Guru Profesional
My Name Is Abdul Hendi

Sabtu, 24 Agustus 2024

LK.3.2.2: PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN FORMATIF YANG SESUAI DENGAN KKTP

 

LK.3.2.2: PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN FORMATIF YANG SESUAI DENGAN KKTP

Nama                                               : Alpin Saputra

Bidang Studi                                  : PAI / Fase B (kelas 4)

Tujuan Pembelajaran (TP): Menjelaskan keragaman sebagai sunnatullah agar saling

mengenal dengan benar

KKTP dengan Interval Nilai                                                                                                                            :

 

 

Kriteria Ketuntasan

Interval Nilai*)

0-40

41-70

71-100

Mampu memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam keragaman

Belum mampu memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai

dalam keragaman

Mampu memahami indahnya saling menghargai dalam keragaman

Mampu memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai dalam

keragaman

Mampu membuat gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman

 

 

Belum mampu membuat gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman

Mampu membuat gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman tetapi kurang sesuai dengan

materi

Mampu membuat gambar tentang indahnya saling menghargai dalam keragaman

 

 

 

 

Mampu membuat produk berupa gambar buatan sendiri

Belum mampu membuat produk berupa gambar buatan sendiri

Mampu membuat produk berupa gambar buatan sendiri tetapi

masih meniru hasil karya orang lain

Mampu membuat produk berupa gambar buatan sendiri

*) Interval nilai dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas

 

                                                                                                                               


LK.3.2.2: PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN FORMATIF YANG SESUAI DENGAN KKTP

Nama                                                        : Alpin Saputra

Bidang Studi                                           : PAI / Fase B (kelas 4)

Tujuan Pembelajaran (TP)                     : Menjelaskan keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal dengan benar

KKTP                                                       : menggunakan kriteria deskripsi

Teknik Asesmen                                     : Penilaian proses, observasi sikap, performa berupa

presentasi dan menampilkan hasil karya di dalam kelas, keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik mengetahui indahnya saling menghargai dalam keragaman

Kisi-kisi Asesmen                                  :

Kisi-kisi Instrumen Penilaian

 

No

Indikator

Jenis

Bobot

Nomor Soal

1

Menjelaskan indahnya saling menghargai dalam

keragaman

Praktik

25

1

2

Memahami ajaran kebaikan Islam dan selain Islam

dengan benar

Praktik

25

2

3

Sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya dengan

benar

Praktik

25

3

4

Menyebutkan ajaran kebaikan dari agama Islam

dan agama selain Islam dengan tepat

Praktik

25

4

 

Instrumen Asesmen                                 :

Aktivitas Pembelajaran 1 :

Panduan penilaian kerja Kelompok

 

 

No

 

Nama Kelompok

Aspek Penilaian

Jumlah nilai

yang diperoleh kelompok

Ketertiban

Kerjasama

Penampilan

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

 

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

4

Sangat Baik

Semua anggota kelompok tertib, kerjasama yang baik, percaya diri

2

3

Baik

Sebagian        besar       anggota       kelompok tertib, kerjasama, percaya diri

3

2

Cukup

Sebagian anggota kelompok tertib, kerjasama, percaya diri

4

1

Kurang

Sebagian        kecil       anggota        kelompok tertib, kerjasama, kurang percaya diri

 

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100 12

Penilaian Hasil Kerja Kelompok

 

 

No

 

Nama Kelompok

Aspek penilaian

 

Jumlah Nilai

Redaksi pertanyaan

Ketepatan jawaban

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Pedoman Skor

 

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

8

Sangat baik

Semua jawaban benar/tepat, jelas

2

6

Baik

Sebagian besar jawaban benar, jelas

3

4

Cukup

Separuh jawaban benar, jelas

4

2

Kurang

Sebagian kecil jawaban benar, kurang jelas

 

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100 16

Pedoman skor

Skor yang diperoleh x100 70

Penilaian kinerja kelompok

 

 

No

 

Nama Kelompok

Aspek Penilaian

 

Jumlah

Nilai

Redaksi pertanyaan

Ketepatan

jawaban

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

 

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

8

Sangat Baik

Semua jawaban benar/tepat, jelas.

2

6

Baik

Sebagian besar jawaban benar, jelas.

3

4

Cukup

Sebagian jawaban benar, jelas

4

2

Kurang

Sebagian kecil jawaban kurang benar, kurang jelas

 

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

12

Penilaian Hasil Kerja Kelompok

 

No

Nama Kelompok

Aspek Penilaian

Jumlah Nilai

 

 

Ketepatan                       jawaban berdasar materi pelajaran

Estetika (nilai seni)

Pajangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

 

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

8

Sangat baik

Semua jawaban benar/tepat, jelas

2

6

Baik

Sebagian besar jawaban benar, jelas

3

4

Cukup

Separuh jawaban benar, jelas

4

2

Kurang

Sebagian kecil jawaban benar, jelas

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

16

Aktivitas Pembelajaran 3 :

Panduan penilaian kerja kelompok

 

 

No

Nama Kelompok

Aspek Penilaian

Jumlah

Nilai

Ketertiban

Kerjasama

Penampilan

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

 

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

4

Sangat Baik

Semua         anggota        kelompok          tertib, kerjasama, percaya diri

2

3

Baik

Sebagian        besar      anggota       kelompok tertib, kerjasama, percaya diri

3

2

Cukup

Separuh        anggota       kelompok         tertib, kerjasama, percaya diri

4

1

Kurang

Sebagian        kecil       anggota       kelompok tertib, kerjasama, kurang percaya diri

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

Penilaian hasil kerja kelompok

 

 

No

 

Nama Kelompok

Aspek Penilaian

 

Jumlah

Nilai

Redaksi pertanyaan

Ketepatan

jawaban

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Skor

 

No

Skor

Predikat

Kriteria

1

8

Sangat Baik

Semua jawaban benar/tepat, jelas.

2

6

Baik

Sebagian besar jawaban benar, jelas.

3

4

Cukup

Sebagian jawaban benar, jelas

4

2

Kurang

Sebagian kecil jawaban kurang benar, kurang jelas.

 

Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100

16

 

 

No

Kriteria Ketuntasan

Interval Nilai

(Perlu Bimbingan)

0-40

(Cukup Baik)

41-70

(Baik)

71-100

1.

Menjawab Tes Tertulis

Belum tuntas ( diperlukan remedial seluruhnya

Belum              mencapai

ketuntasan remedial di bagian tertentu

Tuntas tidak

memerlukan remedial

 

Rubrik Penilaian                                        :

 

No

Indikator

Skor

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan

4

3

2

1

1

Memahami dan menjelaskan indahnya saling menghargai

dalam keragaman

 

 

 

 

2

Memahami ajaran kebaikan Islam dan selain Islam dengan

benar

 

 

 

 

3

Sikap saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan

tempat tinggalnya dengan benar

 

 

 

 

4

Menyebutkan ajaran kebaikan dari agama Islam dan agama

selain Islam dengan tepat

 

 

 

 

 

 

 

LK-3.2.3: PENYUSUNAN INSTRUMEN ASESMEN SUMATIF YANG SESUAI DENGAN KKTP

 

 

Nama                                                        : Alpin Saputra

Bidang Studi                                           : PAI / Fase B (kelas 4)

Tujuan Pembelajaran (TP)                     : Menjelaskan keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal dengan benar

KKTP                                                       : menggunakan kriteria interval nilai

Teknik Asesmen                                     : tes tertulis (uraian)

Kisi-kisi Asesmen                                  :

Instrumen Asesmen                               :

Rubrik Penilaian                                      :

 

Soal uraian

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1.      Keragaman dan perbedaan manusia adalah sunatulloh agar kita saling mengenal. Jelaskan dua perbuatan yang mencerminkan perilaku saling mengenal!

2.      Bacalah dan pahami potongan hadits berikut

 3.      Mengapa semua agama menganjurkan untuk saling menolong?

4.      Tulislah satu contoh toleransi yang dilakukan oleh Rasululloh SAW!

5.      Apa Batasan toleransi antar umat beragama?

 

 


Kunci Jawaban Uraian

Pedoman skor

 

No

Jawaban

Skor

1

1.      Saling gotong royong di lingkungan sekitar

2.      Berteman dengan sesame manusia

20

2

Kebaikan adalah akhlak mulia

20

3

Dengan tolong menolong ini kita bisa mendapatkan kemudahan dan juga

memberikan kemudahan bagi orang lain

20

4

Nabi Muhammad SAW menyuapi setiap hari seorang pengemis tua Yahudi yang tunanetra dan tinggal di sudut pasar Madinah. Dan pengemis tua itu selalu memanggil Nabi Muhammad SAW orang yang jahat dan harus dijauhi. Hingga suatu saat ada yang menggantikan yaitu tangan Abu Bakar, pengemis tua itu terkejut karena tangannya berbeda. Lalu Abu Bakar bercerita bahwa yang selalu

menyuapinya adalah Nabi Mauhammad SAW dan beliau telah wafat.

20

5

Bila mengenai ibadah

20

Jumlah

100


 

Tidak ada komentar:

Dompet Hp Di sini Murah

https://s.shopee.co.id/3AvxnzJjGN