- PENDALAMAN MATERI
NO | BUTIR REFLEKSI | RESPON/ JAWABAN |
1 | Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB | 1. Perkembangan didefinisikan sebagai peningkatan kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diprediksi Perkembangan sebuah proses perubahan atau pertumbuhan yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan, seperti individu, masyarakat, teknologi, dan ilmu pengetahuan... 2. pertumbuhan fisik, adalah pertumbuhan biologis (biological growth). Pertumbuhan fisik mencakup perubahan dalam tubuh, cara individu menggunakan tubuhnya, dan kemampuan fisik. Pertumbuhan fisik adalah proses yang dialami oleh tubuh manusia dari waktu ke waktu. Ini mencakup pertumbuhan tubuh dalam ukuran dan massa, serta pembentukan struktur dan fungsi organ-organnya. Perkembangan fisik individu meliputi empat aspek, yaitu : a. Sistem syaraf. b. Otot-otot. c. Kelenjar endokrin. d. Struktur fisik/tubuh. 3. Perkembangan psikomotor mengacu pada perkembangan kemampuan untuk mengontrol gerakan tubuh melalui interaksi yang teratur antara otot dan saraf pusat. 4. Keterampilan motorik dibagi dua jenis, yaitu : a. Keterampilan motoric halus. b. Keterampilan motorik kasar. B. Karakteristik Perkembangan Fisik dan Psikomotorik Peserta Didik 1. Perbedaan antara gambaran perubahan-perubahan fisik berdasarkan jenis kelamin laki-laki dengan perempuan, a. Pertumbuhan tulang-tulang wanita termasuk pertumbuhan badan, pertumbuhan anggota tubuh menjadi panjang, pertumbuhan payudara, pertumbuhan bulu halus berwarna gelap di kemaluan, mencapai ketinggian maksimum setiap tahun, bulu kemaluan menjadi keriting, menstruasi atau haid, dan pertumbuhan ketiak. b. pada anak laki-laki pertumbuhan tulang tulang serta termasuk pertumbuhan testis yang membesar, pertumbuhan bulu kemaluan yang halus, lurus, dan berwarna gelap, awal perubahan suara, ejakulasi, dan bulu kemaluan menjadi keriting. Pertumbuhan tinggi badan mencapai puncaknya setiap tahun, pertumbuhan rambut halus di wajah, rambut ketiak, akhir perubahan suara, rambut di wajah bertambah tebal dan gelap, dan pertumbuhan rambut di dada. 2. Karakteristik perkembangan fisik siswa berdasarkan rentang usia : a. Karakteristik perkembangan fisik pada masa kanak-kanak 0-5 tahun - Mulai mampu melakukan berbagai gerakan dasar dengan lebih baik - Tangan dan kaki tumbuh secara proporsional - Meningkatkan koordinasi gerak dan keseimbangan b. Karakteristik perkembangan fisik pada masa anak usia 5-11 tahun - Perkembangan waktu reaksi lebih lambat dibanding masa kanak-kanak - Koordinasi mata berkembang dengan baik - Masih belum mengembangkan otot-otot kecil - Kesehatan umum relatif tidak stabil dan mudah sakit, rentan dan daya tahan kurang c. Karakteristik perkembangan fisik pada masa anak Usia 8-9 tahun - koordinasi tubuh menjadi lebih baik, - ketahanan tubuh meningkat, - anak laki-laki cenderung melakukan aktivitas yang melibatkan kontak fisik, - koordinasi mata dan tangan lebih baik, - sistem peredaran darah masih lemah, - koordinasi otot dan syaraf masih kurang baik, dan - psikologi anak perempuan lebih maju satu tahun dari anak laki-laki. d. Karakteristik perkembangan fisik pada masa anak Usia 10-11 tahun - Kekuatan anak laki laki lebih kuat dari wanita - Kenaikan tekanan darah dan metabolisme yang tajam - Wanita mulai mengalami kematangan seksual (12 tahun) - Lelaki hanya 5% yang mencapai kematangan seksual. e. Karakteristik perkembangan fisik pada masa remaja - Perkembangan, kekuatan, ketahanan, dan organ seksual - Pertumbuhan berat dan tinggi badan yang cepat - Pertumbuhan tanda-tanda seksual primer maupun tanda-tanda seksual sekunder - Timbulnya hasrat seksual yang tinggi (masa puberitas) f. Karakteristik perkembangan fisik pada masa dewasa - Kemampuan fisik pada masa dewasa pada setiap individu menjadi sangat bervariasi seiring dengan pertumbuhan fisik - Laki-laki cenderung lebih baik kemampuan fisiknya dan gerakannya lebih terampil - Pertumbuhan mencapai titik maksimal, pertumbuhan fisik mulai terhenti sehingga hasil dari pertumbuhan ini menentukan kemampuan fisik. 3. Karakteristik perkembangan psikomotorik terhjadi perubahan dan perbedaan setiap tahun atau fase perkembangan yang ada, adalah : a. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa anak usia 3 tahun - Tidak dapat berhenti dan berputar secara tiba-tiba atau secara cepat, - Dapat melompat 15-24 inchi - Dapat menaiki tangga tanpa bantuan, dengan berganti kaki - Dapat berjingkrak. b. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa anak usia 4 tahun - Lebih baik mengendalikan gerakan berhenti, memulai, dan berputar - Bisa melompat 24 hingga 33 inchi - Bisa menuruni tangga dengan berganti kaki dan bantuan - Bisa melakukan jingkrak empat sampai enam langkah dengan satu kaki c. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa anak usia 5 tahun - Dapat melakukan gerakan start, berputar, atau berhenti secara efektif, - Dapat melompat 28-36 inchi - Dapat menuruni tangga tanpa bantuan, berganti kaki - Dapat melakukan jingkrak dengan sangat mudah. d. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa anak usia 6-12 tahun - Keuletan menolong diri sendiri. - Keuletan menolong orang lain. - Keuletan sekolah; mengembangkan berbagai keterampilan yang diperlukan. - Keuletan bermain; anak belajar keterampilan seperti melempar dan menangkap bola, naik sepeda, dan berenang. e. Karakteristik Perkembangan Psikomotorik Pada Remaja - Kemampuan psikomotorik laki laki cenderung terus meningkat dalam hal kekuatan, kelincahan, dan daya tahan - Perkembangan psikomotorik pada perempuan terhenti setelah mengalami menstruasi. f. Karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa dewasa - Pada usia dewasa keterampilan dalam hal tertentu masih dapat ditingkatkan. - Peningkatan keterampilan dalam bidang tertentu adalah ciri perkembangan psikomotorik C. Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Fisik dan Psikomotorik 1. Faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik peserta didik, yaitu: a. faktor keturunan maupun faktor lingkungan. b. Gizi c. Gangguan emosional d. Jenis kelamin e. Status sosial ekonomi f. Kesehatan g. Pengaruh bentuk tubuh bangun Serta bentuk tubuh h. perkembangan sistem syaraf (nervous system) i. Pertumbuhan dan berkembangnya otot-otot j. perubahan fungsi kelenjar endokrin k. Perubahan struktur jasmani 2. Faktor-faktor mempengaruhi perkembangan psikomotorik yang menghambat dan mendukung peningkatan potensi kemampuan psikomotorik siswa, yaitu : a. Faktor pola asuh orang tua b. Gen dari orang tua c. Pengaruh lingkungan d. Interior ruang belajar D. Implikasi Perkembangan Fisik dan Psikomotorik Peserta Didik Dalam Pembelajaran. 1. Berdasarkan karakteristik fisik dan psikomotorik siswa, guru harus memiliki kemampuan untuk mengkondisikan pembelajaran. dengan cara: a. memahami perbedaan individual, khususnya karakteristik fisik. b. orang tua dan peserta didik diingatkan pentingnya makanan bergizi untuk pertumbuhan fisik peserta didik c. Media pembelajaran bervariasi dan bisa secara langsung menstimulasi fisik dan psikomotorik anak d. Guru harusnya lebih sering memberikan stimulasi supaya mempercepat kematangan perkembangan psikomotorik peserta didik e. Guru mendorong siswa untuk menentukan pilihan sendiri yang berguna meningkatkan pertumbuhan f. Lingkungan pendidikan harus menyediakan ruang bermain bagi siswa |
2 | Daftar materi pada KB yang sulit dipahami | Setelah membaca dan mempelajari modul Perkembangan Peserta Didik KB 1 Perkembangan Fisik dan Psikomotorik Peserta Didik, saya menemukan beberapa materi yang sulit dipahami. Ini termasuk pengaruh perkembangan psikomotorik peserta didik, pola asuh orang tua, gen orang tua, dan dampak lingkungan dan ruang belajar. |
3 | Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran | Meskipun perkembangan fisik dan motorik berbeda, orang sering menganggapnya sebagai satu. Perkembangan dan pertumbuhan fisik lebih mengacu pada anggota tubuh seperti tingg badan, lebat atau tidaknya rambut, warna kulit, dll. Perkembangan dan pertumbuhan psikomotorik lebih mengacu pada keterampilan yang dimiliki, seperti kemampuan untuk melompat, berjalan, memegang, |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar