Aksi Nyata: Merancang Kegiatan Pembelajaran dengan Prinsip UbD
- Merancang kegiatan pembelajaran dengan prinsip UbD. Kegiatan pembelajaran yang dirancang perlu melibatkan perencanaan yang cermat untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif dan bermakna. Kegiatan pembelajaran seharusnya tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga menstimulasi pemikiran kritis, refleksi, dan aplikasi konsep dalam konteks yang relevan.
- Rancangan pembelajaran yang dibuat dapat disimpan di komputer. Nantinya, bisa disertakan ketika membuat jurnal pembelajaran.
Contoh:
Rancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Kelas: 1 SD
- Tujuan Pembelajaran
- Pemahaman yang Diharapkan:
- Murid memahami kosakata dasar tentang benda-benda di sekitar rumah dan sekolah.
- Murid mampu menggunakan kosakata tersebut dalam kalimat sederhana.
- Pertanyaan Esensial:
- Apa saja nama-nama benda yang ada di rumah dan sekolah?
- Bagaimana kita menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat?
- Asesmen Pembelajaran
- Asesmen Formatif:
- Murid menyebutkan nama-nama benda yang ditampilkan dalam video.
- Murid menulis nama benda dalam buku catatan mereka.
- Asesmen Sumatif:
- Murid membuat video pendek, di mana mereka menyebutkan dan menunjukkan benda-benda di rumah atau sekolah mereka.
- Murid membuat gambar benda-benda di sekitar mereka dan menulis nama benda tersebut.
- Aktivitas Pembelajaran
- Pendahuluan:
- Guru memulai dengan mengajukan pertanyaan kepada murid tentang benda-benda yang mereka lihat di sekitar mereka sehari-hari.
- Guru menunjukkan beberapa benda di kelas dan menyebutkan namanya, meminta murid mengulanginya.
- Kegiatan Inti:
- Menonton Video:
- Murid menonton video yang diunggah di YouTube yang berisi penjelasan tentang nama-nama benda di rumah dan sekolah. Video tersebut menampilkan gambar benda dan menyebutkan nama benda dalam kalimat sederhana.
- Guru mengarahkan murid untuk menyimak dan mengulang kata-kata yang ada di video.
- Diskusi dan Praktik:
- Setelah menonton video, guru mengadakan diskusi kelas tentang benda-benda yang ditampilkan di video. Guru meminta beberapa murid untuk menyebutkan kembali benda-benda tersebut.
- Guru memberikan kartu gambar benda kepada setiap murid dan meminta mereka untuk menyebutkan nama benda tersebut di depan kelas.
- Latihan Menulis:
- Murid menulis nama-nama benda yang telah dipelajari dalam buku catatan mereka. Guru memberikan bimbingan dan koreksi jika diperlukan.
- Aktivitas Kreatif:
- Murid menggambar benda-benda yang ada di rumah atau sekolah dan menulis nama benda tersebut di bawah gambar.
- Murid membuat video pendek di rumah, menunjukkan benda-benda yang telah dipelajari dan menyebutkan namanya dalam kalimat sederhana. Video ini diunggah ke platform kelas untuk dinilai.
- Guru mengadakan sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman murid.
- Guru memberikan pujian dan umpan balik positif atas usaha murid.
- Guru mengingatkan murid untuk menonton kembali video di YouTube sebagai bahan belajar di rumah.