Guru Profesional
My Name Is Abdul Hendi

Sabtu, 24 Agustus 2024

LK-7: Penyusunan Aktivitas Modul Project P5-PPRA.

 LK-7: Penyusunan Aktivitas Modul Project P5-PPRA.

 

Alur

Aktivitas

Pengenalan

Pengenalan 1 : Mengenal dan membangun kesadaran Siswa terhadap sampah

1.       Siswa melsayakan pengenalan terhadap sampah

2.       Siswa melsayakan pengenalan terhadap karakteristik sampah

3.       Siswa melsayakan pengenalan terhadap pengelolaan sampah

4.       Siswa melsayakan pengenalan terhadap cara memilah sampah

 

 

Kontekstualisasi

 

Kontekstualisasi : menggali permasalahan dilingkungan sekitar yang terkait dengan sampah

1.       Siswa melihat sumber sampah,

2.       memahami proses pengelolaan sampah,

3.       memahami cara memilah sampah dengan baik.

 

Aksi

 

Aksi 1 :

1.       Siswa menelaah pemahaman terhadap manfaat pengelolaan sampah terhadap kehidupan

2.       Siswa mengerjakan pemilihan sampah

3.       Siswa mengerjakan pembuatan tempat pengomposan sampah.

 

Aksi 2 :

1.    Siswa mengerjakan pengadukan dan pengecekan perkembangan

2.    Siswa membuat laporan hasil perkembangan perminggu atau setiap kegiatan berlangsung.

 

Refleksi

 

1.       Siswa membuat laporan dan menyajikan hasil karya projek masing-masing kelompok

2.       Pendidik mengecek pemahaman Siswaterhadap tercapainya profil pelajar pancasila sesuai dengan dimensi, elemen dan sub elemen.

Tindak Lanjut

Guru melsayakan evaluasi proses dan hasil projek secara keseluruhan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Tahapan Projek :

AKTIVITAS 1

Nama Kegiatan

Siswa mengevaluasi hasil kerja kelompok lain dan setiap siswa merefleksikan diri tentang apa yang mereka peroleh dalam proyek

Bahan

Lingkungan Sekolah

 

 

Langkah Kegiatan :

 

1.       Setiap kelompok melsayakan presentasi dari hasil proyek mereka di depan kelas.

2.       Siswa mengevaluasi hasil kerja kelompok lain melalui lembar evaluasi

3.       Siswa melsayakan refleksi diri tentang apa yang mereka peroleh selama proyek

 

Hasil yang Diharapkan :

Siswa mampu mengkomunikasikan hasil kerja dalam proyek dan mampu merefleksikan diri

 

 

LEMBAR REFLEKSI

Lembar Refleksi

 

Tuliskan pada masing-masing kotak di bawah ini hal-hal yang telah kalian dapatkan selama aktivitas proyek!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekarang aku jadi tahu tentang apa?

 

 

 

 

 

Sekarang aku jadi bisa melakukan apa?

 

 

 

 

Dari proyek ini aku paling suka pada bagian apa?

 

 

 

Pengalaman baru apa yang aku dapatkan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


AKTIVITAS 2

Nama Kegiatan

Siswa mengerjakan Assesmen sumatif melalui lembar evaluasi

Bahan

Lingkungan Sekolah.

 

Langkah Kegiatan:

 

1.       Guru memberikan lembar evaluasi dan menjelaskan ke siswa

2.       Siswa mengerjakan lembar evaluasi yang diberikan guru sesuai keadaan dirinya

 

Hasil yang Diharapkan :

Siswa dapat mengukur kemampuan diri dari hasil mengerjakan proyek

 

 

ASESMEN SUMATIF

 

Berilah tanda centang (v) sesuai dengan apa yang telah kalian pelajari atau dapatkan!

Aspek Yang Dinilai

Saya bisa memahami macam-macam sampah

 

 

 

 

Saya bisa memahami aktivitas yang ramah dan tidak ramah lingkungan

 

 

 

 

Saya bisa memahami pembagian sampah

 

 

 

 

Saya bisa memahami fungsi dari pemilahan sampah

 

 

 

 

Saya bisa memahami macam-macam kreasi daur ulang sampah plastik

 

 

 

 

Saya bisa mengkreasikan sampah menjadi barang berguna

 

 

 

 

Saya bisa mengklasifikasikan sampah

 

 

 

 

Saya bisa mendaur ulang sampah

 

 

 

 

Saya bisa memanfaatkan sampah plastic agar jadi berguna

 

 

 

 

Saya bisa menghasilkan barang yang memiliki nilai jual

 

 

 

 

Saya bisa menjelaskan langkah-langkah mengkereasikan sampah plastik menjadi barang berguna

 

 

 

 

 

Keterangan:

             = Sangat Bisa

              = Bisa

                =  Kurang Bisa

               = Tidak Bisa


Petunjuk:.

1.          Analisis sub elemen yang sudah ditentukan pada LK I.

2.          Menyusun rubrik yang terdapat pada sub elemen tersebut berdasarkan 4 keriteria (Mulai Berkembang, Sedang Berkembang, Berkembang Sesuai Harapan, dan Sangat Berkembang) dengan memberi deskriptor setiap kriteria.

Rubrik Penilaian

 

Sub Elemen

Kategori

Mulai

Berkembang

Sedang

Berkembang

Berkembang

Sesuai Harapan

Sangat

Berkembang

·       Menjaga lingkungan alam sekitar

v  Terbiasa memahami tindakan-tindakann yang ramah dan tidak ramah lingkungan serta membiasakan diri untukk berperilsayau ramah lingkungan

v   Mewujudkan rasa syukurr dengan terbiasaa berperilsaya ramah lingkungan dann memahami akibatt perbuatan tidak ramah lingkungan dalam lingkup kecil maupun besar..

v  Mewujudkan rasa terima kasih dengan berusaha menyelesaikan masalah lingkungan sekitarnya dengan menawarkan solusi alternatif dan mulai menerapkan solusi tersebut.

v  Memupuk rasa terima kasih dengan menciptakan dan menerapkan solusi untuk masalah lingkungan yang ada.

 

·       Kerja sama

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

v  Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan kelompokk

 

 

 

 

 

v  Memahami informasi yangg disampaikan orang lain dan menyampaikann informasi secara sayarat menggunakann berbagai simbol dan media.

 

 

 

v   Menunjukkan harapan positif kepada orang lain tentang kemampuan mereka untuk mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar (sekolah dan rumah).

 

v   Memahami informasi dari berbagai sumber dan secara efektif menyampaikan pesan kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan menggunakan berbagai simbol dan media.

v Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta mendorong orang lain untuk bekerja sama dengan efektif dan mencapai tujuan bersama.

v Memahami dan memanfaatkan informasi, ide, emosi, keterampilan, dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol dan media untuk meningkatkan kualitas hubungan interpersonal untuk mencapai tujuan bersama.

v  Membangunn tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersamaa sesuai dengan target yang sudah ditentukan..

 

 

 

v  Aktif menyimak untuk memahami dan menganalisis informasi, ide, emosi, keterampilan, dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunakan berbagai media dan simbol. Selain itu, gunakan berbagai teknik komunikasi untuk menyelesaikan masalah untuk mencapai berbagai tujuan bersama.

 

 

 

Tidak ada komentar:

PTK PRASIKLUS

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MAKE A MATCH MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN PADA SISWA K...