PROBLEM BASED LEARNING
Nama :
ABDUL HENDI, S.Pd.I
Kelas : A K1 20241
Modul :
Al-Qur’an Hadis
Tugas :
PROBLEM BASED LEARNING
Dosen Pengampuh : Dr.
Alimron,M.Ag
Judul masalah :
MENINGKATAN PEMAHAMAN SERTA MENCEGAH SISWA KELAS 6 SD NEGERI 6 PENUKAL TERHADAP
TINDAKAN BULYING MELALUI AL-QURAN (Q.S ALHUJURAT :13)
No |
Jenis Tugas |
Deskripsi |
1 |
MODUL I |
Memahami Pesan Pokok Q.S Al-Hujurat Ayat 49;13 |
1. |
Masalah apa yang ada dalam lingkungan sekolah
dan apa ciri-cirinya |
Allah SWT Berfirman dalam Q.S Al-Hujurat Ayat
49;13 يَـٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَـٰكُم
مِّن ذَكَرٍۢ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَـٰكُمْ شُعُوبًۭا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟
ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌۭ ١٣ Artinya : Hai manusia, sesungguhnya Kami
menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan
kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.
Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang
yang paling takwa di antara kamu.Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi
Mahateliti.
Dalam ayat tersebut secara jelas mengungkap bahwa manusia telah
diciptakan oleh Allah dari keragaman bangsa dan suku. Ini merupakan hukum
alam yang telah diciptakan oleh Tuhan dan manusia tidak memiliki kemampuan
apa pun untuk mengubahnya. Adanya perbedaan suku, bangsa, bahasa, warna
kulit, dan lainnya tetapi tujuannya adalah satu untuk saling mengenal, saling
mengasihi, saling merangkul. Konsep seperti inilah yang seharusnya dipahami
oleh seorang muslim dalam menyikapi perbedaan yang ada bukan malah menghina
ataupun mencemooh orang lain. Sejatinya, keberagaman bangsa dan
suku diciptakan Allah SWT sebagai sarana untuk saling mengenal dan menjalin
hubungan persaudaraan, bukan untuk saling bermusuhan dan merendahkan. Keutamaan di antara manusia ditentukan
oleh ketakwaan mereka kepada Allah SWT, bukan oleh nasab atau asal usul
mereka. Kesadaran ini penting untuk menumbuhkan rasa rendah hati dan saling
menghormati. Allah SWT mengetahui
segala sesuatu tentang manusia, termasuk batin, keadaan, dan seluruh urusan
mereka. Kesadaran ini harus mendorong manusia untuk saling menghormati dan
tidak saling menghina, karena Allah SWT lah yang akan menentukan keutamaan
mereka. Singkatnya, ayat ini mengajak
manusia untuk saling menghormati, menjalin persaudaraan, dan membangun
tatanan masyarakat yang harmonis. Kesadaran bahwa semua manusia diciptakan
sama dan bersaudara menjadi landasan penting untuk mewujudkan hal
tersebut. Sejatinya, banyak sekali
hadits sahih yang menjelaskan tentang konsep kesetaraan manusia dalam
Islam. Nabi Muhammad sendiri dalam
berbagai kesempatan menyampaikan pesan ini. Hal ini sejalan dengan tauhid,
keyakinan terhadap keesaan Allah SWT. Jika kita semua ciptaan Allah, maka
tidak ada alasan bagi manusia untuk merasa lebih tinggi dari yang lainnya. Di SD Negeri 6 Penukal pada setiap hari
pasti ada tindakan Bullying baik itu Menyebarkan gosip atau rumor yang tidak
benar, Melempar lelucon jahat yang melakukan Mengajak orang lain untuk
mengucilkan seseorang, Memberikan ekspresi atau gestur tubuh yang mengancam
atau menghina serta Meniru dengan tujuan untuk menghina atau meremehkan orang
tersebut. sehingga membuat siswa yang
menerima Bullying tersebut merasa dan beranggapan berbeda dengan siswa lain.
Dari pemaparan diskrpisi diatas maka penulis melakukan identifkasi masalah
pada SD Negeri 6 Penukal yakni : 1. Pemahaman siswa terhadap QS.
Al-Hujurat : 13 di SD Negeri 6 Penukal dalam melakukan tindakan Bullying di
sekolah 2. Mencegah Tindakan Bullying
melalui Penjelasan QS. Al-Hujurat : 13 di SD Negeri 6 Penukal |
4. |
Mengapa
di anggap masalah |
Bullying, tindakan kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan di antara
sesama pelajar, telah menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan.
Kasus-kasus bullying yang terjadi di berbagai tempat. Ketidakmampuan untuk
merasakan belas kasihan dan empati terhadap sesama adalah salah satu ciri
yang paling mencolok dalam perilaku pelaku bullying. Kasus-kasus yang
disebutkan di atas menggambarkan tingkat kekejaman dan kejamannya yang luar
biasa. Ini menunjukkan bahwa mereka yang melakukan bullying telah kehilangan
sentuhan dengan nilai-nilai kemanusiaan dasar, seperti hormat-menghormati dan
mendukung sesama. Namun, pertanyaan yang lebih mendalam adalah bagaimana
kondisi ini bisa terjadi, dan apa yang mendorong pelaku bullying untuk
melakukan tindakan yang begitu kejam?
Pengaruh lingkungan, tekanan sosial, dan kebutuhan untuk menonjol di
antara teman-teman mereka dapat menjadi faktor yang memicu perilaku pelaku
bullying. Hal ini mengingatkan kita akan pentingnya menciptakan lingkungan
belajar yang aman, di mana setiap siswa merasa diterima dan dihormati. Selain
itu, pendekatan pendidikan yang efektif dalam mengajarkan nilai-nilai empati,
toleransi, dan sikap peduli terhadap sesama juga memegang peranan penting
dalam membentuk karakter siswa. |
6. |
Mengapa Kita
Perlu Menyelesaikan masalah? |
Ada berberapa cara yang menurut penulis dapat
mencegah tindakan bullying 1. Memberikan pemahaman terkait dengan QS.
Al-Hujurat : 13 bahwa tindakan bullying adalah tindakan yang dapat
menghancurkan diri pribadi serta menjelaskan bahwa manusia dihadapan Allah
SWT adalah sama karena yang membedakan hanyalah Taqwa. 2. Memperkuat Implementasi Penguatan Profil
Pelajar Pancasila : Penyebab dari perilaku kejam para pelaku bullying sangat
kompleks dan bervariasi. Salah satu faktor utama adalah pengaruh lingkungan
di sekitar mereka. Ketika lingkungan sekolah tidak mempromosikan nilai-nilai
empati, toleransi, dan sikap peduli terhadap sesama, peluang untuk terjadinya
bullying akan meningkat. Kekuatan tekanan sosial, kebutuhan untuk menonjol di
antara teman-teman mereka, dan keinginan untuk merasa kuat dan berkuasa
seringkali menjadi pendorong perilaku pelaku bullying. 3. Memasang CCTV di Areal Sekolah : Memasang
CCTV di lembaga pendidikan adalah langkah yang bijaksana dalam menjaga
keamanan dan mencegah kasus bullying. CCTV merupakan salah satu alat yang
efektif untuk memantau area sekolah secara konstan. Keberadaan CCTV
memungkinkan pihak sekolah untuk mengawasi aktivitas di area sekolah secara
real-time. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar