PENDALAMAN MATERI
NO | BUTIR REFLEKSI | RESPON/JAWABAN |
1 | Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB | A. Konsep Keilmuan PAI 1. Hakikat Pendidikan Agama Islam 2. Sumber Ajaran Islam Ayat-ayat kauniyah, al-Qur'an, dan Hadits menunjukkan fitrah manusia beragama (al-Rum:30 dan Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim), pentingnya pendidikan agama bagi manusia (seperti dalam Q.S. al-Tahrim: 6 tentang kewajiban pendidikan keluarga; Q.S. al-‘Alaq: 1-5 tentang kewajiban belajar), dan komponen pendidikan Islam (seperti dalam Q.S. al-Nahl:125 tenta 3. Pokok-pokok (Inti) Ajaran Islam Jika diidentifikasi, ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut: a. Al-Qur’an dan Hadits b. Aqidah c. Akhlak d. Fiqih Pendidikan Agama Islam merupakan bidang ilmu yang dikembangkan dari pokok agama Islam (al-Qur’an dan Hadis, aqidah, akhlak, fiqih) pada tataran idea, dan dan sejarah peradaban Islam, pada tataran aktual. Pendidikan Agama Islam adalah diwujudkan antara iman, Islam, dan ihsan a. Hubungan manusia dengan Allah Swt. b. Hubungan manusia dengan diri sendiri. c. Hubungan manusia dengan sesame. muatan pendidikannya, PAI adalah bidang ilmu pokok yang terdiri dari Pokok Ajaran Islam: Iman, Islam, Ihsan, Qur'an, Hadits, Aqidah, Akhlak, dan Fiqh. Bidang ilmu ini bergabung dengan bidang ilmu lain dengan tujuan untuk mengembangkan moral dan kepribadian siswa. Oleh karena itu, tujuan PAI adalah untuk membentuk siswa yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., memiliki budi pekerti yang luhur (akhlak yang mulia), dan memahami 4. Pendidikan Islam Menurut A. Tafsir, pendidikan Islam terdiri dari empat bidang penelitian: sejarah pendidikan, filsafat pendidikan, ilmu pendidikan, dan manajemen pendidikan. Sejarah pendidikan Islam adalah penelitian tentang peristiwa dan fakta tentang pendidikan Islam dari zaman Rasulullah SAW hingga saat ini. dimaksudkan untuk digunakan sebagai ibrah (pelajaran) dan sebagai contoh atau model untuk pendidikan masa kini. Filsafat pendidikan Islam adalah kajian filosofis tentang hakikat pendidikan Islam; ilmu pendidikan Islam adalah kajian tentang teori-teori pendidikan Islam yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam praktik pendidikan Islam; dan manajemen pendidikan Islam adalah kajian tentang cara mengatur pelaksanaan pendidikan Islam dengan cara yang sesuai dengan dasar-dasar ajaran Islam. B. Tujuan Pendidikan Agama Islam Tujuan pendidikan agama ini sejalan dengan rumusan tujuan pendidikan Islam yang dibuat oleh beberapa ahli pendidikan Islam. Menurut buku Abdurrahman Saleh Abdullah "Pendidikan Teori a Qur'anic Outlook", tujuan pendidikan Islam yaitu untuk membangun kepribadian khalifah. Tuhan Allah SWT... Menurut al-Ghazali, tujuan pendidikan agama Islam adalah dua: kesempurnaan manusia, yang akan membawa mereka dekat dengan Allah. Kedua, kesempatan bagi manusia, yang akan membawa mereka ke kebahagiaan dunia dan akhirat. Kesempurnaan yang dimaksud adalah keserasian antara sejumlah hal, seperti: (1) Kekuatan ilmu, yang berarti bahwa ilmu dapat dengan mudah membedakan antara kebenaran dan kebohongan dalam perkataan dan tindakan. (2) Kekuatan Ghadab (marah), yaitu ketika Ghadab dikontrol dan diatur; dan (3) Kekuatan sahwat (keinginan), yaitu ketika diatur sesuai dengan akal dan syara' (agama). C. Ruang Lingkup Keilmuan Pendidikan Agama Islam Dilihat dari segi pembahasannya adalah sebagai berikut. a. b. c. Keimanan (Aqidah) Keimanan meliputi tentang aspek kepercayaan, dalam hal ini tentunya kepercayaan menurut ajaran Islam, adalah tentang rukun Iman. d. e. f. D. Tingkat Kompetensi dan Lingkup Materi setiap Elemen Keilmuan a. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual; b. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial; c. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan d. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
|
2 | Daftar materi pada KB yang sulit dipahami | Adapun materi yang sulit dipahami adalah cara merancang pembelajaran efektif mengenai ruang lingkup materi PAI untuk pendidikan anak usia Sekolah Dasar. |
3 | Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran | Materi yang sering terjadi miskonsepsi adalah, bahwa ruang lingkup kelimuan PAI adalah sesuatu yang hanya diterapkan oleh pesantren-pesantren, namun pada hakekatnya struktur keilmuan PAI diterapkan disetiap pelajaran Agama Islam disekolah-sekolah umum namun, materinya tercakup dalam satu Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memiliki mater-materi esensial mengenai seluruh aspek keilmuan namun tidak dipisahkan dalam beberapa modul seperti pada sekolah Madrasah ataupun Pesantren. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar