LOKA KARYA
Nama Mahasiswa : Abdukl
Hendi
Modul :
Perangkat Pembelajaran
Lembar Kerja :
2.1. Menyusun Pengembangan Materi Ajar berbasis Advance Material/Struktur
Pengetahuan
Materi |
Apa |
Mengapa |
Bagaimana/Faktual |
Untuk Apa/Metakognitif |
Mari kita mengaji dan mengkaji QS. Al-hujurat :13 dan hadist
tentang Keragaman |
Mengaji adalah kegiatan membaca dan mempelajari Al-Qur'an, dengan tajwid yang benar, |
kewajiban umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan
ajaran Al-Qur'an. |
membaca QS. Al-hujurat :13 dengan baik dan benar |
Supaya peserta didik bisa membaca, menhapal dan mempelajari
Al-Qur'an, QS. Al-hujurat :13 dengan tajwid yang benar, |
|
Mengkaji berarti memeriksa atau menyelidiki dengan teliti untuk
memahami suatu subjek atau masalah dengan lebih baik |
Mengkaji membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam
dan komprehensif tentang suatu topik |
Mengkaji dengan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang
materi |
Supaya peserta didik bisa memahami kandungan QS. Al-hujurat :13 dengan baik dan benar |
|
Keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal dengan benar.
Saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di
lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya dengan benar |
Keragaman untuk menghormati
dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun
lingkungan tempat tinggalnya dengan benar |
Membaca,mengkaji dan Mengamati hadis H.R Thabrani yang ada dibuku |
Supaya peserta didik memiliki sikap toleransi dalam kehidupan
sehari-hari dan tahu batasan toleransi yang diperbolehkan dalam agama Islam. |
LK 5D : Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
No |
Komponen |
Narasi |
1 |
Judul |
Mari kita mengaji dan mengkaji QS. Al-hujurat :13 dan hadist
tentang Keragaman |
2. |
Petunjuk Belajar |
·
Berdoa sebelum belajar ·
Amati demonstrasi yang diperagakan
oleh guru sebelum mengerjakan LKPD ·
Diskusikan setiap permasalaham
bersama kelompokmu ·
LKPD diisi secara mandiri
berdasarkan pemahaman sendiri dan dari yang muncul dalam diskusi kelompokmu ·
Silahkan bertanya jika ada hal-hal
yang belum kamu pahami |
3. |
CP dan TP |
Capaian Pembelajaran 1.
Siswa dapat
membaca QS. Alhujurat : 13 2.
Siswa dapat
memahami isi kandungan Al-hujurat ayat : 13 3.
Memahami arti
keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullāh). 4.
Mengenal norma
yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya
diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk
mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan. Tujuan Pembelajaran 1.
Mengajarkan Kesetaraan dan Persamaan Derajat 2.
mengungkapkan nilai-nilai yang terkandung dalam QS. Alhujurat : 13 3.
Mendeskripsikan
keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal (lita’arafu) dengan
benar. 4.
Saling
menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan
sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya dengan benar. 5.
Meyakini bahwa
keragaman sebagai sunnatullah dengan benar. |
4. |
Informasi Pendukung |
|
5. |
Tugas dan Langkah Kerja |
1.
Membaca QS Al-Hujurat : 13 2.
Mengamatai gambar Perbedaan pada
Ras atau suku 3.
Mengisi cerita dari hasil
pengamatan gambar |
6. |
Penilaian |
1.
Penilaian harian 2.
Penilaian sikap sosial 3.
Penilaian diri |
Lembar LKPD
1.
Penilaian
harian
1.
Tulislah QS
Al-Hujurat : 13 ?
2.
Apakah isi
kandungan QS Al-Hujurat : 13 ?
3.
Mengapa kita perlu
Menanamkan Sikap Toleransi?
4.
Apa yang
membedakan sikap toleransi dan Intoleransi ?
5.
Tulislah minimal 2 contoh toleransi yang harus dilakukan
terhadap agama Lain?
Kunci Jawaban
1.
2. Allah menegaskan bahwa yang paling mulia di antara manusia di
sisi-Nya adalah mereka yang paling bertaqwa., bukan ras, suku, atau status
sosial dan hendaklah saling kenal-mengenal
3. Karena semua agama mengajarkan untuk berbuat baik dan bergaul tanpa
melihat latar belakang agama, suku, dan golongan.
4. Toleransi adalah sikap dan perilaku
menghargai, menerima, dan menghormati perbedaan di antara individu atau
kelompok dalam masyarakat sedangkan Intoleransi adalah pada ketidaksediaan
untuk menerima pandangan, keyakinan, perilaku, atau perbedaan orang lain
5. Menghormati dan tidak mengganggu ritual atau
upacara keagamaan yang dilakukan oleh pemeluk agama lain
Memahami jika ada teman beragma
lain merayakan hari raya agama mereka
Pedoman Skor
Skor |
Keterangan |
4 |
Jawaban benar
dan alasan benar |
3 |
Jawaban benar
dan sebagian besar alasan benar. |
2 |
Jawaban benar
dan sebagian kecil alasan benar. |
1 |
Jawaban benar
dan alasan salah |
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
20
a.
Instrumen Penilaian Sikap
1)
Sikap
Spiritual
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Saya
menyakini bahwa toleransi adalah perbuatan yang baik dan memiliki jiwa sosial |
|
|
|
|
2)
Sikap
Sosial
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku menunjukkan sikap saling menghormati dan menghargai
antar umat beragama sebagai cerminan dari
sikap toleransi |
|
|
|
|
A. Lembar Kerja Peserta Didik
Lembar kerja
membuat cerita
Nama :
Kelas :
No.Absen :
Coba amati gambar
berikut ini.
Isi Cerita
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LK 2.3 : Penyusunan Pengembangan Media Digital (Video
Sumber Belajar)
Nama Media
Video Sumber Belajar Video Youtube |
|
Youtube Video
Pembelajaran |
Link : https://youtu.be/Pegyu579GT8?si=zW4GD_q_OmJ5QE1w |
Nama Media
Sumber Belajar Video Tik Tok |
Link
: https://vt.tiktok.com/ZS21wdqEA/ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar