Guru Profesional
My Name Is Abdul Hendi

Rabu, 21 Agustus 2024

LK-1 Analisis Kurikulum Satuan Sekolah (KSP)

 

LK-.1.1: Analisis Kurikulum Satuan  Sekolah (KSP)

 

No.

Komponen KSP

Uraian

1.

Karakteristik

Kekuatan:

Kekuatan yang dimiliki oleh SD Negeri 6 Penukal adalah memiliki guru yang berkualitas, kompeten serta berpengalaman dengan kualifikasi pendidikan   S1   yang   sesuai dengan tugas   masing-masing,   dan sebagian  dari  guru  tersebut  telah  mengikuti berbagai macam pelatihan tentang kurikulum merdeka  Sertifikat.  SD Negeri 6 Penukal juga telah menggunakan Kurikulum Merdeka untuk kelas 1,2,4,5, untuk tahun ini kelas 3 dan 6 juga menggunakan kurikulum merdeka.  Selain dari segi SDM yang mumpuni, SD Negeri 6 Penukal juga memiliki sarana dan prasana yang memadai untuk mendukung semua kegiatan tersebut,   juga mempunyai lingkungan yang hijau sebagai penunjang lingkungan yang bersih, asri dan membuat nyaman  peserta didik dalam menjalani proses belajar.  Adanya  partisipasi  dan  dukungan orang tua peserta didik serta keterlibatan masyarakat terlihat dengan adanya Komite Sekolah yang menjadi sarana yang penghubung komunikasi antara sekolah dan orang tua serta Masyarakat sekitar. Dari segi sosial SD Negeri 6 Penukal sudah bekerja sama dengan unit Kesehatan terdekat seperti pemberian Vaksin covid-19, imunisasi, pelayanan Kesehatan gigi yang rutin dilakukan secara berkala, program BIAS dan BIAN, pelayanan kesehatan setiap periode, dan pembinaan pelaksanaan UKS.

 

Kelemahan:

     Kelemahan  yang  dimiliki  oleh  SD  Negeri  6 Penukal  adalah kurangnya sinyal internet yang stabil  atau bahkan tidak ada sehingga      menghambat  para  guru  dan  siswa  yang  ingin melaksanakan pembelajaran berbasis internet dalam rangka melaksakan pembelajaran yang lebih inovatif sesuai tuntunan kurikulum merdeka.

     Keterbatasan fasilitas ruangan seperti kurangnya ruang kantor untuk tendik dan guru,  karena pada saat ini ruang guru di gabung bersama ruang kepala sekolah  sehingga kondisi ruangan kurang kondusif.

     Ruang kelas yang kurang kondusif untuk belajar karena ruang kelas ada 13 lokal sedangkan sisanya 5 lokal harus belajar siang.

     Belum adanya fasilitas mushola untuk kegiatan keagamaan

Peluang:

Dengan   adanya kelebihan dan kekuatan asset yang dimiliki sekolah, maka tidak terlalu sulit bagi SD Negeri 6 Penukal untuk dapat mewujudkan visi misi sekolah yaitu Terwujudnya Lulusan SD Negeri 6 Penukal yang Unggul, Kompetitif, Berbudaya dan Religius.

Lokasi sekolah yang sangat strategis, di Tengah desa, aman dan kondusif yaitu berada di tengan desa menjadi salah satu daya tarik orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya di SD Negeri 6 Penukal. Untuk mencapai tujuan   visi misi  yang sudah dicita-citakan tersebut maka dibutuhkan Kerjasama dan kesungguhan dari berbagai  pihak, seperti pihak sekolah, orang tua, Masyarakat dan pemerintah setempat. Sehingga   dengan demikian SD Negeri 6 Penukal dapat berkontribusi melahirkan sumber daya manusia yang mumpuni yang kelak akan   mewarnai kemajuan dan memberikan perubahan yang positif untuk bangsa khususnya desa Gunung Menang


 

 

 

Ancaman:

Ancaman  yang  ada  di  SD  Negeri  6 Penukal yang  kami    hadapi adalah dari sumber fisik berupa kelemahan  dalam mengakses internet yang tidak stabil, karena ini sangat mengganggu sekali dalam proses pembelajaran di sekolah, saat hendak   mengadakan literasi digital. Selain ancaman ini ada juga ancaman dari luar yaitu pengaruh lingkungan, maka dari itu sekolah dan para stake holder berkerjasama dalam menanggulangi ancaman dari dunia luar yang bisa membahayakan peserta didi seperti kerasnya arus perkembangan teknologi yang membuat peserta didik terlena dengan gadget.  Dimana dalamnya terdapat game dan sosial media yang terselubung pergaulan bebas, pornografi dan kekerasan yang dapat mempengaruhi peserta didik. Sehingga ini bisa menjadi ancaman serius jika pihak sekolah dan orang tua tidak mengadakan kerja sama dalam menangguangi hal ini

2.

Keselarasan

 

 

a. Visi

Terwujudnya Lulusan SD Negeri 6 Penukal yang Unggul, Kompetitif, Berbudaya dan Religius

b.  Misi

1.      Menyelenggarakan pendidikan berbasis keimanan, ketaqwaan, berbudi pekerti luhur.

2.      Membentuk peserta didik yang memiliki kepribadian, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap diri pribadi, keluarga, kemasyarakatann dan kebangsaan.

3.      Meningkatkan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, memberikan keterampilan dasar hidup dalam bidang Iptek dan Seni Budaya.

4.      Membina peserta didik mencapai tingkat kecerdasan optimal, kreatif, trampil, disiplin, dan memiliki etos kerja yang tinggi.

5.      Meningkatkan disiplin warga sekolah

6.      Menanamkan sikap taat dan patuh terhadap ajaran Agama

c.  Tujuan

1.        Mewujudkan tujuan Pendidikan nasional.

2.        Mewujudkan visi dan misi sekolah.

3.        Meraih prestasi akademik maupun non akademik

4.        Mengembangkan budaya yang religius melalui kegiatan keagamaan

5.        Menyelenggarakan   berbagai   kegiatan   sosial   yang   menjadi    

   bagian Pendidikan bangsa

6.        Memberikan fasilitasi  kepada peserta didik untuk dapat mengembangkan keragaman potensi, minat dan bakat serta kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kinestetik yang dimilikinya secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya.

7.        Memfasilitasi peserta didik untuk dapat meningkatkan budaya disiplin beribadah   dan       kesadaran   hidup   sehat   serta   menjaga   keasrian lingkungan sekolah.

d.   Refleksi terhadap

keselarasan visi, misi dan tujuan pada satuan pendidikan

Dilihat  dari  Visi,  Misi,  dan  Tujuan  SD Negeri 6 Penukal  sudah  terlihat keselarasan yang sangat signifikan. Hal ini dapat terlilihat dari visi Terwujudnya Lulusan SD Negeri 6 Penukal yang Unggul, Kompetitif, Berbudaya dan Religius”, dilanjutkan dengan misi dan tujuan SD Negeri 6 Penukal  yang kuat dan jelas serta relevan dengan kebutuhan sekolah dan masyarakat sekitar dengan mewujudkan pengembangan kurikulum agar anak berprestasi, disiplin dengan menerapkan karakter yang membangun pribadi anak yang disiplin, termapil dengan melaksanakan pengembangan   diri   dalam   berbagai   macam   kegiatan,   berbudaya dengan cara mencintai kelestarian lingkungan serta bertakwa dengan melaksanakan kegiatan keagamaan secara rutin. Visi, misi, dan tujuan SD Negeri 6 Penukal juga menginspirasi semua stakeholder untuk bekerja sama   dalam mewujudkanya, hal ini dapat dilihat dengan kerjasama   yang   baik   antara   SD   Negeri   6 Penukal dengan stakeholder yang menjadi salah satu kekuatan bagi sekolah.


3.          Analisis Kondisi Lingkungan pada satuan pendidikan dalam menyusun KOM


Dari hasil Analisa yang dilakukan di SD Negeri 6 Penukal maka kami bisa merumuskan visi Terwujudnya Lulusan SD Negeri 6 Penukal yang Unggul, Kompetitif, Berbudaya dan Religius”, sesuai dengan lingkungan sekolah  dan adanya asset guru yang berkualifikasi dan berkompeten, kondisi peserta didik, orang tua peserta didik dan masyarakat, sarana prasarana sekolah, peluang, dan tantangan yang kami miliki sehingga bisa mewujudkan visi yang sudah kami susun.  Dengan adanya lingkungan sekolah yang disiplin akan dapat membentuk karakter dari berbagai aspek dalam proses pembelajaran di sekolah serta lingkungan asri   juga   bisa mewujudkan budaya positif di sekolah dengan menjaga ke asrihan dan kenyamanan lingkungan sekolah oleh warga sekolah, maka visi yang dirumuskan di atas dapat terwujud.

 

 

                                                              

                                                                    Nama Mahasiswa

 

 

 

 

 

  Abdul Hendi


LK-1b: Pengorganisasian Pembelajaran (satu semester)

 

 

Sem

 

Struktur

 

Keterangan

Jumlah JP

Juli

Agt

Sept

Okt

Nop

Des

1

Intra- Kurikuler

1.  Pendidikan Agama Islam dan

Budi Pekerti

 

 

12

 

 

24

 

 

24

 

 

18

 

 

24

 

 

12

2.   Pendidikan

Pancasila

 

8

 

16

 

16

 

12

 

16

 

4

3.   Bahasa Indonesia

12

24

24

18

24

6

4.   Matematika

10

20

20

15

20

5

5.   Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

 

10

 

20

 

20

 

15

 

20

 

5

6.   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

 

 

6

 

 

12

 

 

12

 

 

9

 

 

12

 

 

3

7.    Seni

6

12

12

9

12

3

8.   Bahasa Inggris

4

8

8

6

8

2

9.    Muatan Lokal : Baca

Tulis Al- Quran

 

4

 

8

 

8

 

6

 

8

 

2

Ko- Kurikuler : P5 dan PPRA

Penguatan Projek Pelajar Profil

Pancasila

1. Bhinneka Tunggal eka

2. Kearifan Lokal

3. Kewirausahaan

 

 

 

14

 

 

 

28

 

 

 

28

 

 

 

21

 

 

 

28

 

 

 

7

Ekstra

Kurikuler

1.  Pramuka

4

8

8

6

8

2

 

8.   Jumat Ibadah

 

4

8

8

6

8

2

 

            Nama Mahasiswa

 

 

 

 

Abdul Hendi

 

Tidak ada komentar:

PTK PRASIKLUS

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MAKE A MATCH MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN PADA SISWA K...