LK-3.1.1: Penyusunan Instrumen Asesmen
Awal Siswa (Entering behavior)
Petunjuk:
Buatlah angket atau pedoman wawancara yang menggali data tentang
gambaran awal (entering behavior) peserta didik!
Nama Siswa :
Kelas :
Jenis Kelamin :
No |
Elemen |
Daftar Pertanyaan
(Wawancara/ Angket) |
|
1. |
Latar Belakang
Keluarga |
1. |
Berasal dari daerah
mana orang tua ananda? |
2. |
Apa pekerjaan
orang tua ananda? |
||
3. |
Adakah agama lain
selain Islam di keluarga ananda? |
||
2. |
Potensi yang
menonjol/Prestasi siswa sebelumnya |
1. |
Apa yang pandai
ananda lakukan di sekolah dalam hal Agama ? |
2. |
Apakah kamu pernah ikut kegiatan ekstrakurikuler disekolah ? (Sebutkan
jika ada) |
||
3. |
|||
3. |
Hambatan anak
dalam belajar |
1. |
|
2. |
Apakah ada mata pelajaran tertentu yang membuatmu merasa sulit? |
||
3. |
Apakah ada sesuatu di rumah yang membuatmu kesulitan untuk fokus pada
belajar? |
||
4 |
Motivasi
Belajar |
1 |
Apa motivasi
Belajar ananda? |
2 |
Mata pelajaran
/ Materi apa yang anda Senangi? |
||
3 |
Apakah Orang
tua ananda selalu memberikan motivasi ? |
||
5 |
Minat Belajar |
1 |
Bagaimana minat
anda untuk belajar PAI? |
2 |
Apakah ananda
selalu Ceria saat memulai pelajaran disekolah? |
||
3 |
Apakah ananda
merasa senang terhadap pelajaran Lain Selain PAI? |
Inputing
Data :
No. |
Nama Siswa |
Hasil Asesmen
Awal |
Latar Belakang
Keluarga |
Potensi yang Menonjol/Prestasi
Siswa Sebelumnya |
Hambatan anak
dalam Belajar |
Motivasi
Belajar |
Minat Belajar |
1. |
Alpin
Saputra |
Peserta didik
menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik
yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar |
Saya anak ketiga
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Kemampuan
membaca Al-Qur’an sudah baik v Menyukai
Olahraga v Memiliki
antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan |
Merasa sulit
mengingat pelajaran apalagi pelajaran Matematika |
Agar Bisa
meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya, Belajar tak kenal Lelah |
Saya selalu
Bersemangat untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
2. |
Agung
Brisky |
Peserta didik
menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik
yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar |
Saya anak ketiga
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam Terdiri dari ayah,ibu dan kakak dan keluarga saya sangat bahagia |
v Kemampuan
membaca Al-Qur’an cukup baik v Menyukai
Bermain v Bercita-cita
menjadi Guru |
Merasa
kesulitan dalam mengingat dan kesulitan dalam mata pelajaran matematika |
Agar Bisa
Membentuk Pribadi Islam Selalu Belajar |
Saya selalu
Bersemangat untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
3. |
Alkat |
Peserta didik
menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta didik
cenderung pasif dan menunggu arahan guru. |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam Terdiri dari ayah, ibu, adik dan aku dan merasa bahagia |
v Memiliki
kemampuan mengingat yang baik v Memiliki kemauan
dan semangat untuk bisa v Menyukai
menggambar |
Kesulitan dalam
menulis, membaca dan mata pelajaran matematika, sulit focus disekolah karena
sering berbicara sendiri |
Termotivasi
Oleh guru kami |
Saya selalu
Bersemangat untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
4. |
Asgianto |
Peserta didik
menunjukkan kemampuan belajar Independent Level (tingkat mandiri) peserta
didik kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki |
Saya anak pertama
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam Terdiri dari ayah, ibu, kakek, nenek dan saya merasa sangat bahagia |
v Memiliki bacaan
Al-Qur’an yang lancar v Memiliki
kemampuan dan semangat untuk bisa |
Merasa kelasnya
berisik dan pelajaran yang sulit yaitu matematika |
Termotivasi
Oleh guru kami karena mereka pintar |
Saya selalu
Bersemangat untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
5. |
Adiba
Ramadhani |
Peserta didik
menunjukkan kemampuan belajar Independent Level (tingkat mandiri) peserta
didik pribadi semangat dalam mengikuti pembelajaran |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Ayu, di rumah saya semua beragama
islam Terdiri, ibu kakak dan saya merasa sangat bahagia |
v Kemampuan baca
Al-Qur’an yang baik v Semangat
belajar yang tinggi |
Kesulitan dalam
konsentrasi |
Hanya ingin
bertemu guru kami |
Saya selalu Bersemangat
untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
6. |
Damarulan
|
Peserta didik
menunjukkan kemampuan belajar Independent Level (tingkat mandiri) peserta
didik pribadi semangat dalam mengikuti pembelajaran |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam Terdiri dari ayah dan ibu kelurga saya bahagia |
v Saya suka
bermain badminton |
Kesulitan dalam konsentrasi dan kesulitan
dalam meningat |
Agar Bisa
meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya Belajar tak
kenal Lelah |
Saya selalu
Bersemangat untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
7. |
Desyati
Utami |
Peserta didik
menunjukkan kemampuan belajar Independent Level (tingkat mandiri) peserta
didik pribadi semangat dalam mengikuti pembelajaran |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Ayu, di rumah saya semua beragama
islam Terdiri dari ayah, ibu, nenek dan kakak merasa sangat bahagia |
v Memiliki hobi
menggambar v Pernah ikut
lomba Sains dan Matematika |
Merasa
ternggangu oleh teman dan pelajaran yang sulit yaitu Matematika |
Agar Bisa
Membentuk Pribadi Islam Selalu Belajar |
Saya selalu
Bersemangat untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
8. |
Fadhli
AlGhifari |
Peserta didik
menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta
didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru. |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam Terdiri dari ayah, ibu, adek, merasa bahagia |
v Kemampuan baca
Al-Qur’an yang lancar v memiliki hobi
mancing v tingkat
kabupaten dan lomba azan tingkat kabupaten |
Tidak ada
hambatan dalam belajar |
Agar Bisa
meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya Belajar tak
kenal Lelah |
Saya selalu
Bersemangat untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
9. |
Hendra
gunawan |
Peserta didik
menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta
didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru. |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam Terdiri dari ayah, ibu, kakak, merasa sangat bahagia |
v Menyukai
mengambar. v Memiliki
antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan |
Merasa
diganggu dengan teman dan merasa tidak
nyaman, pelajaran yang sulit yaitu Matematika, Bhs Indonesia |
Agar Bisa
Membentuk Pribadi Islam Selalu Belajar |
Saya selalu
Bersemangat untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
10. |
Muhammad
Aidil Putra |
Peserta didik
menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta
didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru. |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Belum bisa
membaca Al-Qur’an v Belum punya v Pernah
mengikuti lomba sepak bola di kabupaten |
v Merasa
kesulitan konsentrasi ketika mengerjakan soal essai v Masih kesulitan
untuk membaca v Merasa
dinganggu teman |
Termotivasi
Oleh guru kami |
Saya selalu
Bersemangat untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
11 |
Muhammad
Azka |
Peserta didik
menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik
yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Kemampuan
membaca Al-Qur’an sudah baik v Menyukai
Olahraga v Memiliki
antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan |
v Merasa
kesulitan konsentrasi ketika mengerjakan soal essai v Masih kesulitan
untuk membaca |
Termotivasi
Oleh guru kami |
Saya selalu
Bersemangat untuk beljar Ya, saya selalu
ceria |
12 |
Merni |
Peserta didik
menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik
yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Kemampuan
membaca Al-Qur’an baik v Menyukai
Bermain v Bercita-cita
menjadi Guru |
Kesulitan dalam konsentrasi dan kesulitan
dalam meningat |
Agar Bisa
meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya Belajar tak
kenal Lelah |
Saya selalu
Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria |
13 |
Nesti
sartika |
Peserta didik
menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta
didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru. |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Kemampuan
membaca Al-Qur’an sudah baik v Menyukai
Olahraga v Memiliki
antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan |
Merasa
ternggangu oleh teman dan pelajaran yang sulit yaitu Matematika |
Agar Bisa
Membentuk Pribadi Islam Selalu Belajar |
Saya selalu
Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria |
14 |
Renata
Monalisa |
Peserta didik
menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik
yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Kemampuan membaca
Al-Qur’an baik v Menyukai
Bermain v Bercita-cita
menjadi Polwan |
Tidak ada
hambatan dalam belajar |
Termotivasi
Oleh guru kami |
Saya selalu
Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria |
15 |
Riski
Saputra |
Peserta didik
menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik
yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Menyukai
Olahraga v Memiliki
antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan |
Merasa
diganggu dengan teman dan merasa tidak
nyaman, pelajaran yang sulit yaitu Matematika, Bhs Indonesia |
Termotivasi
Oleh guru kami |
Saya selalu
Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria |
16 |
Raffi
Ramadhan |
Peserta didik
menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta
didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru. |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Menyukai pelajaran PAI v Bercita-cita
menjadi Dokter |
Kesulitan dalam konsentrasi dan kesulitan
dalam meningat |
Agar Bisa
meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya Belajar tak
kenal Lelah |
Saya selalu
Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria |
17 |
Tasya
Juliani |
Peserta didik
menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik
yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Kemampuan
membaca Al-Qur’an sudah baik v Menyukai
Olahraga v Memiliki
antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan |
Merasa
ternggangu oleh teman dan pelajaran yang sulit yaitu Matematika |
Agar Bisa
Membentuk Pribadi Islam Selalu Belajar |
Saya selalu Bersemangat
untuk belajar Ya, saya selalu ceria |
18 |
Zulhidan
Hafizh Putra |
Peserta didik
menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik
yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Kemampuan
membaca Al-Qur’an baik v Menyukai
Bermain v Bercita-cita
menjadi Pelaut |
Tidak ada
hambatan dalam belajar |
Termotivasi
Oleh guru kami |
Saya selalu
Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria |
19 |
Zahwa
Melika |
Peserta didik
menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta
didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru. |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Kemampuan
membaca Al-Qur’an sudah baik v Menyukai
Olahraga v Memiliki
antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan |
Merasa
diganggu dengan teman dan merasa tidak
nyaman, pelajaran yang sulit yaitu Matematika, Bhs Indonesia |
Termotivasi
Oleh guru kami |
Saya selalu
Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria |
20 |
Fauzan Al
paril |
Peserta didik
menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik
yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Kemampuan
membaca Al-Qur’an baik v Menyukai
Bermain v Bercita-cita
menjadi Dosen |
Kesulitan dalam konsentrasi dan kesulitan
dalam meningat |
Agar Bisa
meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya Belajar tak
kenal Lelah |
Saya selalu
Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria |
21 |
Kim Dong
Han |
Peserta didik
menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik
yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar |
Saya anak ke dua
keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama
islam |
v Kemampuan
membaca Al-Qur’an sudah baik v Menyukai
Olahraga v Memiliki
antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan v Bercita-cita
menjadi Pemain sepak bola terkenal |
Merasa
ternggangu oleh teman dan pelajaran yang sulit yaitu Matematika |
Agar Bisa
Membentuk Pribadi Islam Selalu Belajar |
Saya selalu
Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar