Guru Profesional
My Name Is Abdul Hendi

Sabtu, 24 Agustus 2024

LK.3.2.1: MENYUSUN KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)

 

LK.3.2.1: MENYUSUN KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)

a.        Rancangan KKTP Menggunakan Deskripsi Kriteria

Nama                                 : Alpin Saputra

Bidang Studi                     : PAI / Fase B (Kelas 4)

Tujuan Pembelajaran (TP) : Menjelaskan keragaman sebagai sunnatullah agar saling

mengenal dengan benar

Deskripsi Kriteria     : 1. Peserta didik dapat menjelaskan tentang keragaman sebagai sunnatullah

2.    Peserta didik dapat menjelaskan bahwa ajaran kebaikan Islam dan selain Islam dengan tepat

3.    Peserta didik dapat saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya dengan benar

4.    Menghormati orang lain sebagai cerminan dari iman dengan baik

b.     Rancangan KKTP Menggunakan Rubrik

Nama                                 : Alpin Saputra

Bidang Studi                     : PAI / Fase B (kelas 4)

Tujuan Pembelajaran (TP): Menjelaskan keragaman sebagai sunnatullah agar saling

mengenal dengan benar

Rubrik KKTP                    :

 

No

Aspek Penilaian

Kategori*)

Mahir

Cakap

Layak

Baru berkembang

1

Mengidentifikasi kan indahnya saling menghargai dalam keragaman

Memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam

keragaman

Menjelaskan pentingnya saling menghargai dalam keragaman

Memahami indahnya saling menghargai dalam keragaman

Belum dapat memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam keragaman

2

Menyajikan ajaran kebaikan

Memahami dan

Menjelaskan pentingnya

Memahami ajaran

Belum dapat memahami dan menjelaskan ajaran

 

 

 

 

Islam dan selain Islam dengan benar

menjelaskan ajaran kebaikan Islam dan selain Islam dengan

benar

ajaran kebaikan Islam dan selain Islam dengan benar

kebaikan Islam dan selain Islam dengan benar

kebaikan Islam dan selain Islam dengan benar

3

Sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya dengan benar

Memahami dan menjelaskan sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya

dengan benar

Menjelaskan pentingnya sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya dengan benar

Memahami sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya dengan benar

Belum dapat memahami dan menjelaskan sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya dengan benar

*) Pembagian kategori dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas

 

c.      Rancangan KKTP Menggunakan Interval Nilai

Nama                                 : Alpin Saputra

Bidang Studi                     : PAI / Fase B (kelas 4)

Tujuan Pembelajaran (TP): Menjelaskan keragaman sebagai sunnatullah agar saling

mengenal dengan benar

KKTP dengan Interval Nilai                                                                                     :

 

 

Kriteria Ketuntasan

Interval Nilai*)

0-40

41-70

71-100

Mampu memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam keragaman

Belum mampu memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai

dalam keragaman

Mampu memahami indahnya saling menghargai dalam keragaman

Mampu memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam

keragaman

Mampu membuat gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman

 

 

Belum mampu membuat gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman

Mampu membuat gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman tetapi kurang sesuai dengan

materi

Mampu membuat gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman

 

 

 

 

Mampu membuat produk berupa gambar buatan sendiri

Belum mampu membuat produk berupa gambar buatan sendiri

Mampu membuat produk berupa gambar buatan sendiri tetapi

masih meniru hasil karya orang lain

Mampu membuat produk berupa gambar buatan sendiri

*) Interval nilai dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas

 

                                                                                               


Tidak ada komentar:

PTK PRASIKLUS

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MAKE A MATCH MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN PADA SISWA K...