Guru Profesional
My Name Is Abdul Hendi

Sabtu, 24 Agustus 2024

LK-6: Modul Ajar (MA-1) berbasis PJBL

 

LK-6: Modul Ajar (MA-1) berbasis PJBL

 

Modul Ajar Format Lengkap (Model 1)

Modul Ajar Pendidikan Agama Islam

 

Informasi Umum

Nama Penyusun                              : Abdul Hendi

Institutsi                                            : SD Negeri 6 Penukal

Tahun Penyusunan                         : 2024/2025

Jenjang Sekolah                              : SD

Kelas                                                  : IV (Empat)

Alokasi Waktu                                 : 1x Pertemuan (4 x35 menit)

Kompetensi Awal                            : 1.      Peserta didik dapat mendeskripsikan keragaman sebagai sunnatullah, memahami ajaran kebaikan dalam Islam serta meneladani sikap toleransi.

Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin:

      Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah:

1.     Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.

2.     Berkebinekaan global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda-bedakan teman ketika pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.

3.     Mandiri dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.

4.     Bergotong royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi hasil kerja kelompok.

5.     Bernalar kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan dalam peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.

6.     Kreatif dengan cara melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang berhubungan dengan topik materi.

 

      Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang ingin dicapai adalah

v  Profil pelajar rahmatan lil Alamin yang ingin dicapai adalah berkeadaban  (ta’adub), keteladanan ((qudwah), kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah), mengambil jalan tengah  (tawassut), berimbang (tawazun), lurus dan tegas (I,tidal), kesetaraan (muswah), musyawarah (syura), toleransi (tasamuh), dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikar).

 

    Sarana prasana              : a. Ruang kelas

                                                                   b. alat dan bahan :

1.       Matching card ( Kartu pasangan) untuk pembelajaran make a match

2.       LCD projector

3.       Laptop

                                                                  c. Materi dan Sumber Bahan Ajar :

*       Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021

Target Peserta Didik                     : Peserta didik SD Negeri 6 Penukal kelas IV

Model Pembelajaran                    : * Pembelajaran tatap muka

                                                              *Jigsaw,make a match.

                                                               

                                                             

Kompetensi Inti

A. Tujuan Pembelajaran

1.1. Mendeskripsikan keragaman sebagai sunnatullah agar    saling mengenal (lita’arafu)  dengan   benar.

1.2.   Menyebutkan ajaran kebaikan dari agama islam dan agama selain Islam dengan tepat.

1.3.   Mengungkapkan perasaan mengenai pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama dengan baik.

1.4.   Saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya dengan benar.

1.5.   Meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah dengan benar.

1.6.   Menghormati orang lain sebagai cerminan dari iman dengan baik.

 

B. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.1. Menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru , dan menymapaiakan

1.2. Memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullāh).

1.3.Mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan

 

C. Pemahaman Bermakna

      Menghargai perbedaan budaya yang ada dan menanamkan sifat toleransi sejak dini supaya bisa menerima perbedaan yang ada.

 

D. Pertanyaan Pemantik

1. Pernahkah kalian bertemu dengan beberapa orang dari berbagai suku dan bangsa   lain? Dimana kalian bertemu mereka? Apa yang kalian lakukan kepada mereka?

2.Tahukah kalian apa yang dinamakan kebaikan dalam agama islam?

3.  Pernahkah kalian mengalami hal seperti cerita tersebut di sekolah atau di rumah?

 

E. Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan PJBL)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1. Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.

2. Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.

3. Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.

4. Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.

5. Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.

 

Kegiatan Inti (50 menit)

1. Peserta didik mengamati Gambar 3.3.

2. Guru menjelaskan terkait keragaman sebagai sebagai Sunnatullah dalam buku siswa.

3. Peserta didik membentuk beberapa kelompok (sesuai kondisi peserta didik dalam satu kelas).

4. Guru menyampaikan tugas kelompok yaitu mencari jenis keragaman penduduk Indonesia.

5. Setiap kelompok mendapat tugas untuk mencari informasi mengenai  keragaman penduduk Indonesia (keragaman bangsa, suku dan agama) pada rubrik Aktivitas Kelompok.

6. Hasil penelusuran informasi ditulis di kertas origami dengan warna yang berbeda, lalu ditempel di kertas manila/plano dengan tata letak yang menarik.

7. Setiap kelompok memajang kertas manila/plano di dinding kelas, lalu tiap kelompok saling mengunjungi galeri kelompok lain, untuk menambah informasi tentang materi keragaman peserta didik bisa melakukan tanya jawab.

8. Peserta didik menyanyikan lagu Penduduk Indonesia secara klasikal atau kelompok tampil di depan dengan gaya penampilan grup musik pada rubrik Ayo Bernyanyi.

 

Kegiatan Penutup (10 menit)

Penyimpulan:

1.Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam   kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

2. Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang keragaman sebagai Sunnatullah.

3. Mengagendakan pekerjaan rumah.

4. Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang   ajaran kebaikan dalam Islam dan selain Islam.

5. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.

 

F. Asesmen

1.       Diagnostik  yaitu meliputi: *Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran dimulai.

      *Tanya jawab sebagai tindak lanjut

2.       Penilaian proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya, keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik memahami keragaman sebagai Sunnatullah dan meneladani sikap toleransi.

3.       Tertulis (isian benar salah dan uraian)

 

G.Pengayaan dan Remidial

1. Kegiatan remedial:

     Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.

 2. Kegiatan pengayaan:

                      Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari.

 

H.Glosarium

  Sunatullah      : hukum Allah Swt. yang disampaikan kepada umat manusia melalui para rasul, undang-undang keagamaan yang diterapkan oleh Allah Swt. yang termaktub di dalam Al-Qur’an, hukum (kejadian dan sebagainya) alam yang berjalan secara tetap dan otomatis.

  Toleran           : bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membolehkan, membiarkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiassaan, kelakuan dan sebagainya) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri.

 

I.   Daftar Pustaka

      Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

      Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                                          Gunung Menang, 16 Agustus 2024

Kepala Sekolah                                                                                     Guru Pendididkan Agama Islam

 

 

 

 

Hj. JANARIAH,S.Pd                                                                  ABDUL HENDI,S.Pd.I

NIP. 197101101993122001                                                         NIP. 198706062023211012

 


Modul Ajar Format Lengkap (Model 2) Modul Ajar

Pendidikan Agama Islam

 

Madrasah                             :SD Negeri 6 Penukal

Mata Pelajaran                   :Pendidikan Agama Islam

Tema                                     :BAB 3 Indahnya saling menghargai dalam keberagaman

Fase/Kelas                            :B/ IV (Empat)

Alokasi Waktu                    :

Tahun Pelajaran                 :2024/2025

Nama Penyusun                 : Abdul Hendi

 

Kompetensi Awal:

1.       Peserta didik dapat mendeskripsikan keragaman sebagai sunnatullah, memahami ajaran kebaikan dalam Islam serta meneladani sikap toleransi.

 

Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin:

v  Profil pelajar pancasila yang ingin di capai adalah beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa atau berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis  dan kreatif

v  Profil pelajar rahmatan lil Alamin yang ingin dicapai adalah berkeadaban  (ta’adub), keteladanan ((qudwah), kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah), mengambil jalan tengah  (tawassut), berimbang (tawazun), lurus dan tegas (I,tidal), kesetaraan (muswah), musyawarah (syura), toleransi (tasamuh), dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikar).

 

Sarana dan Prasarana:

                    a. Ruang kelas

                                                                   b. alat dan bahan :

1.       Matching card ( Kartu pasangan) untuk pembelajaran make a match

2.       LCD projector

3.       Leptop

                                                                  c. Materi dan Sumber Bahan Ajar :

*       Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021

 

Target Peserta Didik:

                Siswa SD Negeri 6 Penukal

 

Tujuan Pembelajaran

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

1.1.              Mendeskripsikan keragaman sebagai sunnatullah agar    saling mengenal (lita’arafu)  dengan   benar.

 

1.2.              Menyebutkan ajaran kebaikan dari agama islam dan agama selain Islam dengan tepat.

1.3.              Mengungkapkan perasaan mengenai pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama dengan baik.

1.4.              Saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya dengan benar.

1.5.              Meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah dengan benar.

1.6.              Menghormati orang lain sebagai cerminan dari iman dengan baik.

 

 

 1.1. Menghormati dan berbakti kepada orang tua   dan guru , dan menymapaiakan

1.2. Memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullāh).

1.3.Mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan

 

 

1.      Pemahaman Bermakna:

1.       Menghargai perbedaan budaya yang ada dan menanamkan sifat toleransi sejak dini supaya bisa menerima perbedaan yang ada.

2.      Pertanyaan Pemantik:

1.       Pernahkah kalian bertemu dengan beberapa orang dari berbagai suku dan bangsa lain? Dimana kalian bertemu mereka? Apa yang kalian lakukan kepada mereka?

2.       Tahukah kalian apa yang dinamakan kebaikan dalam agama islam?

3.       Pernahkah kalian mengalami hal seperti cerita tersebut di sekolah atau di rumah?

 

3.      Kegiatan Pembelajaran:

 

 

Langkah-langkah persiapan

Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti:

 

a)       Matching Card ( Kartu Pasangan) untuk pembelajaran make a match

b)       Video atau poster tentang keragaman

c)       LCD Projector

d)       Laptop

e)       Materi dan Sumber Bahan Ajar :Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Urutan kegiatan pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan PBL)

Alokasi waktu

Pertemuan ke-1

4 JP

(4X35)

Kegiatan pembukaan:

1.       Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.

2.       Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.

3.       Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.

4.       Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.

5.       Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.

15

Kegiatan inti

  1. Peserta didik mengamati Gambar 3.3.
  2. Guru menjelaskan terkait keragaman sebagai sebagai Sunnatullah dalam buku siswa.
  3. Peserta didik membentuk beberapa kelompok (sesuai kondisi peserta didik dalam satu kelas).
  4. Guru menyampaikan tugas kelompok yaitu mencari jenis keragaman penduduk Indonesia.
  5. Setiap kelompok mendapat tugas untuk mencari informasi mengenai  keragaman penduduk Indonesia (keragaman bangsa, suku dan agama) pada rubrik Aktivitas Kelompok.
  6. Hasil penelusuran informasi ditulis di kertas origami dengan warna yang berbeda, lalu ditempel di kertas manila/plano dengan tata letak yang menarik.
  7. Setiap kelompok memajang kertas manila/plano di dinding kelas, lalu tiap kelompok saling mengunjungi galeri kelompok lain, untuk menambah informasi tentang materi keragaman peserta didik bisa melakukan tanya jawab.
  8. Peserta didik menyanyikan lagu Penduduk Indonesia secara klasikal atau kelompok tampil di depan dengan gaya penampilan grup musik pada rubrik Ayo Bernyanyi.

110

Kegiatan penutup

Penyimpulan:

1.       Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

2.       Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang keragaman sebagai Sunnatullah.

3.       Mengagendakan pekerjaan rumah.

4.       Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang ajaran kebaikan dalam Islam dan selain Islam.

5.       Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.

 

 

Refleksi peserta didik :

Pertanyaan refleski

Ya

Tidak

Sudahkah kalian memahami keragaman sebagai Sunnatullah

 

 

Menjelaskan arti tentang keragaman

 

 

Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran hari ini

 

 

Apakah sudah bisa memberikan contoh kebragaman kepada temanmu

 

 

15

Asesmen/ penilaian pencapaian tujuan pembelajaran

1.       Diagnostik  yaitu meliputi: *Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran dimulai.

      *Tanya jawab sebagai tindak lanjut

2.       Penilaian proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya, keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik memahami keragaman sebagai Sunnatullah dan meneladani sikap toleransi.

3.       Tertulis (isian benar salah dan uraian)

 

a.       Instrumen Penilaian Sikap

1)       Sikap Spiritual

Teknik Penilaian : Penilaian diri

Instrumen Penilaian           : Rubrik

Nama Peserta didik            : ....................

No.

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Aku meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah.

 

 

 

 

 

Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman

Instrumen Penilaian           : Rubrik

Nama Peserta didik            : ....................

No.

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Temanku meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah.

 

 

 

 

Keterangan

SL          = Selalu                                : sangat baik

SR          = Sering                                : baik

KD         = Kadang-kadang              : cukup

TP          = Tidak Pernah   : perlu bimbingan

 

2)       Sikap Sosial

Teknik Penilaian : Penilaian diri

Instrumen Penilaian           : Rubrik

Nama Peserta didik            : ....................

No.

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Aku menunjukkan sikap saling menghormati dan menghargai antar  umat beragama sebagai cerminan dari iman dengan baik dan benar.

 

 

 

 

 

Teknik Penilaian  : Penilaian Antar Teman

Instrumen Penilaian            : Rubrik

Nama Peserta didik             : ....................

No.

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Temanku menunjukkan sikap saling menghormati dan menghargai antar  umat beragama sebagai cerminan dari iman dengan baik dan benar.

 

 

 

 

Keterangan

SL            = Selalu                                : sangat baik

SR            = Sering                                : baik

KD           = Kadang-kadang              : cukup

TP            = Tidak Pernah   : perlu bimbingan

 

b.       Penilaian Keterampilan

Nama Peserta didik     : ....................

No.

Indikator

4

3

2

1

0

1.

Menyanyikan lagu Penduduk Indonesia

 

 

 

 

 

2.

Menunjukkan sikap saling menghromati dan menghargai keberagaman

 

 

 

 

 

Skor 4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat kriteria.

·         Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga kriteria.

·         Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua kriteria.

·         Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu kriteria.

·         Skor 0 diberikan apabila peserta didik tidak mampu memenuhi kriteria sama sekali.

Contoh kriteria: benar dan jelas.

Catatan: Guru dapat memilih teknik dan strategi untuk mengembangkan instrumen penilaian sendiri.

 

c.        Instrumen Penilaian Pengetahuan

Aktivitas Pembelajaran 1 :

Penilaian Kelompok

No

Nama Kelompok

Aspek Penilaian

Jumlah Nilai

Ketertiban

Kekompakan

Performance

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

4

Sangat Baik

Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

2

3

Baik

Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

3

2

Cukup

Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

4

1

Kurang

Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

 

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

12

 

Penilaian Hasil Kerja Kelompok

No

Nama Kelompok

Aspek Penilaian

Jumlah Nilai

Ketepatan jawaban

Estetika (nilai seni) pajangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

8

Sangat baik

Semua jawaban benar/tepat, menarik

2

6

Baik

Sebagian besar jawaban benar, menarik

3

4

Cukup

Separuh jawaban benar, menarik

4

2

Kurang

Sebagian kecil jawaban benar, menarik

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

                                       16

Refleksi guru

 

 

v  Apa yang bisa diperbaiki dari seluruh kegiatan ini?

v  Apabila bisa diulang apa yang akan dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik?

v  Bagaimana keterlibatan peserta didik?

v  Apa saja kesulitan yang dialami oleh peserta didik?

 

 

 

 

 

 

Pembelaran ke-2

4 JP

(4X35)

Kegiatan Pendahuluan

1.       Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi.

2.       Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari.

3.       Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.

4.       Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal.

5.       Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran.

15

Kegiatan Inti

1.       Peserta didik membaca teks pelajaran tentang kebaikan dalam agama Islam dalam buku siswa.

2.       Guru memberikan penguatan dan penegasan, lalu guru dan peserta didik bertanya jawab terkait materi kebaikan dalam agama Islam.

3.       Peserta didik mencari contoh perilaku baik kepada Allah, sesama manusia dan alam pada rubrik Aktivitasku.

4.       Peserta didik mengamati cerita bergambar dalam buku siswa, lalu guru memberikan satu pertanyaan, mengapa Maria dan ibunya berbuat baik  kepada Nadiya, padahal mereka berdua bukan orang Islam?

5.       Peserta didik membaca jawaban atas pertanyaan tersebut sekaligus memahami materi pokok ajaran kebaikan menurut agama selain Islam.

6.       Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 2-3 anak.

7.       Peserta didik secara berkelompok berdiskusi tentang berita sesuai petunjuk yang ada di buku siswa pada rubrik Aktivitas Kelompok.

110

Kegiatan penutup

Penyimpulan:

1.       Peserta didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

2.       Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang ajaran kebaikan dalam Islam dan selain Islam.

3.       Mengagendakan pekerjaan rumah.

4.       Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya tentang saling menghormati dan menghargai orang yang berbeda agama.

5.       Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.

 

 

 

 

 

 

 

 

Refleksi peserta didik :

Pertanyaan refleski

Ya

Tidak

Apakah kalian sudah tahu ajaran kebaikan dari Agama Islam dan Agama selain Islam

 

 

Dapatkah kalian mengungkapkan perasaan mengenai pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama

 

 

Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran hari ini

 

 

Apakah sudah bisa memberikan contoh kebragaman kepada temanmu

 

 

15

Asesmen/ penilaian pencapaian tujuan pembelajaran

1.       Diagnostik  yaitu meliputi: *Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran dimulai.

      *Tanya jawab sebagai tindak lanjut

2.       Penilaian proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya, keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik memahami keragaman sebagai Sunnatullah dan meneladani sikap toleransi.

3.       Tertulis (isian benar salah dan uraian)

 

d.       Instrumen Penilaian Sikap

2)       Sikap Spiritual

Teknik Penilaian : Penilaian diri

Instrumen Penilaian           : Rubrik

Nama Peserta didik            : ....................

No.

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Aku meyakini ajaran kebaikan islam selain islam

 

 

 

 

 

Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman

Instrumen Penilaian           : Rubrik

Nama Peserta didik            : ....................

No.

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Temanku meyakini bahwa kebaikan ajaran islam dan selain islam

 

 

 

 

Keterangan

SL          = Selalu                                : sangat baik

SR          = Sering                                : baik

KD         = Kadang-kadang              : cukup

TP          = Tidak Pernah   : perlu bimbingan

 

 

 

 

 

 

 

 

3)       Sikap Sosial

Teknik Penilaian : Penilaian diri

Instrumen Penilaian           : Rubrik

Nama Peserta didik            : ....................

No.

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Aku menunjukkan sikap kebaikan ajaran islam selain islam

 

 

 

 

 

Teknik Penilaian  : Penilaian Antar Teman

Instrumen Penilaian            : Rubrik

Nama Peserta didik             : ....................

No.

Indikator

SL

SR

KD

TP

1.

Temanku menunjukkan sikap kebaikan ajaran islam selain islam dengann benar

 

 

 

 

Keterangan

SL            = Selalu                                : sangat baik

SR            = Sering                                : baik

KD           = Kadang-kadang              : cukup

TP            = Tidak Pernah   : perlu bimbingan

 

e.        Penilaian Keterampilan

Nama Peserta didik     : ....................

No.

Indikator

4

3

2

1

0

1.

Menyebutkan contoh ajaran kebaikan islam dan selain islam

 

 

 

 

 

2.

Menunjukkan sikap ajaran kebaikan islam dan selain islam

 

 

 

 

 

Skor 4 diberikan apabila peserta didik memenuhi empat kriteria.

·         Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga kriteria.

·         Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua kriteria.

·         Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu kriteria.

·         Skor 0 diberikan apabila peserta didik tidak mampu memenuhi kriteria sama sekali.

Contoh kriteria: benar dan jelas.

Catatan: Guru dapat memilih teknik dan strategi untuk mengembangkan instrumen penilaian sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

f.        Instrumen Penilaian Pengetahuan

Penilaian Kelompok

 

 

 

 

 

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

4

Sangat Baik

Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

2

3

Baik

Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

3

2

Cukup

Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

4

1

Kurang

Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

 

Pedoman

 

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

12

 

Penilaian Hasil Kerja Kelompok

No

Nama Kelompok

Aspek Penilaian

Jumlah Nilai

Ketepatan kesimpulan terhadap berita

Estetika (nilai seni) pajangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

No

Skor

Predikat

Kriteria

1.

8

Sangat baik

Semua jawaban benar/tepat, menarik

2.

6

Baik

Sebagian besar jawaban benar, menarik

3.

4

Cukup

Separuh jawaban benar, menarik

4.

2

Kurang

Sebagian kecil jawaban benar, menarik

 

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

16

 

 

 

 

 

Kegiatan remedial pengayaan

 

Kegiatan remedial

v  Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.

Kegiatan pengayaan:

v  Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari.

 

Sumber /refleksi/daftar pustaka

 

      Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

      Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

 

Lampiran

1.      Materi

2.      Contoh media pembelajaran

3.      Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-1)

4.      Rubrik dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-1)

5.      Lembar tes tertulis (pertemuan ke-1)

6.      Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-1)

7.      Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-2)

8.      Rubrik dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-2)

9.      Lembar tes tertulis (pertemuan ke-2)

10.  Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-2)

11.  Materi pengayaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Materi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

. media pembelajaran

 

c. Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-1)

 

d. Rubrik dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-1)

 

a.       Instrumen Penilaian Pengetahuan

Aktivitas Pembelajaran 1 :

Penilaian Kelompok

No

Nama Kelompok

Aspek Penilaian

Jumlah Nilai

Ketertiban

Kekompakan

Performance

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

4

Sangat Baik

Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

2

3

Baik

Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

3

2

Cukup

Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

4

1

Kurang

Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri

 

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

12

 

Penilaian Hasil Kerja Kelompok

No

Nama Kelompok

Aspek Penilaian

Jumlah Nilai

Ketepatan jawaban

Estetika (nilai seni) pajangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

8

Sangat baik

Semua jawaban benar/tepat, menarik

2

6

Baik

Sebagian besar jawaban benar, menarik

3

4

Cukup

Separuh jawaban benar, menarik

4

2

Kurang

Sebagian kecil jawaban benar, menarik

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

 

e. Lembar tes tertulis (pertemuan ke-1)

f. Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-1)

g. Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-2)

h. Rubrik dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-2)

i. Lembar tes tertulis (pertemuan ke-2)

j. Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-2)

k. Materi

 

 

Mengetahui                                                                                                          Gunung Menang, 16 Agustus 2024

Kepala Sekolah                                                                                     Guru Pendididkan Agama Islam

 

 

 

 

Hj. JANARIAH,S.Pd                                                                  ABDUL HENDI,S.Pd.I

NIP. 197101101993122001                                                         NIP. 198706062023211012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Tidak ada komentar:

PTK PRASIKLUS

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MAKE A MATCH MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN PADA SISWA K...