Guru Profesional
My Name Is Abdul Hendi

Kamis, 29 Agustus 2024

Tantangan Merancang Pembelajaran Berbasis UbD

Tantangan Merancang Pembelajaran Berbasis UbD

  • Melakukan identifikasi hal-hal yang belum dipahami dalam membuat rancangan pembelajaran berbasis UbD disertai tindak lanjutnya.
  • Download formatnya dan isi. Lalu simpan di dalam komputer Anda.

Contoh:

Untuk memperdalam pemahaman Bapak/Ibu guru terkait prinsip UbD, pada tahap ini Bapak/Ibu guru perlu mengidentifikasi hal-hal yang belum dipahami disertai tindak lanjutnya bersama teman sejawat/kepala sekolah/pengawas. Silakan Bapak/Ibu guru menggunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi hal-hal tersebut.

Tabel 1.3 Elaborasi Pemahaman Merancang Pembelajaran Berbasis UbD

 

Langkah perencanaan pembelajaran berbasis UbD

 

Apa yang saya ketahui

 

Apa yang inginsaya ketahui

 

Bagaimana saya dapat mengetahuinya

 

Apa yang telah saya pelajari

 

Menentukan tujuan pembelajaran

Mengidentifikasi sasaran dan pemahaman utama.

 

Bagaimana merumuskan pertanyaan esensial yang lebih efektif?

 

Membaca literatur tentang perumusan pertanyaan esensial, diskusi dengan rekan sejawat, mengikuti pelatihan.

 

Pentingnya pertanyaan esensial dalam mendorong eksplorasi dan pemahaman mendalam.

 

 

Menentukan asesmen

Menentukan rubrik penilaian dan instrumen penilaian autentik.

 

Bagaimana membuat rubrik penilaian yang lebih terperinci?

 

Melihat contoh-contoh rubrik yang sudah ada, meminta saran dari pengawas atau ahli asesmen.

 

Teknik merancang rubrik yang jelas dan terukur

 

 

Merancang kegiatan pembelajaran

Merancang aktivitas yang relevan dan berbasis active learning.

 

Bagaimana mengintegrasikan aktivitas pembelajaran dengan konteks nyata secara lebih efektif?

 

Mengamati praktik baik di sekolah lain, mencari referensi atau studi kasus, mengikuti workshop

 

Strategi untuk membuat aktivitas pembelajaran yang terintegrasi dengan kehidupan nyata dan kebutuhan peserta didik.

 


Tidak ada komentar:

PTK PRASIKLUS

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MAKE A MATCH MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN PADA SISWA K...