LK.3.2.2:
PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN
FORMATIF YANG SESUAI
DENGAN KKTP
Nama :
Alpin Saputra
Bidang Studi : PAI /
Fase B (kelas 4)
Tujuan Pembelajaran (TP): Menjelaskan keragaman sebagai sunnatullah agar saling
mengenal dengan benar
KKTP dengan Interval
Nilai :
Kriteria Ketuntasan |
Interval Nilai*) |
||
0-40 |
41-70 |
71-100 |
|
Mampu memahami dan menjelaskan
indahnya saling menghargai dalam keragaman |
Belum mampu memahami dan menjelaskan
indahnya saling menghargai dalam keragaman |
Mampu memahami indahnya saling
menghargai dalam keragaman |
Mampu memahami dan
menjelaskan indahnya saling
menghargai dalam keragaman |
Mampu membuat gambar
tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman |
Belum mampu membuat gambar
tentang indahnya saling
menghargai dalam keragaman |
Mampu membuat gambar
tentang indahnya saling
menghargai dalam keragaman tetapi kurang sesuai dengan materi |
Mampu membuat gambar
tentang indahnya saling
menghargai dalam keragaman |
Mampu membuat produk berupa gambar
buatan sendiri |
Belum mampu membuat produk
berupa gambar buatan sendiri |
Mampu membuat produk
berupa gambar buatan
sendiri tetapi masih meniru
hasil karya orang
lain |
Mampu membuat produk
berupa gambar buatan
sendiri |
*) Interval nilai
dapat disesuaikan dengan
kebutuhan kelas
LK.3.2.2:
PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN
FORMATIF YANG SESUAI
DENGAN KKTP
Nama : Alpin Saputra
Bidang Studi : PAI /
Fase B (kelas 4)
Tujuan Pembelajaran (TP) : Menjelaskan keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal dengan benar
KKTP : menggunakan kriteria deskripsi
Teknik Asesmen : Penilaian proses, observasi sikap, performa
berupa
presentasi dan menampilkan hasil
karya di dalam kelas, keterampilan
dan pengetahuan selama peserta didik mengetahui indahnya
saling menghargai dalam keragaman
Kisi-kisi Asesmen :
Kisi-kisi Instrumen Penilaian
No |
Indikator |
Jenis |
Bobot |
Nomor Soal |
1 |
Menjelaskan indahnya saling
menghargai dalam keragaman |
Praktik |
25 |
1 |
2 |
Memahami ajaran kebaikan Islam
dan selain Islam dengan benar |
Praktik |
25 |
2 |
3 |
Sikap saling menghormati dan
menghargai pemeluk agama yang
berbeda, baik di lingkungan
sekolah maupun di lingkungan tempat
tinggalnya dengan benar |
Praktik |
25 |
3 |
4 |
Menyebutkan ajaran kebaikan dari agama Islam dan agama selain Islam dengan tepat |
Praktik |
25 |
4 |
Instrumen Asesmen :
Aktivitas Pembelajaran 1 :
Panduan penilaian kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah nilai yang diperoleh kelompok |
||
Ketertiban |
Kerjasama |
Penampilan |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kerjasama yang baik, percaya
diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib, kerjasama, percaya
diri |
3 |
2 |
Cukup |
Sebagian anggota
kelompok tertib, kerjasama, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok
tertib, kerjasama, kurang percaya diri |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100 12
Penilaian Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Redaksi pertanyaan |
Ketepatan jawaban |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat
baik |
Semua jawaban benar/tepat, jelas |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar, jelas |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, jelas |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil
jawaban benar, kurang jelas |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100 16
Pedoman skor
Skor yang diperoleh x100 70
Penilaian kinerja kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Redaksi pertanyaan |
Ketepatan jawaban |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat Baik |
Semua jawaban
benar/tepat, jelas. |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar
jawaban benar, jelas. |
3 |
4 |
Cukup |
Sebagian jawaban benar, jelas |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil
jawaban kurang benar,
kurang jelas |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang
diperoleh x100
12
Penilaian Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
|
|
Ketepatan jawaban berdasar materi
pelajaran |
Estetika (nilai
seni) Pajangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat
baik |
Semua jawaban
benar/tepat, jelas |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar, jelas |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, jelas |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil
jawaban benar, jelas |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang
diperoleh x100
16
Aktivitas Pembelajaran 3 :
Panduan penilaian
kerja kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kerjasama |
Penampilan |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kerjasama, percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok
tertib, kerjasama, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kerjasama, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok
tertib, kerjasama, kurang percaya diri |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang
diperoleh x100
Penilaian hasil kerja kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Redaksi pertanyaan |
Ketepatan jawaban |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat Baik |
Semua jawaban
benar/tepat, jelas. |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar
jawaban benar, jelas. |
3 |
4 |
Cukup |
Sebagian jawaban
benar, jelas |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil
jawaban kurang benar,
kurang jelas. |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang
diperoleh x100
16
No |
Kriteria Ketuntasan |
Interval Nilai |
||
(Perlu Bimbingan) 0-40 |
(Cukup Baik) 41-70 |
(Baik) 71-100 |
||
1. |
Menjawab
Tes Tertulis |
Belum tuntas ( diperlukan remedial seluruhnya |
Belum mencapai ketuntasan remedial di bagian tertentu |
Tuntas tidak memerlukan
remedial |
Rubrik Penilaian :
No |
Indikator |
Skor |
|||
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Bimbingan |
||
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam keragaman |
|
|
|
|
2 |
Memahami ajaran kebaikan Islam
dan selain Islam
dengan benar |
|
|
|
|
3 |
Sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama
yang berbeda, baik di lingkungan sekolah maupun
di lingkungan tempat tinggalnya dengan benar |
|
|
|
|
4 |
Menyebutkan ajaran kebaikan dari
agama Islam dan agama selain Islam dengan tepat |
|
|
|
|
LK-3.2.3: PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN
SUMATIF YANG SESUAI
DENGAN KKTP
Nama : Alpin Saputra
Bidang Studi : PAI /
Fase B (kelas 4)
Tujuan Pembelajaran (TP) : Menjelaskan keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal dengan benar
KKTP : menggunakan kriteria interval nilai
Teknik Asesmen : tes tertulis (uraian)
Kisi-kisi Asesmen :
Instrumen Asesmen :
Rubrik Penilaian :
Soal
uraian
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Keragaman dan perbedaan manusia
adalah sunatulloh agar kita saling
mengenal. Jelaskan dua perbuatan
yang mencerminkan perilaku saling mengenal!
2. Bacalah dan pahami potongan hadits berikut
4. Tulislah satu contoh
toleransi yang dilakukan oleh Rasululloh SAW!
5. Apa Batasan toleransi antar umat beragama?
Kunci Jawaban
Uraian
Pedoman
skor
No |
Jawaban |
Skor |
1 |
1.
Saling gotong
royong di lingkungan sekitar 2. Berteman dengan sesame
manusia |
20 |
2 |
Kebaikan adalah
akhlak mulia |
20 |
3 |
Dengan tolong
menolong ini kita
bisa mendapatkan kemudahan dan juga memberikan kemudahan bagi
orang lain |
20 |
4 |
Nabi Muhammad
SAW menyuapi setiap hari seorang pengemis tua Yahudi yang tunanetra dan
tinggal di sudut pasar Madinah. Dan pengemis tua itu selalu memanggil Nabi
Muhammad SAW orang yang jahat dan harus dijauhi. Hingga suatu saat ada yang
menggantikan yaitu tangan Abu Bakar, pengemis tua itu terkejut karena tangannya
berbeda. Lalu Abu Bakar bercerita bahwa yang selalu menyuapinya
adalah Nabi Mauhammad SAW dan beliau telah wafat. |
20 |
5 |
Bila
mengenai ibadah |
20 |
Jumlah |
100 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar