Guru Profesional
My Name Is Abdul Hendi

Selasa, 13 Agustus 2024

PBL/PJBL evaluasi Pemebelajaran

PROBLEM BASED LEARNING

 

 

Nama                                    : ABDUL HENDI, S.Pd.I

Kelas                                     : A K1 20241

Modul                                   : EVALUASI PEMBELAJARAN

Tugas                                    : PROBLEM BASED LEARNING

Dosen Pengampuh         : Dr. HARTATIANA,M.Pd

Judul masalah                    : MENINGKATKAN PEMAHAMAN SOSIAL  SISWA  TERHADAP

   PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SD NEGERI 6 PENUKAL

   MELALUI PEMBELAJARAN QS AL-MUJADILAH : 11 DAN QS AL-ISRO : 7

 

No

Jenis Tugas

Diskripsi

1

PBL

 

1.

Eksplorasi penyebab masalah

 

Berdasarkan Kajian Literatur yang sudah penulis lakukan pada modul sebelumnya maka eksplorasi penyebab masalah antara lain :

1.       Salah satu fenomena yang mempengaruhi cara belajar dan mengajar adalah media sosial.

2.       Penggunaan media sosial dalam konteks pendidikan menimbulkan banyak diskusi dan perdebatan. Sebagian orang melihatnya sebagai cara inovatif dan menarik untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sementara yang lain khawatir tentang efek negatifnya, seperti gangguan, privasi, dan risiko keamanan..

3.       Kesenjangan digital juga menjadi tantangan dalam penggunaan media sosial dalam pembelajaran. Tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi dan konektivitas internet. Hal ini dapat menciptakan kesenjangan dalam aksesibilitas dan partisipasi siswa dalam penggunaan media sosial dalam pembelajaran. Penting bagi lembaga pendidikan untuk mempertimbangkan kesenjangan ini dan menyediakan sumber daya yang diperlukan bagi siswa. meningkatkan interaksi berkomunikasi, mendapatkan informasi dan mengembangkan kemampuan penggunaan teknologi. Hasil penelitian ini juga memperlihatkan dampak negatif penggunaan media sosial yaitu remaja memiliki risiko depresi Facebook, cyberbullying dan juga dapat mengakibatkan terjadinya pelecehan seksual secara online. Masa remaja saat ini dengan penggunaan media sosialnya sangat perlu diperhatikan.

2

Penjelasan tentang penyebab paling dominan yang menimbulkan terjadinya masalah, yang meliputi:

 

 

Apa (penyebab yang paling dominan, dan fenomena-fenomenanya)?

Dengan adanya internet dan informasi begitu  cepat menyebar, banyak yang menggunakan media sosial :

1.       Siswa yang  menjadi pengguna aktif dalam mengerakkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dan yang menjadi dalang utama yang aktif adalah pelajar dan mahasiswa. Giatnya manusia bermain media sosial sering diibaratkan akar pohon yang mengikat  tubuh manusia untuk tidak melepaskan ponselnya.

2.       Dari hasil Pengamatan penulis di SD Negeri 6 Penukal diperoleh bahwa banyak sekali siswa pengguna media sosial di SD Negeri 6 Penukal menggunakan Handphone yang menggunkannya sebagai bahan informasi dan Komunikasi serta pembelajaran dan itu berakibat menjadi pengaruh besar dalam pemebelajaran mereka, mereka cendrung menggunakan Handphone untuk Bermain Game.

3.       Dulunya  tenaga pendidik seperti guru, dosen tidak begitu memperhatikan media sosial, tetapi sekarang  mereka  harus  menggunakan  medsos  untuk  tetap  menjalankan  program  pembelajaran kurikulum. 

4.       Dari beberapa  hasil  penelitian  yang dapat penulis peroleh  bahwa  dikarenakan masa pemerintah menerbitkan kebijakan (Pembatasan Sosial Berskala Besar ) PSBB yang menyebabkan adanya pembatasan disemua kegiatan. Baik itu  pembatasan  bekerja dari  rumah, sekolah dan  kuliah dirumah,  fasilitas umum  dibatasi digunakan, dan pembatasan lain yang menyebabkan perkumpulan. Sehingga dengan adanya  kebijakan tersebut,  salah satu  cara agar  semua  sektor dapat  berjalan yaitu  hanya  dengan  memanfaatkan  media  sosial  sehingga  menyebabkan  semakin  meluas  dan  meningkatnya

5.       Tenaga pendidik seperti guru, dosen tidak begitu  memperhatikan  media  sosial, tetapi  sekarang  mereka  harus  menggunakan medsos untuk tetap menjalankan program pembelajaran kurikulum K13 atau IKM. Kegiatan belajar mengajar yang  semuanya  dilakukan  lewat  daring  sehingga  yang  menjadi  ladang  sumber  ilmu pengetahuan adalah media sosial seperti youtube, whatsapp dan masih banyak lagi. Tugas maupun ujiannya  pun melalui layar  kaca.

 

 Mengapa (penyebab tersebut dianggap paling dominan)?

           Karena Dalam  pembelajaran  yang  semuanya  dilakukan lewat daring sehingga yang menjadi ladang sumber ilmu pengetahuan adalah media sosial seperti youtube, whatsapp dan masih banyak lagi. Tugas maupun ujiannya pun melalui layar  kaca. Media  sosial  yang dulu  dianggap  sebagai sumber  masalah  belajar. Sekarang menjadi wadah kebutuhan murid memperoleh ilmu dari guru.

             Pembelajaran menggunakan  media sosial adalah  karena  kondisi  sosial  psikologi.  Ditengah  pembelajaran  serba  online  ini menyebabkan banyak pelajar atau mahasiswa mengalami stress, depresi dan masalah sosial psikologi lainnya dikarenakan banyaknya tugas dan masalah lainnya.

 

Bagaimana (penyebab tersebut dapat mengakibatkan terjadinya masalah)?


Dalam  era  digital  yang  terus  berkembang,  penggunaan  media  sosial  dalam  proses

pembelajaran  di  sekolah  dapat  menjadi  alat  yang  efektif  untuk  meningkatkan  kualitas

pembelajaran. Namun, penggunaan media sosial juga memiliki tantangan yang perlu diatasi.

Dalam  konteks  pendidikan,  penting  bagi  pendidik  dan  lembaga  pendidikan  untuk

memahami manfaat dan tantangan penggunaan media sosial, serta mengadopsi strategi yang

tepat  dalam  mengintegrasikan  media  sosial  dalam  pembelajaran  di  sekolah.  Dengan

demikian,  penggunaan  media  sosial  dapat  menjadi  sumber  daya  yang  berharga  dalam

Dalam  era  digital  yang  terus  berkembang,  penggunaan  media  sosial  dalam  proses

pembelajaran  di  sekolah  dapat  menjadi  alat  yang  efektif  untuk  meningkatkan  kualitas

pembelajaran. Namun, penggunaan media sosial juga memiliki tantangan yang perlu diatasi.

Dalam  konteks  pendidikan,  penting  bagi  pendidik  dan  lembaga  pendidikan  untuk

memahami manfaat dan tantangan penggunaan media sosial, serta mengadopsi strategi yang

tepat  dalam  mengintegrasikan  media  sosial  dalam  pembelajaran  di  sekolah.  Dengan

demikian,  penggunaan  media  sosial  dapat  menjadi  sumber  daya  yang  berharga  dalam

            Meskipun media sosial memiliki potensi yang besar dalam pembelajaran, ada beberapa tantangan yang dapat timbul dalam mengintegrasikan media sosial ke dalam konteks pembelajaran. Berikut adalah beberapa tantangan (Penyebab yang dapat menyebabkan masalah)

1.)    Tantangan: Keterbatasan Akses dan Infrastruktur 

Tidak semua siswa memiliki akses yang seragam ke media sosial atau infrastruktur teknologi yang memadai, seperti koneksi internet yang stabil atau perangkat yang memadai. Hal ini dapat menciptakan kesenjangan akses yang mempengaruhi kesempatan pembelajaran yang setara.

2.)    Tantangan: Keamanan dan Privasi

Penggunaan media sosial dalam pembelajaran juga melibatkan masalah keamanan dan privasi. Informasi pribadi siswa dapat terpapar atau disalahgunakan jika tidak dikelola dengan baik. Selain itu, risiko penyalahgunaan atau pelecehan online juga perlu diatasi.

3.)    Tantangan: Mengelola Gangguan dan Konten Tidak Pantas

         Media sosial dapat menjadi tempat yang terbuka untuk konten yang tidak pantas atau mengganggu. Dalam konteks pembelajaran, tugas guru adalah memastikan bahwa lingkungan media sosial yang digunakan untuk pembelajaran tetap aman dan bermanfaat. 

 

 

 

Tidak ada komentar:

PTK PRASIKLUS

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MAKE A MATCH MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN PADA SISWA K...