PROBLEM BASED LEARNING
TUGAS PENDALAMAN MATERI
MODUL PEDAGOGIK POLA PBL
KATEGORI 4
Nama
Mahasiswa : ABDUL
HENDI,S.Pd.I
Kelas : PAI A K1 20241
Tugas :
Pedalaman Materi
Tema Project :
Analisis Penentu Penyebab Masalah
Dosen Pengampuh :
Dr. Choirun Niswah,M.Ag
Judul Modul : Modul Pedagogik Pola PBL Kategori 4
Judul PBL : Profesionlisme
Guru PAI dalam Meningkatkan Pengetahuan
siswa Kelas 4 SD Negeri 6 Penukal pada Materi Hijrah
Nabi Muhammad SAW
No |
Komponen |
Deskripsi
|
1. |
Materi
ajar |
Hijrah
Nabi Muhammad SAW ke Madinah |
2. |
Identifikasi
Masalah : Masalah
yang ada dilingkungan belajar disekolah |
Pendidikan Agama
Islam (PAI) memiliki peranan penting dalam menyokong ilmu-ilmu lainnya, yang
sebelumnya dipetik dari prinsipprinsip yang terdapat dalam agama dan budi
pekerti, dan diutamakan pula segi kemanusiaan sosial dan kerjasama seperti
persaudaraan, kemerdekaan, persamaan, keadilan dan hak yang sama di antara
umat manusia. Salah satu sub dalam rumpun mata pelajaran PAI ialah Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI). SKI merupakan catatan perkembangan perjalanan hidup
manusia muslim dari masa ke masa dalam beribadah, bermuamalah, dan berakhlak
serta dalam Sejarah Hijrah Nabi Muhammad SAW. Belajar tentang
sejarah merupakan hal yang dianggap sangat penting dalam pembelajaran, karena
untuk mencari tahu kebenaran tentang sumber yang dipelajari harus runut
dicari asal-usulnya apalagi kalau menyangkut materi keagamaan terutama
tentang Nabi Rasul. Bahkan hal ini juga
diungkapkan oleh sangk proklamator bangsa kita yang disebut “JASMERAH” jangan
sekali-kali merupakan sejarah. Oleh karena itu peserta didik dituntut untuk
mengetahui sejarah terkhuus sejarah agama yang dianutnya agar menambah
kecintaan kepada agama dan menambah semangat dalam beribadah serta mengikuti
sunnah Rasulullah SAW. Jika sejarah
kebudayaan Islam ini tidak disampaikan sejak usia dini maka akan membuat
peserta didik ditingkat selanjutnya tidak akan memahami sejarah agamanya
sendiri, hal ini tidak dapat dipungkiri karena banyak sekali didapat peserta
didik yang tidak mengetahui dan bahkan kurang peduli untuk mempelajari materi
yang berkenaan dengan sejarah, sehingga menyebabkan kurangnya semangat dalam
beribadah dan akhirnya membuatnya tambah jauh dari agama. |
3. |
Eksplorasi
penyebab masalah (berdasarkan kajian literatur dan realitas review yang
relevan dengan identifikasi masalah ) |
Ada beberapa faktor yang menyebabkan Meningkatkan
Pengetahuan peserta didik dalam kegiatan belajar
menganai materi yang berhubungan dengan sejarah sebagai berikut: •
Kondisi Psikologis Menurut Noehi Nasution
(dalam Djamarah, 2015, p.175), tidak banyak yang dapat diharapkan untuk
menghasilkan prestasi belajar yang baik dari seorang anak yang tidak berminat
untuk mempelajari sesuatu. Memahami kebutuhan anak didik dan melayani
kebutuhan anak didik adalah salah satu upaya membangkitkan minat anak didik. •
Noehi Nasution (dalam Djamarah, 2015, p.175)
mengemukakan pendapatnya bahwa keadaan suhu dan kelembaban udara berpengaruh
terhadap belajar anak didik di sekolah. Belajar pada keadaan udara yang segar
akan lebih baik hasilnya daripada belajar dalam keadaan udara yang panas dan
pengap. Berdasarkan kenyataan yang demikian, orang cenderung berpendapat
bahwa belajar di pagi hari akan lebih baik hasilnya daripada belajar pada
sore hari. •
Selama ini sering kali Sejarah Kebudayaan
Islam hanya dipahami sebagai sejarah tentang Kebudayaan Islam saja (history
of islamic culture). Dalam kurikulum ini Sejarah Kebudayaan Islam dipahami
sebagai sejarah tentang agama Islam dan Kebudayaan (history of and islamic
culture). Oleh karena itu kurikulum ini tidak saja menampilkan sejarah
kekuasaan atau sejarah raja-raja, tetapi juga akan di angkut sejarah
perkembangan ilmu agama, sains dan teknologi dalam islam. Aktor sejarah yang
diangkut tidak saja Nabi, Sahabat dan Raja, tetapi akan dilengkapi ulama,
intelektual dan filosof. Faktor-faktor sosial dimunculkan guna menyempurnakan
pengetahuan peserta didik tentang sejarah kebudayaan Islam.0DWHUL 6.,
07Vµ http://nusasarinet.blogspot.com/2013/12/kumpulan
materi SKI.html?m=1\ •
Menurut Trinto Ibnu Bandar bahwa seorang guru
yang akan menyusun materi perlu mengumpulkan dan mempersiapkan bahan
kepustakaan atau rujukan (buku dan pedoman yang berkaitan dan sesuai) untuk
menyusun dan mengembangkan silabus. Pencarian informasi ini, sebenarnya dapat
pula memanfaatkan perangkat teknologi informasi mutakhir seperti multimedia
dan internet.32 Sedangkan Center for Vocational Education Research Ltd yang
mengatakan bahwa ada tiga pengertian materi pembelajaran yaitu : 1) Merupakan informasi, alat dan teks yang
diperlukan guru/ instruktur untuk perencanaan dan penelaah implementasi
pembelajaran, 2) Segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru /
instruktur dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, 3) Seperangkat substansi
pembelajaran yang disusun secara sistematis |
4. |
Eksplorasi Penyebab Masalah (2): menguraikan berbagai kemungkinan penyebab terjadinya
masalah berdasarkan realitas yang ada |
Ada berbagai kemungkinan penyebab terjadinya kurang motivasi peserta
didik dalam mempelajari materi yang berhubungan dengan SKI •
Pertama adalah
faktor dalam diri siswa, namun hal ini bukan terjadi begitu saja karena ada
juga faktor-faktor yang mempengaruhi diri siswa diantaranya, suguhan-suguhan
yang mereka tonton lewat telivisi atau media apapun lebih banyak menampilkan
cerita fiksi atau cerita pahlawan-pahlawan superhero, sehingga dalam
kesehariannya peserta didik lebih termotivasi untuk menggali cerita fiksi
dibandingkan dengan belajar sejarah kebudaaan islam. •
Faktor
lingkungan, ini juga salah satu penyebab kurangnya motivasi siswa, karena
lingkungan masyarakat tempat siswa tinggal bukan lingkungan yang religius dan
kurangnya bimbingan orang tua dalam mengarahkan anak-anaknya, sudah realita
dimasyarakat sekarang ini, anak-anak lebih banyak mengahabiskan waktunya
untuk bermain gadget daripada belajar dirumah, lebih senang main games karena
terpengaruh dengan teman-temannya takut ketinggalam trend kekinian, sehingga
dalam belajar siswa mengalami penurunan motivasi. |
5. |
Analisis Penentu Penyebab Masalah (1): Melakukan eksplorasi penyebab dominan dan
keterkaitannya dengan penyebab determinan berdasarkan literatur |
Selain beberapa penyebab diatas terdapat juga faktor lainnya yang
ikut menyebabkan Meningkatkan Pengetahuan siswa sebagai berikut: • Bahan ajar yang disediakan kurang menarik
minat peserta didik, karena kebanyakan siswa tingkat SD lebih senang dengan
cerita berbentuk gambar, namun didalam buku panduan gambar yang disediakan
sangat sedikit dan kurang menarik. • Media yang disediakan guru juga kurang
memadai karena fasilitas sekolah yang masih minim. |
6. |
Rencana Aksi |
Profesionlisme Guru PAI dalam Meningkatkan
Pengetahuan siswa Kelas 4 SD
Negeri 6
Penukal pada Materi Hijrah
Nabi Muhammad SAW Adapun langkah-langkah agar bisa
menumbuhkan Meningkatkan Pengetahuan dalam belajar khusunya pada materi yang
berhubungan dengan sejarah kebudayaan islam adalah dengan adanya aksi yang
dilakukan guru untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi Meningkatkan
Pengetahuan siswa adalah, aksi tersebut digambarkan sebagai berikut: • Adapun
langkah pertama yang dilakukan guru adalah selalu mengarahkan peserta didik
agar memilih tontonan yang mereka lihat diberbagai media hal-hal yang
bermanfaat dan diarahkan untuk menonton hal-hal yang berkaitan dengan Sejarah
Kebudayaan Islam sehingga menumbuhkan kembali motivasi dan minat mereka dalam
mempelajari materi diatas. • Adapun
masalah lingkungan sosial mereka yan turut andil dalam mempengaruhi mereka,
aksinya adalah, dengan sering mengadakan sosialisasi kepada wali siswa, hal
ini dapat dilakukan dengan mengundang wali siswa ke sekolah diarahkan agar
mereka selalu membimbing anak-anak dirumah agar selalu semangat dalam
belajar. • Adapun
aksi yang ketiga yang berkaitan dengan bahan ajar dan media, disini guru
dituntut untuk bisa menyediakan bahan ajar yang lebih relevan agar siswa
tertarik dalam belajar, missal dengan menyediakan power point dengan
gambar-gambar yang lebih menarik, diberikan materi berupa film tentang
perjuangan Rasul dan para sahabat, sehingga dengan demikian dapat
membangkitkan kembali minat siswa dalam belajar materi PAI ini, melaui
film-flm tersebut akan memunculkan kembali motivasi dan minat siswa dalam
mempelajari sejarah dan akan menjadikan figur Rasulullah beserta sahabat yang
akan dijadikan panutan dalam kesehaarian mereka. |
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar