LK.3.2.1:
MENYUSUN KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)
a.
Rancangan KKTP Menggunakan Deskripsi Kriteria
Nama : Alpin Saputra
Bidang Studi : PAI / Fase B (Kelas 4)
Tujuan Pembelajaran (TP) : Menjelaskan keragaman sebagai sunnatullah agar saling
mengenal dengan
benar
Deskripsi Kriteria : 1. Peserta didik
dapat menjelaskan tentang
keragaman sebagai sunnatullah
2.
Peserta didik dapat menjelaskan bahwa ajaran kebaikan
Islam dan selain Islam dengan
tepat
3.
Peserta didik dapat saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik
di lingkungan sekolah
maupun di lingkungan tempat tinggalnya
dengan benar
4.
Menghormati orang lain sebagai cerminan
dari iman dengan
baik
b. Rancangan KKTP Menggunakan Rubrik
Nama : Alpin Saputra
Bidang Studi : PAI /
Fase B (kelas 4)
Tujuan Pembelajaran (TP): Menjelaskan keragaman sebagai
sunnatullah agar saling
mengenal dengan
benar
Rubrik KKTP :
No |
Aspek Penilaian |
Kategori*) |
|||
Mahir |
Cakap |
Layak |
Baru berkembang |
||
1 |
Mengidentifikasi kan indahnya saling menghargai dalam keragaman |
Memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam keragaman |
Menjelaskan pentingnya saling
menghargai dalam keragaman |
Memahami indahnya saling menghargai dalam keragaman |
Belum dapat
memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam keragaman |
2 |
Menyajikan ajaran kebaikan |
Memahami dan |
Menjelaskan pentingnya |
Memahami ajaran |
Belum dapat memahami dan menjelaskan ajaran |
|
Islam
dan selain Islam dengan benar |
menjelaskan ajaran
kebaikan Islam dan selain Islam
dengan benar |
ajaran kebaikan Islam dan selain Islam
dengan benar |
kebaikan Islam dan selain Islam dengan
benar |
kebaikan Islam dan selain
Islam dengan benar |
3 |
Sikap saling
menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda, baik
di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya dengan benar |
Memahami dan menjelaskan sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda,
baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya dengan benar |
Menjelaskan pentingnya sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk
agama yang berbeda, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat
tinggalnya dengan benar |
Memahami sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda,
baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya dengan benar |
Belum dapat
memahami dan menjelaskan
sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya dengan
benar |
*) Pembagian kategori
dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas
c.
Rancangan KKTP Menggunakan Interval
Nilai
Nama :
Alpin Saputra
Bidang Studi : PAI /
Fase B (kelas 4)
Tujuan Pembelajaran (TP): Menjelaskan keragaman sebagai
sunnatullah agar saling
mengenal dengan
benar
KKTP dengan
Interval Nilai :
Kriteria Ketuntasan |
Interval Nilai*) |
||
0-40 |
41-70 |
71-100 |
|
Mampu memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam keragaman |
Belum mampu memahami dan menjelaskan indahnya saling
menghargai dalam keragaman |
Mampu memahami indahnya saling menghargai dalam
keragaman |
Mampu
memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam keragaman |
Mampu membuat
gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman
|
Belum mampu membuat
gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman |
Mampu membuat
gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman
tetapi kurang sesuai
dengan materi |
Mampu membuat
gambar tentang indahnya saling menghargai
dalam keragaman
|
Mampu membuat
produk berupa gambar
buatan sendiri |
Belum mampu membuat
produk berupa gambar buatan sendiri |
Mampu membuat
produk berupa gambar
buatan sendiri tetapi masih meniru hasil karya
orang lain |
Mampu membuat
produk berupa gambar
buatan sendiri |
*) Interval
nilai dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar