LK-.1.1: Analisis Kurikulum
Satuan Sekolah (KSP)
No. |
Komponen KSP |
Uraian |
1. |
Karakteristik |
Kekuatan: Kekuatan yang dimiliki oleh SD Negeri 6 Penukal
adalah memiliki guru
yang berkualitas, kompeten serta
berpengalaman dengan kualifikasi pendidikan S1
yang
sesuai
dengan tugas masing-masing,
dan sebagian
dari guru tersebut
telah
mengikuti berbagai macam pelatihan tentang
kurikulum merdeka Sertifikat.
SD Negeri 6 Penukal juga telah menggunakan Kurikulum
Merdeka untuk kelas 1,2,4,5,
untuk tahun ini kelas 3 dan 6 juga menggunakan kurikulum
merdeka. Selain dari segi SDM yang mumpuni, SD Negeri 6
Penukal juga memiliki sarana
dan prasana yang memadai
untuk mendukung semua kegiatan
tersebut, juga mempunyai lingkungan yang hijau sebagai penunjang lingkungan yang bersih,
asri dan membuat nyaman peserta didik
dalam menjalani proses belajar. Adanya
partisipasi
dan dukungan
orang tua peserta didik serta keterlibatan masyarakat terlihat dengan adanya Komite Sekolah yang
menjadi sarana yang penghubung
komunikasi antara sekolah dan orang tua serta Masyarakat sekitar. Dari segi
sosial SD Negeri 6 Penukal sudah bekerja sama dengan unit Kesehatan terdekat seperti
pemberian Vaksin covid-19, imunisasi,
pelayanan Kesehatan gigi yang rutin dilakukan secara berkala,
program BIAS dan BIAN, pelayanan kesehatan setiap
periode, dan pembinaan
pelaksanaan UKS. Kelemahan: • Kelemahan
yang
dimiliki oleh
SD Negeri
6 Penukal adalah
kurangnya sinyal internet yang
stabil atau bahkan tidak ada
sehingga menghambat para
guru
dan siswa
yang ingin melaksanakan
pembelajaran berbasis internet dalam
rangka melaksakan pembelajaran yang lebih inovatif sesuai tuntunan
kurikulum merdeka. • Keterbatasan fasilitas
ruangan seperti kurangnya ruang kantor untuk tendik
dan guru,
karena
pada saat ini ruang guru
di gabung bersama
ruang kepala
sekolah sehingga kondisi ruangan kurang kondusif. • Ruang kelas yang kurang kondusif untuk belajar
karena ruang kelas ada 13 lokal sedangkan sisanya 5 lokal harus belajar siang. • Belum adanya fasilitas mushola untuk
kegiatan keagamaan Peluang: Dengan
adanya kelebihan dan kekuatan asset yang dimiliki
sekolah, maka tidak terlalu sulit bagi SD Negeri 6 Penukal untuk dapat
mewujudkan visi misi sekolah yaitu “Terwujudnya
Lulusan SD Negeri 6 Penukal yang Unggul, Kompetitif, Berbudaya dan Religius”. Lokasi sekolah yang sangat strategis, di
Tengah desa, aman dan kondusif yaitu berada di tengan desa menjadi salah satu
daya tarik orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya di SD Negeri 6 Penukal.
Untuk mencapai tujuan
visi misi yang sudah dicita-citakan
tersebut maka dibutuhkan Kerjasama dan kesungguhan dari berbagai pihak, seperti pihak sekolah, orang
tua, Masyarakat dan pemerintah
setempat. Sehingga dengan demikian SD
Negeri 6 Penukal dapat berkontribusi melahirkan sumber daya manusia yang mumpuni yang kelak akan mewarnai kemajuan dan memberikan perubahan yang positif
untuk bangsa khususnya desa Gunung Menang |
|
|
Ancaman: Ancaman
yang ada di SD Negeri 6 Penukal yang kami
hadapi adalah dari sumber fisik
berupa kelemahan dalam mengakses internet yang
tidak stabil, karena ini sangat mengganggu sekali dalam proses pembelajaran di sekolah, saat hendak
mengadakan literasi
digital. Selain
ancaman ini ada juga
ancaman dari luar yaitu pengaruh lingkungan, maka
dari itu sekolah dan
para stake holder berkerjasama
dalam menanggulangi ancaman dari dunia luar yang bisa
membahayakan peserta didi seperti kerasnya
arus perkembangan teknologi yang
membuat peserta didik terlena dengan gadget. Dimana dalamnya terdapat game dan sosial media yang
terselubung pergaulan bebas, pornografi dan kekerasan yang dapat mempengaruhi peserta didik. Sehingga ini bisa menjadi ancaman
serius jika pihak sekolah dan orang tua tidak mengadakan kerja sama dalam
menangguangi hal ini |
2. |
Keselarasan |
|
|
a. Visi |
Terwujudnya
Lulusan SD Negeri 6 Penukal yang Unggul, Kompetitif, Berbudaya dan Religius |
b. Misi |
1.
Menyelenggarakan pendidikan berbasis keimanan,
ketaqwaan, berbudi pekerti luhur. 2.
Membentuk peserta didik yang memiliki kepribadian,
mandiri, dan bertanggung jawab terhadap diri pribadi, keluarga,
kemasyarakatann dan kebangsaan. 3.
Meningkatkan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi, memberikan keterampilan dasar hidup dalam bidang Iptek dan Seni
Budaya. 4.
Membina peserta didik mencapai tingkat kecerdasan
optimal, kreatif, trampil, disiplin, dan memiliki etos kerja yang tinggi. 5.
Meningkatkan disiplin warga
sekolah 6.
Menanamkan sikap taat dan
patuh terhadap ajaran Agama |
|
c. Tujuan |
1.
Mewujudkan
tujuan Pendidikan
nasional. 2.
Mewujudkan
visi dan misi sekolah. 3.
Meraih prestasi akademik maupun
non akademik 4.
Mengembangkan budaya yang religius
melalui kegiatan keagamaan 5.
Menyelenggarakan berbagai kegiatan
sosial yang
menjadi
bagian
Pendidikan bangsa 6.
Memberikan fasilitasi kepada peserta didik untuk
dapat mengembangkan
keragaman potensi,
minat dan bakat serta kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik yang dimilikinya secara optimal sesuai
dengan tingkat perkembangannya. 7.
Memfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkatkan budaya disiplin
beribadah dan kesadaran hidup
sehat serta
menjaga
keasrian
lingkungan sekolah. |
|
d. Refleksi terhadap keselarasan visi, misi dan tujuan pada satuan pendidikan |
Dilihat dari
Visi,
Misi, dan
Tujuan SD
Negeri 6 Penukal sudah terlihat keselarasan yang
sangat signifikan. Hal ini dapat terlilihat dari visi
“Terwujudnya
Lulusan SD Negeri 6 Penukal yang Unggul, Kompetitif, Berbudaya dan Religius”, dilanjutkan dengan misi dan tujuan SD
Negeri 6 Penukal yang
kuat dan jelas serta relevan
dengan kebutuhan sekolah dan masyarakat
sekitar dengan mewujudkan pengembangan
kurikulum agar anak
berprestasi, disiplin dengan menerapkan karakter yang membangun pribadi anak yang disiplin,
termapil dengan melaksanakan pengembangan
diri
dalam
berbagai macam kegiatan, berbudaya dengan cara
mencintai
kelestarian lingkungan serta bertakwa
dengan melaksanakan kegiatan keagamaan secara
rutin. Visi, misi,
dan tujuan
SD Negeri 6 Penukal juga menginspirasi semua stakeholder untuk bekerja sama
dalam
mewujudkanya, hal ini dapat dilihat dengan
kerjasama yang baik
antara SD
Negeri 6
Penukal dengan
stakeholder yang menjadi salah satu kekuatan bagi sekolah. |
Dari hasil Analisa
yang dilakukan di SD Negeri 6 Penukal maka kami bisa merumuskan visi “Terwujudnya Lulusan SD Negeri 6
Penukal yang Unggul, Kompetitif, Berbudaya dan Religius”, sesuai
dengan lingkungan sekolah
dan adanya
asset guru yang berkualifikasi dan berkompeten,
kondisi peserta didik,
orang tua peserta didik dan masyarakat, sarana prasarana sekolah,
peluang, dan tantangan yang kami miliki sehingga bisa mewujudkan visi
yang sudah kami susun.
Dengan adanya lingkungan sekolah yang disiplin akan dapat membentuk karakter dari
berbagai aspek dalam proses pembelajaran di sekolah serta lingkungan asri
juga bisa
mewujudkan budaya positif di sekolah dengan
menjaga ke asrihan dan kenyamanan lingkungan
sekolah oleh warga sekolah, maka visi yang
dirumuskan
di atas dapat terwujud.
Nama Mahasiswa
Abdul
Hendi
LK-1b: Pengorganisasian Pembelajaran (satu semester)
Sem |
Struktur |
Keterangan |
Jumlah JP |
|||||
Juli |
Agt |
Sept |
Okt |
Nop |
Des |
|||
1 |
Intra- Kurikuler |
1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
12 |
24 |
24 |
18 |
24 |
12 |
2. Pendidikan Pancasila |
8 |
16 |
16 |
12 |
16 |
4 |
||
3. Bahasa Indonesia |
12 |
24 |
24 |
18 |
24 |
6 |
||
4. Matematika |
10 |
20 |
20 |
15 |
20 |
5 |
||
5. Ilmu Pengetahuan
Alam dan Sosial |
10 |
20 |
20 |
15 |
20 |
5 |
||
6. Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan
Kesehatan
(PJOK) |
6 |
12 |
12 |
9 |
12 |
3 |
||
7. Seni |
6 |
12 |
12 |
9 |
12 |
3 |
||
8. Bahasa Inggris |
4 |
8 |
8 |
6 |
8 |
2 |
||
9. Muatan Lokal : Baca Tulis Al-
Quran |
4 |
8 |
8 |
6 |
8 |
2 |
||
Ko- Kurikuler :
P5 dan
PPRA |
Penguatan Projek Pelajar Profil Pancasila 1. Bhinneka Tunggal eka 2. Kearifan Lokal 3. Kewirausahaan |
14 |
28 |
28 |
21 |
28 |
7 |
|
Ekstra Kurikuler |
1. Pramuka |
4 |
8 |
8 |
6 |
8 |
2 |
|
8. Jum’at Ibadah |
4 |
8 |
8 |
6 |
8 |
2 |
Nama Mahasiswa
Abdul Hendi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar