Guru Profesional
My Name Is Abdul Hendi

Sabtu, 24 Agustus 2024

LK-5: Penyusunan Modul Ajar (MA-1) berbasis PBL (Pilihan 1)

  LK-5: Penyusunan Modul Ajar (MA-1) berbasis PBL (Pilihan 1)

 

 Modul Ajar Format (Model 1)

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

 

Nama Penyusun                      : Abdul Hendi

Institusi                                    : SD Negeri 6 Penukal

Mata Pelajaran                       : Pendidikan Agama Islam

Tahun Penyusun                    : 2024/2025

Jenjang Sekolah                     : SD/MI

Kelas                                        : IV (empat)

Alokasi Waktu                        : 2JP X 35 menit (1Pertemuan)

Kompetensi Awal                  : Peserta didik dapat mengenal Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dan    mengetahui keragaman manusia di lingkungan sekitar serta mengenal tulisan Q.S. al-Ḥujurāt/49:13.

 

Profil Pelajar Pancasila Dan Pelajar Rahmatan Lil Alamin

Melalui pembelajaran Mari Kita Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13  diharapkan peserta didik dapat mengamalkan p5 dan p2 RA yaitu:

 

·         Profil Pelajar Pancasila yang ingin di capai adalah Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Mandiri, Bergotong royong, Bernalar kritis, Kreatif,

 

·         Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin yang ingin di capai adalah Berkeadaban
(Taaddub), Keteladanan (Qudwah),
Kewarganegaraan dan Kebangsaan (Muwaṭanah) Berimbang (Tawāzun), Adil dan Konsisten (I’tidāl), Kesetaraan (Musāwah), Toleransi (Tasāmuh) dan Dinamis dan inovatif (Tathawwur wa Ibtikâr)

 

Sarana dan Prasarana

1.       Ruang Kelas

2.       Alat dan Bahan :

a.        Poster Al-Qur’an Q.S. al-Hujurat/49:13

b.       Video panduan membaca Q.S. al-Hujurat/49:13 (youtube atau dokumen pribadi)

c.        LCD Projector

d.       Laptop

3.       Materi dan Sumber Bahan Ajar :

a.      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021

b.      Aplikasi qur’an kemenag atau https:// quran.kemenag.go.id/sura/95

c.       Buku Tajwid, pedoman membaca Al-Qur’an dengan benar

 

 

 

Target Peserta Didik                         : Peserta didik reguler

Model Pembelajaran                        : Problem Based Learning (PBL)

Metode Pembelajaran                     : Jigsaw, Make a Match, Cooperative script,

Moda                                                    : Tatap Muka

 

A.      Tujuan Pembelajaran

1.       Menjelaskan pesan     pokok     Q.S. al- Ḥujurāt/49:13 dengan baik

2.       Melalui pembelajaran cooperative learning tiye make a match peserta didik dapat memaparkan pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik

 

B.       Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.       Peserta didik dapat membuat paparan tentang pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13 dengan baik\

2.       Peserta didik dapat mempresentasikan paparan pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13  dengan baik

 

C.       Pemahaman bermakna

·         Q.S. al-Hujurat/49: 13 menjelaskan tentang keragaman manusia, baik jenis kelamin, bangsa maupun suku bangsa.

·         Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal dan saling membantu.

·         Orang yang paling mulia di sisi  Allah adalah orang yang paling bertakwa. Takwa adalah menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Kemuliaan manusia bukan berdasarkan jenis kelamin, keturunan, bentuk fisik atau kekayaan.

 

D.       Pertanyaan Pemantik

·         Apa pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13?

·         Mengapa Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku?

·         Siapakah yang paling mulia di sisi  Allah?

 

E.        Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan PBL)

Persiapan Pembelajaran

1.       Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Bahan ajar, Media Ajar, menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb.

2.       Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan buku paket dan teks,perlengkapan menulis , alat dan bahan yang dibutuhkan.


Pertemuan Pertama (2 JP x 35 menit)

 

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

 

Kegiatan Pendahuluan

Orientasi

1.       Guru menyapa siswa (memberi salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan siswa, dll) serta memotivasi siswa dengan bertepuk tangan atau bernyanyi sebagai pemecah kebekuan melalui ice breaking.

2.       Ketu akelas atau salah satu peserta didik secara bergantian memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang manfaat  berdoa sebelum memulai suatu kegiatan untuk menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.

3.       Guru menanyakan  kepada peserta didik tentang kondisi atau keadaan siswa pada pagi hari ini

Apersepsi

4.       Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya (membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 13)

5.       Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini, mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi yang hendak dipelajari dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.

Mestimulasi

6.       Peserta didik diberikan pertanyaan pematik : Guru bertanya “Sudahkah kalian mengaji hari ini?” Ceritakan pengalamanmu mengaji di rumah!” Peserta didik menjawab pertanyaan guru. Guru menyampaikan pesan agar peserta didik membiasakan belajar mengaji setiap hari

7.       Peserta didik diberi stimulus tentang materi Q.S. Al-Hujrat ayat 13 yang di aplikasikan dengan lingkungan sekitar.

10 menit

Kegiatan Inti

  1. Peserta didik membentuk kelompok kecil (4-5 orang). Peserta didik menentukan ketua kelompok. Ketua kelompok menentukan urutan nomor anggotanya (ketua kelompok nomor 1 dst)
  2. Tiap kelompok mendapatkan kertas post itu sejumlah anggota kelompok dan menuliskan nomor urut di pojok kiri  atas.
  3. Tiap anggota kelompok mencari jawaban pertanyaan sesuai dengan nomor urut berikut.

·         Apa arti al-Hujurat?

·         Apa pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13?

·         Mengapa Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku?

·         Siapakah yang paling mulia di sisi  Allah?

  1. Ketua kelompok menuliskan judul “Pesan Pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13” pada kertas buram. Tiap anggota kelompok menempelkan kertas post it pada kertas buram sesuai urutan. Tiap kelompok mendapatkan kertas post it sejumlah anggota kelompok dan menuliskan nomor urut di pojok kiri  atas.
  2. Peserta didik mengoreksi bersama jawaban tiap anggota kelompok dengan bimbingan guru.
  3. Peserta didik secara berkelompok membuat mind mapping/peta pikiran/peta konsep “Pesan Pokok Q.S. al-Hujurat/49: 13”pada worksheet/ kertas buram/kertas bekas yang tersedia atau atau paparan menggunakan teknologi informasi.
  4.  Peserta didik melakukan pemaparan/presentasi hasil aktivitas kelompok.

50 menit

Kegiatan Penutup

Penyimpulan:

  1. Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
  2. Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang memahami pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13.
  3. Mengagendakan pekerjaan rumah.
  4. Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang menghafal Q.S. al-Ḥujurāt/49:13, dan paparan materi pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 melalui model pembelajaran cooperative learning type make a match
  5. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.

10 menit

 

Mengetahui                                                                                                          Gunung Menang, 14 Agustus 2024

Kepala Sekolah                                                                                     Guru Pendididkan Agama Islam

 

 

 

 

Hj. JANARIAH,S.Pd                                                                  ABDUL HENDI,S.Pd.I

NIP. 197101101993122001                                                         NIP. 198706062023211012

 

Refleksi Peserta Didik

Pertanyaan Refleksi

 Ya

Tidak

 

Sudahkah kalian mengenal Q.S. al-Ḥujurāt/49:13

 

 

Apakah kalian sudah membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13

 

 

Dapatkah kalian menulis Q.S. al-Ḥujurāt/49:13

 

 

Apakah Anda menikmati kegiatan pembelajaran hari ini

 

 

Pada bagian mana yang paling kamu sukai?

 

 

Apa yang tidak kamu sukai dari kegiatan pembelajaran hari in?

 

 

 

 

Refleksi Guru

Pertanyaan refleksi

Apa yang dapat ditingkatkan dalam semua kegiatan in

Jika hal ini dapat terulang, apa yang akan Anda lakukan untuk meningkatkan pembelajaran

Bagaimana cara siswa berpartisipasi?

Kesulitan apa yang dihadapi siswa?

 

Proses Asesmen: Guru memeriksa asesmen individu dan mengamati aktivitas kelompok

 

Asesmen yang akan digunakan:

·         Diagnostik

·         Formatif

·         Sumatif

 

Bentuk Asesmen:

·         Performa presentasi

·         Performa demonstrasi

·         Tertulis

 

Kegiatan Remedial dan Pengayaan

1.       Kegiatan remedial:

Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target atau nilainya masih di bawah batas minimum maka guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.

2.       Kegiatan pengayaan:

Bagi siswa yang kemampuan pemahaman dan pengerjaannya lebih tinggi dibandingkan siswa lainnya, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih merangsang dan membantu mereka memperkuat kemampuannya dalam menyerap materi yang telah dipelajari dan memberikan materi tambahan, diskusi individu, atau penugasan khusus dapat diberikan sesuai kebutuhan.

 

            Referensi    

Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

 

 

 

Flowchart: Punched Tape: LAMPIRAN

 


A.         Materi

   Membaca Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artinya: “ Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu.Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Penjelasan Q.S. Al-Hujurat ayat 13

Wahai manusia! Sesungguhnya, Kami telah menciptakan kalian berasal dari seorang pria dan seorang wanita, yakni keturunan yang sama dari Adam dan Hawa. Seluruh manusia sama derajat kemanusiaannya, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku yang lain. Kemudian Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling membantu, saling melengkapi dan bekerja sama, bukan saling mengolok-olok dan saling memusuhi antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Allah Swt. tidak senang terhadap orang yang menampakkan kesombongan dengan keturunan, kekayaan atau kepangkatan, karena sesungguhnya yang paling mulia di hadapan Allah Swt. hanyalah orang yang paling bertakwa. Karenanya, kalian hendaknya berusaha untuk meningkatkan ketakwaan supaya menjadi orang yang mulia di hadapan Allah Swt. Sesungguhnya, Allah Swt. Maha Mengetahui segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, Allah Swt. Mahateliti sehingga tidak ada satu pun perbuatan manusia yang terlewat dari pengetahuan-Nya. Di tengah keragaman itu, maka manusia diminta untuk saling berlapang dada dan bertenggang rasa. Manusia sebagai wakil Allah Swt. di atas bumi mendapat mandat untuk mengelola dan menjaga kelestarian planet ini. Dalam rangka itu, manusia harus mencipta suasana harmoni dan damai.“Berbeda dalam persaudaraan.Bersaudara dalam perbedaan”.Sur

 

1.         Penilaian Sumatif

Soal uraian

1)         Pahamilah makna dari bagian ayat Q.S. Al-Hujurat/49:13 berikut!

Jelaskan pesan pokok  yang terkandung dalam bagian ayat Q.S. Al-Hujurat/49:13 berikut!

2)         Bacalah cerita berikut cermat!

Filindo adalah anak Papua yang tinggal bersama teman-temannya dari berbagai suku. Di antara mereka ingin hidup berdampingan secara damai. Apa yang harus mereka lakukan agar dapat  hidup  damai  ditengah perbedaan yang ada?

3)         Bagaimana cara menghargai teman yang berbeda agamadengan kita?

4)         Perhatikan kutipan ayat al-Qur’andari  Q.S. Al-Hujurat/49:13 berikut!

Jelaskan makna  dari potongan ayat Q.S. Al-Hujurat/49:13 tersebut!

5)         Bacalah hadis berikut secara seksama dan fahami makna yang terdadap didalamnya!

Tuliskan 2 kandungan pokok yang tterdapat dalam hadis tersebut?

 

Kunci Jawaban

1)         Isi Pesan pokok yang terdapat dalam  Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 yaitu bahwa Allah Swt sudah menciptakan manusia dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, yakni berasal dari keturunan yang sama yaitu nabi Adam dan Hawa. Semua manusia sama saja derajat kemanusiaannya, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku lainnya. Kemudian mereka di jadikan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal dan  saling membantu atau tolong - menolong satu sama lain, bukan saling mengolok-olok dan saling memusuhi antara satu kelompok dengan lainnya.

Pedoman skor:

Nilai Maksimal 6, jika berisi pesan pokok yang benar sesuai dengan pelajran

2)         Yang harus mereka lakukan adalah:

Pertama saling berdialog diantara mereka, saling menggali informasi mengenai karakter, budaya dan kekhasan sukunya. Kedua: mencari titik temu persamaan diantaranya keinginan mereka untuk saling hidup rukun dan damai. Ketiga: saling menghormati dan menghrgai dalam perbedaan yang akan mereka alami dalam pergaulan sehari-hari.

Pedoman skor penilaian:

Skor 6, jika ada3 jawaban yang benar.

Skor 4, jika ada 2 jawaban yang benar.

Skor 2, jika ada 1 jawaban yang benar.

3)         Cara menghargai orang berbeda agama:

a.               Tidak memaksa orang lain memeluk agama kita

b.              Tidak mencela ajaran agama orang lain

c.               Membuat tenang mereka dalam menjalankan ibadahnya

Pedoman skor:

Skor 6, jika memuat 3 jawaban yang benar.

Skor 4, jika memuat 2 jawaban yang benar.

Skor 2, jika memuat 1 jawaban yang benar.

4)         Sesungguhnya yang paling mulia di hadapan Allah Swt. hanyalah orang yang paling bertakwa. Karenanya, hendaknya kita berusaha untuk meningkatkan ketakwaan supaya menjadi orang yang mulia di hadapan Allah Swt.

Pedoman skor:

3 jika jawaban berisi semua penjelasan makna  dari kutipan ayat

2 jika jawaban berisi sebagian besar penjelasan makna dari kutipan ayat

1 jika jawaban berisi  sebagian kecil penjelasan makna dari kutipan ayat

Skor Akhir =  jumlah Skor yang diperoleh x100

                                           25

5)         2 pesan pokok Hadis:

a.          Kebesaran suatu bangsa atau warna kulit seseorang tidak menjadi penyebab kemuliaannya dibanding yang lain.

b.         Hanya takwa yang menjadi ukuran nilai utama seseorang.

Pedoman skor:

Skor 4, jika memuat 2 jawaban yang benar.

Skor 2, jika memuat 1 jawaban yang benar.

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

30

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø  Lembar Kerja Kelompok Peserta Didik

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian Kelompok

 

Penilaian  kelompok  dilakukan  untuk  memberikan  umpan  balik terhadap kinerja kelompok sekaligus memotivasi siswa dalam berinteraksi dengan orang lain dalam satu kelompok.

 

No

Nama

Kelompok

Aspek  Penilaian

Jumlah

Nilai

Ketertiban

Kekompakan

Performance

1

..................

 

 

 

 

2

..................

 

 

 

 

3

..................

 

 

 

 

4

..................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman skor

No

Skor

Predikat

Kriteria

 

1

 

4

 

Sangat baik

Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

 

2

 

3

 

Baik

Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

 

3

 

2

 

Cukup

Separuh   anggota   kelompok  tertib, kompak, percaya diri

 

4

 

1

 

kurang

Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

Nilai Akhir :  Jumlah skor x 100

                                                                                                12

 

Penilaian Hasil Kerja Kelompok

No

Nama

Kelompok

Aspek  Penilaian

Jumlah

Nilai

Ketepatan jawaban

Estetika (nilai seni)

paparan

1

.....................

 

 

 

2

.....................

 

 

 

3

.....................

 

 

 

4

.....................

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

 

No

Skor

Predikat

Kriteria

 

1

 

8

 

Sangat baik

Semua jawaban tepat, menarik

 

2

 

6

 

Baik

Sebagian besar jawaban benar, menarik

3

4

Cukup

Separuh jawaban benar, menarik

 

4

 

2

 

kurang

Sebagian kecil jawaban benar, menarik

 

Nilai Akhir :  Jumlah skor x 100

                                                                                                16            

 

 

 


Tidak ada komentar:

PTK PRASIKLUS

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MAKE A MATCH MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN PADA SISWA K...