LK-6: Modul Ajar (MA-1)
berbasis PJBL
Modul Ajar Format Lengkap (Model 1)
Modul Ajar Pendidikan Agama Islam
Informasi Umum
Nama Penyusun : Abdul Hendi
Institutsi :
SD Negeri 6 Penukal
Tahun Penyusunan : 2024/2025
Jenjang Sekolah : SD
Kelas :
IV (Empat)
Alokasi Waktu : 1x Pertemuan (4 x35 menit)
Kompetensi Awal : 1. Peserta didik dapat mendeskripsikan
keragaman sebagai sunnatullah, memahami ajaran kebaikan dalam Islam serta
meneladani sikap toleransi.
Profil Pelajar
Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin:
•
Profil Pelajar
Pancasila yang ingin
dicapai adalah:
1. Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih
peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2. Berkebinekaan
global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda-bedakan teman ketika
pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.
3. Mandiri
dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan
kegiatan pembelajaran.
4. Bergotong
royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama
dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi
hasil kerja kelompok.
5. Bernalar
kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan dalam peristiwa
kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.
6. Kreatif
dengan cara melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang
berhubungan dengan topik materi.
•
Profil Pelajar
Rahmatan lil Alamin yang ingin
dicapai adalah
v Profil pelajar rahmatan
lil Alamin yang ingin dicapai adalah berkeadaban (ta’adub), keteladanan ((qudwah),
kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah), mengambil jalan tengah (tawassut), berimbang (tawazun), lurus dan
tegas (I,tidal), kesetaraan (muswah), musyawarah (syura), toleransi (tasamuh),
dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikar).
Sarana prasana : a. Ruang kelas
b. alat dan bahan :
1.
Matching card ( Kartu pasangan) untuk pembelajaran make a
match
2.
LCD projector
3.
Laptop
c. Materi dan Sumber Bahan
Ajar :
Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun
2021
Target Peserta
Didik :
Peserta didik SD Negeri 6 Penukal kelas IV
Model Pembelajaran : * Pembelajaran tatap muka
*Jigsaw,make a match.
Kompetensi Inti
A. Tujuan Pembelajaran
1.1. Mendeskripsikan keragaman sebagai
sunnatullah agar saling mengenal
(lita’arafu) dengan benar.
1.2. Menyebutkan ajaran kebaikan dari agama islam
dan agama selain Islam dengan tepat.
1.3. Mengungkapkan perasaan mengenai pengalaman
bergaul dengan teman yang berbeda agama dengan baik.
1.4. Saling menghormati dan menghargai pemeluk
agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat
tinggalnya dengan benar.
1.5. Meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah
dengan benar.
1.6. Menghormati orang lain sebagai cerminan dari
iman dengan baik.
B. Kriteria Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran
1.1.
Menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru , dan menymapaiakan
1.2.
Memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullāh).
1.3.Mengenal
norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas, percaya
diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah untuk
mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan
C. Pemahaman Bermakna
• Menghargai perbedaan budaya yang ada dan
menanamkan sifat toleransi sejak dini supaya bisa menerima perbedaan yang ada.
D. Pertanyaan Pemantik
1. Pernahkah kalian bertemu dengan beberapa orang
dari berbagai suku dan bangsa lain? Dimana kalian bertemu mereka? Apa yang
kalian lakukan kepada mereka?
2.Tahukah kalian apa yang dinamakan kebaikan
dalam agama islam?
3. Pernahkah
kalian mengalami hal seperti cerita tersebut di sekolah atau di rumah?
E. Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan PJBL)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1. Guru memberi salam,
menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan
peserta didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan,
atau bernyanyi.
2. Salah satu peserta
didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang
pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan
keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang
dipelajari.
3. Guru bertanya kepada
peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini.
4. Guru mengadakan tes
kemampuan awal melalui pertanyaan awal.
5. Guru menyampaikan
tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang
akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik
selama proses pembelajaran.
Kegiatan Inti (50 menit)
1. Peserta didik mengamati
Gambar 3.3.
2. Guru menjelaskan
terkait keragaman sebagai sebagai Sunnatullah dalam buku siswa.
3. Peserta didik membentuk
beberapa kelompok (sesuai kondisi peserta didik dalam satu kelas).
4. Guru menyampaikan tugas
kelompok yaitu mencari jenis keragaman penduduk Indonesia.
5. Setiap kelompok
mendapat tugas untuk mencari informasi mengenai
keragaman penduduk Indonesia (keragaman bangsa, suku dan agama) pada
rubrik Aktivitas Kelompok.
6. Hasil penelusuran
informasi ditulis di kertas origami dengan warna yang berbeda, lalu ditempel di
kertas manila/plano dengan tata letak yang menarik.
7. Setiap kelompok
memajang kertas manila/plano di dinding kelas, lalu tiap kelompok saling
mengunjungi galeri kelompok lain, untuk menambah informasi tentang materi
keragaman peserta didik bisa melakukan tanya jawab.
8. Peserta didik
menyanyikan lagu Penduduk Indonesia secara klasikal atau kelompok tampil di
depan dengan gaya penampilan grup musik pada rubrik Ayo Bernyanyi.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Penyimpulan:
1.Peserta didik membuat resume tentang
poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang
keragaman sebagai Sunnatullah.
3. Mengagendakan pekerjaan rumah.
4. Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya yaitu tentang ajaran kebaikan dalam Islam dan selain Islam.
5. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan
menyanyikan lagu, Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam.
F. Asesmen
1. Diagnostik yaitu meliputi: *Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran dimulai.
*Tanya jawab sebagai tindak lanjut
2.
Penilaian proses, observasi sikap, performa berupa
presentasi dan pameran hasil karya, keterampilan dan pengetahuan selama peserta
didik memahami keragaman sebagai Sunnatullah dan meneladani sikap toleransi.
3.
Tertulis (isian benar salah dan uraian)
G.Pengayaan dan Remidial
1. Kegiatan remedial:
Peserta
didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan
materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual
tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
Peserta didik yang daya tangkap dan daya
kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang
lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah
dipelajari.
H.Glosarium
• Sunatullah :
hukum Allah Swt. yang disampaikan kepada umat manusia melalui para rasul,
undang-undang keagamaan yang diterapkan oleh Allah Swt. yang termaktub di dalam
Al-Qur’an, hukum (kejadian dan sebagainya) alam yang berjalan secara tetap dan
otomatis.
• Toleran :
bersifat atau bersikap menenggang (menghargai, membolehkan, membiarkan)
pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiassaan, kelakuan dan
sebagainya) yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian sendiri.
I. Daftar Pustaka
• Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku
Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V.
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
• Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021).
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Mengetahui Gunung
Menang, 16 Agustus 2024
Kepala Sekolah Guru
Pendididkan Agama Islam
Hj. JANARIAH,S.Pd ABDUL
HENDI,S.Pd.I
NIP. 197101101993122001 NIP.
198706062023211012
Modul Ajar Format Lengkap (Model 2) Modul
Ajar
Pendidikan Agama Islam
Madrasah :SD Negeri 6 Penukal
Mata Pelajaran :Pendidikan Agama Islam
Tema :BAB 3 Indahnya saling
menghargai dalam keberagaman
Fase/Kelas :B/ IV (Empat)
Alokasi Waktu :
Tahun Pelajaran :2024/2025
Nama Penyusun : Abdul Hendi
Kompetensi Awal:
1. Peserta didik dapat mendeskripsikan keragaman
sebagai sunnatullah, memahami ajaran kebaikan dalam Islam serta meneladani
sikap toleransi.
Profil Pelajar
Pancasila dan Pelajar
Rahmatan lil Alamin:
v Profil pelajar pancasila
yang ingin di capai adalah beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa atau
berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar
kritis dan kreatif
v Profil pelajar rahmatan
lil Alamin yang ingin dicapai adalah berkeadaban (ta’adub), keteladanan ((qudwah),
kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah), mengambil jalan tengah (tawassut), berimbang (tawazun), lurus dan
tegas (I,tidal), kesetaraan (muswah), musyawarah (syura), toleransi (tasamuh),
dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikar).
Sarana dan Prasarana:
a. Ruang kelas
b. alat dan bahan :
1.
Matching card ( Kartu pasangan) untuk pembelajaran make a
match
2.
LCD projector
3.
Leptop
c. Materi dan Sumber Bahan Ajar
:
Buku Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun
2021
Target Peserta
Didik:
Siswa SD Negeri 6 Penukal
Tujuan Pembelajaran |
Kriteria Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran |
1.1.
Mendeskripsikan
keragaman sebagai sunnatullah agar
saling mengenal (lita’arafu) dengan benar. 1.2.
Menyebutkan
ajaran kebaikan dari agama islam dan agama selain Islam dengan tepat. 1.3.
Mengungkapkan
perasaan mengenai pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama dengan
baik. 1.4.
Saling
menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan
sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya dengan benar. 1.5.
Meyakini
bahwa keragaman sebagai sunnatullah dengan benar. 1.6.
Menghormati
orang lain sebagai cerminan dari iman dengan baik. |
1.1.
Menghormati dan berbakti kepada orang tua dan guru , dan menymapaiakan 1.2.
Memahami arti keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt.
(sunnatullāh). 1.3.Mengenal
norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas,
percaya diri mengungkapkan pendapat pribadi, memahami pentingnya musyawarah
untuk mencapai kesepakatan dan pentingnya persatuan |
1. Pemahaman Bermakna:
1. Menghargai perbedaan budaya
yang ada dan menanamkan sifat toleransi sejak dini supaya bisa menerima
perbedaan yang ada.
2. Pertanyaan Pemantik:
1. Pernahkah kalian bertemu
dengan beberapa orang dari berbagai suku dan bangsa lain? Dimana kalian bertemu
mereka? Apa yang kalian lakukan kepada mereka?
2. Tahukah kalian apa yang
dinamakan kebaikan dalam agama islam?
3. Pernahkah kalian mengalami
hal seperti cerita tersebut di sekolah atau di rumah?
3. Kegiatan Pembelajaran:
Langkah-langkah persiapan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti: a) Matching Card ( Kartu Pasangan) untuk
pembelajaran make a match b) Video atau poster
tentang keragaman c) LCD Projector d) Laptop e) Materi dan Sumber Bahan
Ajar :Buku Pendidikan Agama
Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Urutan kegiatan pembelajaran (mencerminkan penerapan
pendekatan PBL) |
Alokasi waktu |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pertemuan ke-1 |
4 JP (4X35) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan pembukaan: 1. Guru memberi salam,
menyapa peserta didik (menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan
lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2. Salah satu peserta didik
memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru tentang
pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka menanamkan
keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami ilmu
yang dipelajari. 3. Guru bertanya kepada peserta didik tentang kondisi
siswa pada pagi hari ini. 4. Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui
pertanyaan awal. 5. Guru menyampaikan tujuan
kegiatan pembelajaran kali ini dan menjelaskan kegiatan apa saja yang akan
dilakukan serta hal-hal apa saja yang akan dinilai dari peserta didik selama
proses pembelajaran. |
15 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan inti
|
110 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan penutup Penyimpulan: 1. Peserta didik membuat resume tentang poin-poin
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. 2. Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang keragaman sebagai
Sunnatullah. 3. Mengagendakan pekerjaan rumah. 4. Mengagendakan materi yang harus dipelajari pada
pertemuan berikutnya yaitu tentang ajaran kebaikan dalam Islam dan selain Islam. 5. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan
menyanyikan lagu, Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. Refleksi peserta didik :
|
15 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen/ penilaian pencapaian tujuan pembelajaran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Diagnostik yaitu meliputi: *Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran dimulai. *Tanya jawab sebagai tindak lanjut 2.
Penilaian proses, observasi sikap, performa berupa
presentasi dan pameran hasil karya, keterampilan dan pengetahuan selama
peserta didik memahami keragaman sebagai Sunnatullah dan meneladani sikap
toleransi. 3.
Tertulis (isian benar salah dan uraian) a. Instrumen Penilaian
Sikap 1) Sikap Spiritual Teknik Penilaian : Penilaian diri Instrumen Penilaian : Rubrik Nama Peserta didik : ....................
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman Instrumen Penilaian : Rubrik Nama Peserta didik : ....................
Keterangan SL = Selalu : sangat baik SR = Sering : baik KD = Kadang-kadang : cukup TP = Tidak Pernah : perlu bimbingan 2)
Sikap Sosial Teknik Penilaian : Penilaian diri Instrumen Penilaian : Rubrik Nama Peserta didik : ....................
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman Instrumen Penilaian : Rubrik Nama Peserta didik : ....................
Keterangan SL = Selalu : sangat baik SR = Sering : baik KD = Kadang-kadang : cukup TP = Tidak Pernah : perlu bimbingan b. Penilaian Keterampilan Nama Peserta didik : ....................
Skor 4 diberikan apabila
peserta didik memenuhi empat kriteria. ·
Skor 3 diberikan apabila
peserta didik memenuhi tiga kriteria. ·
Skor 2 diberikan apabila
peserta didik memenuhi dua kriteria. ·
Skor 1 diberikan apabila
peserta didik memenuhi satu kriteria. ·
Skor 0 diberikan apabila
peserta didik tidak mampu memenuhi kriteria sama sekali. Contoh kriteria: benar
dan jelas. Catatan: Guru dapat
memilih teknik dan strategi untuk mengembangkan instrumen penilaian sendiri. c.
Instrumen Penilaian Pengetahuan Aktivitas Pembelajaran 1
: Penilaian Kelompok
Pedoman Skor
Nilai Akhir : Jumlah skor
yang diperoleh x100 12 Penilaian Hasil Kerja
Kelompok
Pedoman Skor
Nilai Akhir : Jumlah skor
yang diperoleh x100 16 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Refleksi guru |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Apa yang bisa diperbaiki
dari seluruh kegiatan ini? v Apabila bisa diulang apa
yang akan dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik? v Bagaimana keterlibatan
peserta didik? v Apa saja kesulitan yang
dialami oleh peserta didik? |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pembelaran ke-2 |
4 JP (4X35) |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik
(menanyakan kabar, mengecek kehadiran dan kesiapan peserta
didik, dan lain-lain), serta menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau
bernyanyi. 2. Salah satu
peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan dengan penegasan oleh guru
tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan dalam rangka
menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam memahami
ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
15 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan
Inti 1. Peserta didik membaca
teks pelajaran tentang kebaikan dalam agama Islam dalam buku siswa. 2. Guru memberikan
penguatan dan penegasan, lalu guru dan peserta didik bertanya jawab terkait
materi kebaikan dalam agama Islam. 3. Peserta didik mencari
contoh perilaku baik kepada Allah, sesama manusia dan alam pada rubrik
Aktivitasku. 4. Peserta didik mengamati
cerita bergambar dalam buku siswa, lalu guru memberikan satu pertanyaan,
mengapa Maria dan ibunya berbuat baik
kepada Nadiya, padahal mereka berdua bukan orang Islam? 5. Peserta didik membaca
jawaban atas pertanyaan tersebut sekaligus memahami materi pokok ajaran
kebaikan menurut agama selain Islam. 6. Peserta didik membentuk
kelompok yang terdiri dari 2-3 anak. 7. Peserta didik secara
berkelompok berdiskusi tentang berita sesuai petunjuk yang ada di buku siswa
pada rubrik Aktivitas Kelompok. |
110 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan penutup Penyimpulan: 1. Peserta didik membuat
resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan. 2. Guru dan peserta didik menyimpulkan
tentang ajaran kebaikan dalam
Islam dan selain Islam. 3. Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4. Mengagendakan materi
yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya tentang saling
menghormati dan menghargai orang yang berbeda agama. 5. Guru menutup kegiatan
pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah dilanjutkan dengan doa,
mengucapkan salam. Refleksi peserta didik :
|
15 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Asesmen/ penilaian pencapaian tujuan pembelajaran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Diagnostik yaitu meliputi: *Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran dimulai. *Tanya jawab sebagai tindak lanjut 2.
Penilaian proses, observasi sikap, performa berupa
presentasi dan pameran hasil karya, keterampilan dan pengetahuan selama
peserta didik memahami keragaman sebagai Sunnatullah dan meneladani sikap
toleransi. 3.
Tertulis (isian benar salah dan uraian) d. Instrumen Penilaian
Sikap 2) Sikap Spiritual Teknik Penilaian : Penilaian diri Instrumen Penilaian : Rubrik Nama Peserta didik : ....................
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman Instrumen Penilaian : Rubrik Nama Peserta didik : ....................
Keterangan SL = Selalu : sangat baik SR = Sering : baik KD = Kadang-kadang : cukup TP = Tidak Pernah : perlu bimbingan 3)
Sikap Sosial Teknik Penilaian : Penilaian diri Instrumen Penilaian : Rubrik Nama Peserta didik : ....................
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman Instrumen Penilaian : Rubrik Nama Peserta didik : ....................
Keterangan SL = Selalu : sangat baik SR = Sering : baik KD = Kadang-kadang : cukup TP = Tidak Pernah : perlu bimbingan e.
Penilaian Keterampilan Nama Peserta didik : ....................
Skor 4 diberikan apabila
peserta didik memenuhi empat kriteria. ·
Skor 3 diberikan apabila
peserta didik memenuhi tiga kriteria. ·
Skor 2 diberikan apabila
peserta didik memenuhi dua kriteria. ·
Skor 1 diberikan apabila
peserta didik memenuhi satu kriteria. ·
Skor 0 diberikan apabila
peserta didik tidak mampu memenuhi kriteria sama sekali. Contoh kriteria: benar
dan jelas. Catatan: Guru dapat
memilih teknik dan strategi untuk mengembangkan instrumen penilaian sendiri. f.
Instrumen Penilaian
Pengetahuan Penilaian Kelompok
Pedoman Nilai Akhir : Jumlah skor
yang diperoleh x100 12 Penilaian Hasil Kerja
Kelompok
Pedoman Skor
Nilai Akhir : Jumlah skor
yang diperoleh x100 16 |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan remedial pengayaan |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan remedial v Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai
target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih
individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil
belajar peserta didik yang bersangkutan. Kegiatan pengayaan: v Peserta didik yang daya
tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan
kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap
materi yang telah dipelajari. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sumber /refleksi/daftar pustaka |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
• Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku
Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V.
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. • Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021).
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta:
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lampiran |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Materi 2. Contoh media pembelajaran 3. Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-1) 4. Rubrik dan penilaian kerja kelompok
(pertemuan ke-1) 5. Lembar tes tertulis (pertemuan ke-1) 6. Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-1) 7. Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-2) 8. Rubrik dan penilaian kerja kelompok
(pertemuan ke-2) 9. Lembar tes tertulis (pertemuan ke-2) 10. Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-2) 11. Materi pengayaan |
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Materi
. media pembelajaran
c. Lembar
kerja kelompok (pertemuan ke-1)
d. Rubrik
dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-1)
a. Instrumen Penilaian
Pengetahuan
Aktivitas Pembelajaran 1 :
Penilaian Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok
tertib, kompak, percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota
kelompok tertib, kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok
tertib, kompak, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota
kelompok tertib, kompak, percaya diri |
Nilai Akhir : Jumlah skor
yang diperoleh x100
12
Penilaian Hasil Kerja
Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Ketepatan jawaban |
Estetika (nilai seni)
pajangan |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat baik |
Semua jawaban
benar/tepat, menarik |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban
benar, menarik |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar,
menarik |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban
benar, menarik |
Nilai Akhir : Jumlah skor
yang diperoleh x100
e. Lembar
tes tertulis (pertemuan ke-1)
f. Lembar
pengamatan sikap (pertemuan ke-1)
g. Lembar
kerja kelompok (pertemuan ke-2)
h. Rubrik
dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-2)
i. Lembar
tes tertulis (pertemuan ke-2)
j. Lembar
pengamatan sikap (pertemuan ke-2)
k. Materi
Mengetahui Gunung
Menang, 16 Agustus 2024
Kepala Sekolah Guru
Pendididkan Agama Islam
Hj. JANARIAH,S.Pd ABDUL
HENDI,S.Pd.I
NIP. 197101101993122001 NIP.
198706062023211012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar