LK-7: Penyusunan Aktivitas Modul Project P5-PPRA.
Alur |
Aktivitas |
Pengenalan |
Pengenalan 1 : Mengenal dan membangun kesadaran Siswa terhadap
sampah 1.
Siswa
melsayakan pengenalan terhadap sampah 2.
Siswa
melsayakan pengenalan terhadap karakteristik sampah 3.
Siswa
melsayakan pengenalan terhadap pengelolaan sampah 4.
Siswa
melsayakan pengenalan terhadap cara memilah sampah |
Kontekstualisasi |
Kontekstualisasi : menggali permasalahan dilingkungan sekitar
yang terkait dengan sampah 1.
Siswa melihat sumber sampah, 2.
memahami proses pengelolaan sampah, 3.
memahami cara memilah sampah dengan baik. |
Aksi |
Aksi 1 : 1.
Siswa
menelaah pemahaman terhadap manfaat pengelolaan sampah terhadap kehidupan 2.
Siswa
mengerjakan pemilihan sampah 3.
Siswa
mengerjakan pembuatan tempat pengomposan sampah. Aksi 2 : 1.
Siswa
mengerjakan pengadukan dan pengecekan perkembangan 2.
Siswa
membuat laporan hasil perkembangan perminggu atau setiap kegiatan
berlangsung. |
Refleksi |
1.
Siswa
membuat laporan dan menyajikan hasil karya projek masing-masing kelompok 2.
Pendidik
mengecek pemahaman Siswaterhadap tercapainya profil pelajar pancasila sesuai
dengan dimensi, elemen dan sub elemen. |
Tindak Lanjut |
Guru melsayakan evaluasi proses dan hasil projek secara
keseluruhan. |
Pelaksanaan
Tahapan Projek :
AKTIVITAS 1
Nama
Kegiatan |
Siswa mengevaluasi hasil kerja kelompok lain dan setiap siswa
merefleksikan diri tentang apa yang mereka peroleh dalam proyek |
Bahan |
Lingkungan Sekolah |
Langkah Kegiatan :
1. Setiap kelompok melsayakan presentasi dari hasil proyek mereka di depan
kelas.
2. Siswa mengevaluasi hasil kerja kelompok lain melalui lembar evaluasi
3. Siswa melsayakan refleksi diri tentang apa yang mereka peroleh selama
proyek
Hasil yang Diharapkan :
Siswa
mampu mengkomunikasikan hasil kerja dalam proyek dan mampu merefleksikan diri
LEMBAR REFLEKSI
Lembar Refleksi Tuliskan pada
masing-masing kotak di bawah ini hal-hal yang telah kalian dapatkan selama
aktivitas proyek! Sekarang aku
jadi tahu tentang apa? Sekarang aku
jadi bisa melakukan apa? Dari proyek
ini aku paling suka pada bagian apa? Pengalaman
baru apa yang aku dapatkan?
AKTIVITAS 2
Nama
Kegiatan |
Siswa mengerjakan Assesmen sumatif melalui lembar evaluasi |
Bahan |
Lingkungan
Sekolah. |
Langkah Kegiatan:
1. Guru memberikan lembar evaluasi dan menjelaskan ke siswa
2. Siswa mengerjakan lembar evaluasi yang diberikan guru sesuai keadaan
dirinya
Hasil yang Diharapkan :
Siswa
dapat mengukur kemampuan diri dari hasil mengerjakan proyek
ASESMEN SUMATIF
Berilah tanda centang (v) sesuai dengan apa yang telah kalian pelajari
atau dapatkan!
Aspek Yang Dinilai |
|
|
|
|
Saya bisa memahami macam-macam sampah |
|
|
|
|
Saya bisa memahami aktivitas yang ramah dan tidak ramah lingkungan |
|
|
|
|
Saya bisa memahami pembagian sampah |
|
|
|
|
Saya bisa memahami fungsi dari pemilahan sampah |
|
|
|
|
Saya bisa memahami macam-macam kreasi daur ulang sampah
plastik |
|
|
|
|
Saya bisa mengkreasikan sampah menjadi
barang berguna |
|
|
|
|
Saya bisa mengklasifikasikan sampah |
|
|
|
|
Saya bisa mendaur ulang sampah |
|
|
|
|
Saya bisa memanfaatkan sampah plastic
agar jadi berguna |
|
|
|
|
Saya bisa menghasilkan barang yang
memiliki nilai jual |
|
|
|
|
Saya bisa menjelaskan langkah-langkah mengkereasikan sampah plastik
menjadi barang berguna |
|
|
|
|
Keterangan:
Petunjuk:.
1.
Analisis sub elemen yang sudah ditentukan
pada LK I.
2.
Menyusun rubrik yang terdapat
pada sub elemen tersebut berdasarkan 4 keriteria (Mulai
Berkembang, Sedang Berkembang, Berkembang Sesuai Harapan,
dan Sangat Berkembang) dengan memberi deskriptor
setiap kriteria.
Rubrik Penilaian
Sub Elemen |
Kategori |
|||
Mulai Berkembang |
Sedang Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sangat Berkembang |
|
· Menjaga lingkungan alam sekitar |
v Terbiasa memahami tindakan-tindakann yang ramah dan tidak ramah lingkungan
serta membiasakan diri untukk
berperilsayau
ramah lingkungan |
v Mewujudkan rasa syukurr dengan terbiasaa berperilsaya ramah lingkungan dann memahami akibatt perbuatan tidak ramah
lingkungan dalam lingkup kecil maupun besar.. |
v Mewujudkan rasa terima kasih dengan
berusaha menyelesaikan masalah lingkungan sekitarnya dengan menawarkan solusi
alternatif dan mulai menerapkan solusi tersebut. |
v Memupuk rasa terima kasih dengan
menciptakan dan menerapkan solusi untuk masalah lingkungan yang ada. |
· Kerja sama · Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama |
v Menampilkan tindakan yang sesuai dengan harapan dan tujuan
kelompokk v Memahami informasi yangg disampaikan orang lain dan menyampaikann informasi secara sayarat
menggunakann
berbagai simbol dan media.
|
v
Menunjukkan harapan positif kepada orang lain tentang kemampuan mereka
untuk mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar (sekolah dan rumah). v
Memahami informasi dari berbagai sumber dan secara efektif
menyampaikan pesan kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan
menggunakan berbagai simbol dan media. |
v Menyelaraskan tindakan sendiri dengan
tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok
di lingkungan sekitar, serta mendorong orang lain untuk bekerja sama dengan
efektif dan mencapai tujuan bersama. v Memahami dan memanfaatkan informasi,
ide, emosi, keterampilan, dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain
menggunakan berbagai simbol dan media untuk meningkatkan kualitas hubungan
interpersonal untuk mencapai tujuan bersama. |
v Membangunn
tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersamaa sesuai dengan target
yang sudah ditentukan.. v Aktif menyimak untuk memahami dan
menganalisis informasi, ide, emosi, keterampilan, dan keprihatinan yang
disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunakan berbagai media dan
simbol. Selain itu, gunakan berbagai teknik komunikasi untuk menyelesaikan
masalah untuk mencapai berbagai tujuan bersama. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar