Guru Profesional
My Name Is Abdul Hendi

Rabu, 21 Agustus 2024

LK-2 1. Menyusun Pengembangan Materi Ajar berbasis Advance Material/Struktur Pengetahuan

 

LOKA KARYA

Nama Mahasiswa        : Abdukl Hendi

Modul                                     : Perangkat Pembelajaran

Lembar Kerja              : 2.1. Menyusun Pengembangan Materi Ajar berbasis Advance Material/Struktur Pengetahuan

 

Materi

Apa

Mengapa

Bagaimana/Faktual

Untuk Apa/Metakognitif

 

Mari kita mengaji dan mengkaji QS. Al-hujurat :13 dan hadist tentang Keragaman

Mengaji adalah kegiatan membaca dan mempelajari Al-Qur'an, dengan  tajwid yang benar,

kewajiban umat Islam untuk membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an.

membaca QS. Al-hujurat :13 dengan baik dan benar

Supaya peserta didik bisa membaca, menhapal dan mempelajari Al-Qur'an, QS. Al-hujurat :13  dengan  tajwid yang benar,  

 

Mengkaji berarti memeriksa atau menyelidiki dengan teliti untuk memahami suatu subjek atau masalah dengan lebih baik

Mengkaji membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan komprehensif tentang suatu topik

Mengkaji dengan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang materi

Supaya peserta didik bisa memahami kandungan QS. Al-hujurat :13  dengan baik dan benar

 

Keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal dengan benar. Saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya dengan benar

Keragaman untuk  menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya dengan benar

Membaca,mengkaji dan Mengamati hadis H.R Thabrani yang ada dibuku

Supaya peserta didik memiliki sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari dan tahu batasan toleransi yang diperbolehkan dalam agama Islam.

 

 

 

LK 5D : Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

No

Komponen

Narasi

 

1

Judul

Mari kita mengaji dan mengkaji QS. Al-hujurat :13 dan hadist tentang Keragaman

 

2.

Petunjuk Belajar

 

·         Berdoa sebelum belajar

·         Amati demonstrasi yang diperagakan oleh guru sebelum mengerjakan LKPD

·         Diskusikan setiap permasalaham bersama kelompokmu

·         LKPD diisi secara mandiri berdasarkan pemahaman sendiri dan dari yang muncul dalam diskusi kelompokmu

·         Silahkan bertanya jika ada hal-hal yang belum kamu pahami

 

3.

CP dan TP

Capaian Pembelajaran

1.        Siswa dapat membaca QS. Alhujurat : 13

2.        Siswa dapat memahami isi kandungan Al-hujurat ayat : 13

3.        Memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullāh).

4.        Mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan.

Tujuan Pembelajaran

1.        Mengajarkan Kesetaraan dan Persamaan Derajat

2.        mengungkapkan nilai-nilai yang terkandung dalam QS. Alhujurat : 13

3.        Mendeskripsikan keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal (lita’arafu) dengan benar.

4.        Saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya dengan benar.

5.        Meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah dengan benar.

 

 

4.

Informasi Pendukung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Description: D:\berkas ppg Aamiin\Tugas-tugas\LK 5,6,7,8\IMG_20231011_142745.jpg

 

Description: https://i0.wp.com/jualkerandaambulance.com/wp-content/uploads/2018/05/11.-Qs.-Al-Hujurat-ayat-13.png?ssl=1

 

Description: D:\berkas ppg Aamiin\Tugas-tugas\LK 5,6,7,8\IMG_20231011_142940.jpg

 

5.

Tugas dan Langkah Kerja

1.      Membaca QS Al-Hujurat : 13

2.      Mengamatai gambar Perbedaan pada Ras atau suku

3.      Mengisi cerita dari hasil pengamatan gambar

 

6.

Penilaian

 

1.      Penilaian harian

2.      Penilaian sikap sosial

3.      Penilaian diri

 

 

 

Lembar LKPD

1.      Penilaian harian

1.      Tulislah QS Al-Hujurat : 13 ?

2.      Apakah isi kandungan QS Al-Hujurat : 13 ?

3.      Mengapa kita perlu Menanamkan Sikap Toleransi?

4.      Apa yang membedakan sikap toleransi dan Intoleransi  ?

5.      Tulislah minimal 2 contoh toleransi yang harus dilakukan terhadap agama Lain?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunci Jawaban

1.      Description: https://i0.wp.com/jualkerandaambulance.com/wp-content/uploads/2018/05/11.-Qs.-Al-Hujurat-ayat-13.png?ssl=1

 

 

 

 

2.      Allah menegaskan bahwa yang paling mulia di antara manusia di sisi-Nya adalah mereka yang paling bertaqwa., bukan ras, suku, atau status sosial dan hendaklah saling kenal-mengenal

3.      Karena semua agama mengajarkan untuk berbuat baik dan bergaul tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan golongan.

4.      Toleransi adalah sikap dan perilaku menghargai, menerima, dan menghormati perbedaan di antara individu atau kelompok dalam masyarakat sedangkan Intoleransi adalah pada ketidaksediaan untuk menerima pandangan, keyakinan, perilaku, atau perbedaan orang lain

5.      Menghormati dan tidak mengganggu ritual atau upacara keagamaan yang dilakukan oleh pemeluk agama lain

 

Memahami jika ada  teman beragma lain merayakan hari raya agama mereka

Pedoman Skor

Skor

Keterangan

4

Jawaban benar dan alasan benar

3

Jawaban benar dan sebagian besar alasan benar.

2

Jawaban benar dan sebagian kecil alasan benar.

1

Jawaban benar dan alasan salah

 

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

20

 

a.       Instrumen Penilaian Sikap

1)      Sikap Spiritual

Teknik Penilaian         : Penilaian diri

Instrumen Penilaian    : Rubrik

Nama Peserta didik    : ....................

No.

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Saya menyakini bahwa toleransi adalah perbuatan yang baik dan memiliki jiwa sosial

 

 

 

 

 

2)      Sikap Sosial

Teknik Penilaian         : Penilaian diri

Instrumen Penilaian    : Rubrik

Nama Peserta didik    : ....................

No.

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Aku menunjukkan sikap saling menghormati dan menghargai antar  umat beragama sebagai cerminan dari sikap toleransi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.    Lembar Kerja Peserta Didik

Lembar kerja membuat cerita

Nama         :

Kelas         :

Description: https://i0.wp.com/pasundan.jabarekspres.com/wp-content/uploads/sites/7/2022/04/antar-agama.jpg?fit=1200%2C860&ssl=1No.Absen  :

Coba amati gambar berikut ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

Isi Cerita

..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

                                                              

LK 2.3 : Penyusunan Pengembangan Media Digital (Video Sumber Belajar)

           

Nama Media Video Sumber Belajar Video Youtube

 

Youtube Video Pembelajaran

 

Link :   https://youtu.be/Pegyu579GT8?si=zW4GD_q_OmJ5QE1w

 

Nama Media Sumber Belajar Video Tik Tok

Link : https://vt.tiktok.com/ZS21wdqEA/

 

 

 

Tidak ada komentar:

PTK PRASIKLUS

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MAKE A MATCH MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN PADA SISWA K...