Tantangan Merancang Pembelajaran Berbasis UbD
- Melakukan identifikasi hal-hal yang belum dipahami dalam membuat rancangan pembelajaran berbasis UbD disertai tindak lanjutnya.
- Download formatnya dan isi. Lalu simpan di dalam komputer Anda.
Contoh:
Untuk memperdalam pemahaman Bapak/Ibu guru terkait prinsip UbD, pada tahap ini Bapak/Ibu guru perlu mengidentifikasi hal-hal yang belum dipahami disertai tindak lanjutnya bersama teman sejawat/kepala sekolah/pengawas. Silakan Bapak/Ibu guru menggunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi hal-hal tersebut.
Tabel 1.3 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis UbD
Langkah perencanaan pembelajaran berbasis UbD | Apa yang saya ketahui | Apa yang inginsaya ketahui | Bagaimana saya dapat mengetahuinya | Apa yang telah saya pelajari |
Menentukan tujuan pembelajaran | Mengidentifikasi sasaran dan pemahaman utama.
| Bagaimana merumuskan pertanyaan esensial yang lebih efektif?
| Membaca literatur tentang perumusan pertanyaan esensial, diskusi dengan rekan sejawat, mengikuti pelatihan.
| Pentingnya pertanyaan esensial dalam mendorong eksplorasi dan pemahaman mendalam.
|
Menentukan asesmen | Menentukan rubrik penilaian dan instrumen penilaian autentik.
| Bagaimana membuat rubrik penilaian yang lebih terperinci?
| Melihat contoh-contoh rubrik yang sudah ada, meminta saran dari pengawas atau ahli asesmen.
| Teknik merancang rubrik yang jelas dan terukur
|
Merancang kegiatan pembelajaran | Merancang aktivitas yang relevan dan berbasis active learning.
| Bagaimana mengintegrasikan aktivitas pembelajaran dengan konteks nyata secara lebih efektif?
| Mengamati praktik baik di sekolah lain, mencari referensi atau studi kasus, mengikuti workshop
| Strategi untuk membuat aktivitas pembelajaran yang terintegrasi dengan kehidupan nyata dan kebutuhan peserta didik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar