengajar dan pendidik bagi siswa dalam mengelolah dan memberikan pengajaran kepada siswa.
4. Menciptakan adalah membuat sesuatu yang belum tercipta dengan baik dari sebelumnya menjadi tercipta lebih baik dari sebelumnya.
5. Akhlak Mulia adalah kepribadian yang harus dimiliki setelah pengetahuan yang diberikan oleh guru kepada siswa.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas penulis kemukakan di atas. maka yang menjadi topik permasalahan :
1. Bagaimana Kinerja Profesional guru pendidikan agama islam dalam menciptakan siswa yang berakhlak mulia di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim.
2. Apakah penghambat kinerja profesional Guru guru pendidikan agama islam dalam menciptakan siswa yang berakhlak mulia di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim.
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini secara uum bertujuan untuk menggali informasi tentang usaha untuk meningkatkan kinerja profesional guru pendidikan agama islam di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim yaitu sebagai berikut :
1. untuk mengetahui kinerja profesional guru pendidikan agama islam dalam menciptakan siswa berakhlak mulia di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim.
2. Untuk mengetahui penghambat yang mempengaruhi kinerja profesional guru pendidikan agama islam dalam menciptakan siswa yang berakhlak mulia di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini secara khusus memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja profesional guru pendidikan agama islam dalam menciptakan siswa yang berakhlak mulia di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim. yaitu sebagai berikut.
1. Secara teori
kinerja profesional guru sangat berperan dalam menciptakan siswa yang berakhlak mulia dikarenakan dengan kinerja profesional guru tersebut maka akan tercipta siswa yang berakhlak mulia. Menurut Nurdin Syafruddin di dalam bukunya yang berjudul “ Guru Profesional dan Inflementasi kurikulum “ ia mengatakan bahwa “ kinerja profesional guru dapat dilakukan dan direncanakan serta dilaksanakan apabila seseorang guru tersebut bisa menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaranya” jadi seseorang guru tersebut dapat berhasil apabila di dalam kenyataanya akhlak pada diri siswa dalam kehidupan yaitu berakhlakmulia.
2. Secara Praktik
Dengan penelitian ini maka penulis dapat mengambil dan mengembangkan kinerja profseional guru pendidikan agama islam dalam menciptakan siswa yang berakhlak mulia di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim dengan cara melakukan KKG ( Kelompok Kerja Guru ) dalam melakukan pembahasaan masalah Kinerja profesional guru yang bertajuk pada pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Silabus serta perangkat pembelajaran lainya.
E. Batasan Masalah
Dari judul Skripsi di atas tersebut peneliti mebatasi masalah tersebut yaitu hanya meneliti kinerja profesional guru pendidikan nasional di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupten Muara Enim.
F. Kajian Pustaka / Penelitan Terdahulu
Kinerja Profesional Guru dapat kita lihat pada kajian pustaka yang terdahulu. Menurut Brian Swimme and Thomas Berry di dalam buku Fasilitator “ Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan Taman Kanak – Kanak dan Sekolah Dasar “ ia mengatakan bahwa “ Semua pendidikan itu perlu diterapkan kedalam pendidikan islam secara utuh yang berproses, secara Terpadu yang memiliki tujuan, memiliki sub sistem saling bergantung, dan saling berbagi tentang kinerja profesional guru” sedangkan menurut Martini Jamaris ia menyatakan bahwa : “ pendidikan akan berhasil apabila seseorang guru mempunyai kinerja yang profesional dalam melakukan pengajaran baik itu secara praktik maupun secara teori dikarenakan pendidikan Hanya guru yang profesional yang dapat mencerdaskan dan meningkatakan serta menciptakan siswa yang berakhlak mulia.
Dari kedua Tokoh tersebut terdapat persamaan dan perbedaan dalam meningkatkan kinerja profesional guru pendidikan agama islam. persamaanya yaitu pada kinerja profesional guru yang lebih ditekankan kepada siswa berupa pendidikan islam yang secara utuh yang berproses, secara Terpadu yang memiliki tujuan, memiliki sub sistem saling bergantung, dan saling berbagi tentang kinerja profesional guru yang dapat dilakukan dengan praktik dan teori yang bertujuan pada peningkatan kinerja profesional guru sedankan perbedaanya yaitu terletak pada penyampaian materi kepada siswa yakni secara praktik dan teori.
G. Metodelogi Penelitan
Dalam penelitian ini penulis mengemukakan hal – hal sebagai berikut.
1. Jenis Penelitian atau Pendekatan Penelitian.
Jenis penelitian ini yang di ambil oleh penulis yaitu penelitian kualitatif
2. Tempat dan waktu penelitian.
Tempat penelitian di SD Negeri 1 Karang Agung
Waktu penelitian yaitu tanggal 11 November 2011
3. Populasi dan Sampel atau Sumber data
a. Data
Data yang digali dalam penelitian ini terdiri dari data pokok dan data penunjang sebagai berikut:
1) Data pokok tentang usaha meningkatkan kinerja profesional guru
2) Data pokok tentang Penghambat kinerja profesional guru pendidikan nasional di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupten Muara Enim.
a. Latar belakang pendidikan guru
b. Pengalaman mengajar
c. Media
d. Waktu
e. Komunikasi antara guru dan siswa
f. Training keguruan yang diikuti.
3) Data penunjang, yaitu data tentang gambaran umum lokasi penelitian, yang meliputi:
a. Sejarah berdirinya SD Negeri 1 Karang Agung
b. Keadaan guru SD Negeri 1 Karang Agung
c. Keadaan siswa
b. Sumber Data
Untuk mendapat sumber data-data di atas, baik data pokok maupun data penunjang, maka penelitian ini mengambil sumber data, yaitu:
1. Responden
Responden dalam penelitian ini adalah seluruh dewan guru yang mengajar di SD Negeri 1 Karang Agung
2. Informan
dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan staf TU serta siswa SD Negeri 1 Karang Agung
4. Teknik Pengumpulan Data
Untuk menggali data-data pokok dan data penunjang di atas, maka penelitian menggunakan teknik-teknik pengumpulan data seperti yang tersebut di bawah ini :
1) Angket
Yang ditujukan kepada para guru yang terlibat langsung dalam usaha meningkatkan kinerja profesional guru guru pendidikan agama islam dalam menciptakan siswa yang berakhlak mulia di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim
2) Wawancara
Teknik ini digunakan untuk menggali data penunjang yang ditujukan kepada siswa SD Negeri 1 Karang Agung dan semua pihak yang dapat memberikan Informasi tentang kinerja profseional guru pendidikan agama islam dalam menciptakan siswa yang berakhlak mulia di SD Negeri 1 Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Muara Enim.
3) Observasi
Teknik ini digunakan agar penulis dapat melihat secara langsung keadaan lokasi penelitian dan untuk melengkapi sebagian data-data pokok yang diperlukan.
4) Dokumenter
segala sesuatu yang berasal dari buku dan naskah - naskah SD Negeri 1 Karang agung
H. Sistematika Pembahasan
Dengan penelitian ini penulis membuat Sistematika Pembahasan.
BAB I : Pendahuluan yang di dalamnya berisikan latar belakang masalah dan perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, kajian pustaka atau penelitian terdahulu, Metodelogi penelitian, dan sistematika pembahasan
BAB II : kinerja Profesional guru pendidikan agama islam dalam menciptakan siswa berakhlak mulia yang di dalamnya berisikan pengertian kinerja, pengetian profesional, pengertian guru, pengertian menciptakan, dan pengertian akhlak mulia.
BAB III : Metode penelitian yang di dalamnya berisikan: Jenis Penelitian atau Pendekatan Penelitian, Tempat dan waktu penelitian, Populasi dan Sampel atau Sumber data, Sumber Data, tehnik pengumpulan data, dan tehnik analisis data
BAB IV : Laporan penelitian yang di dalamnya berisikan gambaran umum, lokasi penelitian, penyajian data, dan analisis data
BAB V : Penutup yang di dalamnya berisikan kesimpulan dan saran – saran
I. Jadwal Kegiatan Penelitian
Digunakan untuk mengumpulkan data yang terperinci.
Daftar Pustaka
Gunawan. 1996. Kebijakan-kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara. Sadirjo,
Marwan. 1996. Bunga Rampai (Pendidikan Agama Islam). Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam 1998/1999.
Shaleh, Abdul Rahman. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta: PT. Gemawindu Pancaperkasa.
Uhbiati, Nur. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, cet. I. Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudirman N, et al. 1999. Ilmu Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1991. Prestasi Belajar dan Kompetensi Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Sudjana. 1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru. Usman, M. Basyiruddin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta : Ciputra Pers.
Nurdin, Syafruddin. 2002. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum
Nama : Abdul Hendi
Semester : VII
Ruang : C
proposal penelitian
KINERJA PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM MENCIPTAKAN SISWA BERAKHLAK MULIA
DI SD NEGERI 1 KARANG AGUNG KECAMATAN ABAB
KABUPATEN MUARA ENIM
DI DALAM BLOG MEMUAT TUGAS 1.SD 2.SMP 3.SMA 4.MAHASISWA 5. GURU 6. DOSEN 7.PPG https://gurupaliprofesional.blogspot.com/
Selasa, 06 Desember 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
PTK PRASIKLUS
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MAKE A MATCH MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN PADA SISWA K...

-
LK-5: Penyusunan Modul Ajar (MA-1) berbasis PBL (Pilihan 1) Modul Ajar Format (Model 1) Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekert...
-
LK-6: Modul Ajar (MA-1) berbasis PJBL Modul Ajar Format Lengkap (Model 1) Modul Ajar Pendidikan Agama Islam Informa...
-
Jika anda saat ini mengikuti pendidikan profesi guru ( PPG ) kategori guru tertentu pada tahun 2024 ini, harus mengerjakan seluruh modul sec...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar