Guru Profesional
My Name Is Abdul Hendi

Sabtu, 24 Agustus 2024

LK-3.1.1: Penyusunan Instrumen Asesmen Awal Siswa (Entering behavior)

 

LK-3.1.1: Penyusunan Instrumen Asesmen Awal Siswa (Entering behavior)

Petunjuk:

Buatlah angket atau pedoman wawancara yang menggali data tentang gambaran awal (entering behavior) peserta didik!

Nama Siswa                   :

Kelas                               :

Jenis Kelamin                :

 

No

Elemen

Daftar Pertanyaan (Wawancara/ Angket)

1.

Latar Belakang Keluarga

1.

Berasal dari daerah mana orang tua ananda?

2.

Apa pekerjaan orang tua ananda?

3.

Adakah agama lain selain Islam di keluarga ananda?

2.

Potensi yang menonjol/Prestasi siswa sebelumnya

1.

Apa yang pandai ananda lakukan di sekolah dalam hal Agama ?

2.

Apakah kamu pernah ikut kegiatan ekstrakurikuler disekolah ? (Sebutkan jika ada)

3.

Apakah ada hobi atau kegiatan di luar sekolah yang kamu gemari dan merasa memiliki keahlian di dalamnya?

3.

Hambatan anak dalam belajar

1.

Apa yang membuat kamu merasa kesulitan saat belajar?

2.

Apakah ada mata pelajaran tertentu yang membuatmu merasa sulit?

3.

Apakah ada sesuatu di rumah yang membuatmu kesulitan untuk fokus pada belajar?

4

Motivasi Belajar

1

Apa motivasi Belajar ananda?

2

Mata pelajaran / Materi apa yang anda Senangi?

3

Apakah Orang tua ananda selalu memberikan motivasi ?

5

Minat Belajar

1

Bagaimana minat anda untuk belajar PAI?

2

Apakah ananda selalu Ceria saat memulai pelajaran disekolah?

3

Apakah ananda merasa senang terhadap pelajaran Lain Selain PAI?

 

                                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Inputing Data :

 

No.

Nama Siswa

Hasil Asesmen Awal

Latar Belakang Keluarga

Potensi yang Menonjol/Prestasi Siswa Sebelumnya

Hambatan anak dalam Belajar

Motivasi Belajar

Minat Belajar

1.

Alpin Saputra

 

Peserta didik menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar 

Saya anak ketiga keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an sudah baik

v  Menyukai Olahraga

v  Memiliki antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan

Merasa sulit mengingat pelajaran apalagi pelajaran Matematika

Agar Bisa meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya, Belajar tak kenal Lelah

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

2.

Agung Brisky

 

Peserta didik menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar

Saya anak ketiga keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam Terdiri dari ayah,ibu dan kakak dan keluarga saya sangat bahagia

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an cukup baik

v  Menyukai Bermain

v  Bercita-cita menjadi Guru

Merasa kesulitan dalam mengingat dan kesulitan dalam mata pelajaran matematika

Agar Bisa Membentuk Pribadi Islam

Selalu Belajar

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

3.

Alkat

 

Peserta didik menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru.

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam Terdiri dari ayah, ibu, adik dan aku dan merasa bahagia

v  Memiliki kemampuan mengingat yang baik

v  Memiliki kemauan dan semangat untuk bisa

v  Menyukai menggambar

Kesulitan dalam menulis, membaca dan mata pelajaran matematika, sulit focus disekolah karena sering berbicara sendiri

Termotivasi Oleh guru kami

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

4.

Asgianto

 

Peserta didik menunjukkan kemampuan belajar Independent Level (tingkat mandiri) peserta didik kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki

Saya anak pertama keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam Terdiri dari ayah, ibu, kakek, nenek dan saya merasa sangat bahagia

v  Memiliki bacaan Al-Qur’an yang lancar

v  Memiliki kemampuan dan semangat untuk bisa

Merasa kelasnya berisik dan pelajaran yang sulit yaitu matematika

Termotivasi Oleh guru kami karena mereka pintar

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

5.

Adiba Ramadhani

Peserta didik menunjukkan kemampuan belajar Independent Level (tingkat mandiri) peserta didik pribadi semangat dalam mengikuti pembelajaran

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Ayu, di rumah saya semua beragama islam Terdiri, ibu kakak dan saya merasa sangat bahagia

v  Kemampuan baca Al-Qur’an yang baik

v  Semangat belajar yang tinggi

 

Kesulitan dalam konsentrasi

Hanya ingin bertemu guru kami

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

6.

Damarulan

 

Peserta didik menunjukkan kemampuan belajar Independent Level (tingkat mandiri) peserta didik pribadi semangat dalam mengikuti pembelajaran

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam Terdiri dari ayah dan ibu kelurga saya bahagia

v  Saya suka bermain badminton

 Kesulitan dalam konsentrasi dan kesulitan dalam meningat

Agar Bisa meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya

Belajar tak kenal Lelah

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

7.

Desyati Utami

 

Peserta didik menunjukkan kemampuan belajar Independent Level (tingkat mandiri) peserta didik pribadi semangat dalam mengikuti pembelajaran

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Ayu, di rumah saya semua beragama islam Terdiri dari ayah, ibu, nenek dan kakak merasa sangat bahagia

v  Memiliki hobi menggambar

v  Pernah ikut lomba Sains dan Matematika

Merasa ternggangu oleh teman dan pelajaran yang sulit yaitu Matematika

Agar Bisa Membentuk Pribadi Islam

Selalu Belajar

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

8.

Fadhli AlGhifari

 

Peserta didik menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru.

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam Terdiri dari ayah, ibu, adek, merasa bahagia

v Kemampuan baca Al-Qur’an yang lancar

v memiliki hobi mancing

v tingkat kabupaten dan lomba azan tingkat kabupaten

Tidak ada hambatan dalam belajar

Agar Bisa meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya

Belajar tak kenal Lelah

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

9.

Hendra gunawan

Peserta didik menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru.

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam Terdiri dari ayah, ibu, kakak, merasa sangat bahagia

v  Menyukai mengambar.

v  Memiliki antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan

Merasa diganggu  dengan teman dan merasa tidak nyaman, pelajaran yang sulit yaitu Matematika, Bhs Indonesia

Agar Bisa Membentuk Pribadi Islam

Selalu Belajar

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

10.

Muhammad Aidil Putra

 

Peserta didik menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru.

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Belum bisa membaca Al-Qur’an

v  Belum punya

v  Pernah mengikuti lomba sepak bola di kabupaten

v  Merasa kesulitan konsentrasi ketika mengerjakan soal essai

v  Masih kesulitan untuk membaca

v  Merasa dinganggu teman

Termotivasi Oleh guru kami

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

11

Muhammad Azka

Peserta didik menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar 

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an sudah baik

v  Menyukai Olahraga

v  Memiliki antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan

v  Merasa kesulitan konsentrasi ketika mengerjakan soal essai

v  Masih kesulitan untuk membaca

Termotivasi Oleh guru kami

Saya selalu Bersemangat untuk beljar

Ya, saya selalu ceria

12

Merni

Peserta didik menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an baik

v  Menyukai Bermain

v  Bercita-cita menjadi Guru

 Kesulitan dalam konsentrasi dan kesulitan dalam meningat

Agar Bisa meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya

Belajar tak kenal Lelah

Saya selalu Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria

13

Nesti sartika

Peserta didik menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru.

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an sudah baik

v  Menyukai Olahraga

v  Memiliki antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan

Merasa ternggangu oleh teman dan pelajaran yang sulit yaitu Matematika

Agar Bisa Membentuk Pribadi Islam

Selalu Belajar

Saya selalu Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria

14

Renata Monalisa

Peserta didik menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar 

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an baik

v  Menyukai Bermain

v  Bercita-cita menjadi Polwan

Tidak ada hambatan dalam belajar

Termotivasi Oleh guru kami

Saya selalu Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria

15

Riski Saputra

Peserta didik menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Menyukai Olahraga

v  Memiliki antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan

Merasa diganggu  dengan teman dan merasa tidak nyaman, pelajaran yang sulit yaitu Matematika, Bhs Indonesia

Termotivasi Oleh guru kami

Saya selalu Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria

16

Raffi Ramadhan

Peserta didik menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru.

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Menyukai  pelajaran PAI

v  Bercita-cita menjadi Dokter

 Kesulitan dalam konsentrasi dan kesulitan dalam meningat

Agar Bisa meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya

Belajar tak kenal Lelah

Saya selalu Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria

17

Tasya Juliani

Peserta didik menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar 

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an sudah baik

v  Menyukai Olahraga

v  Memiliki antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan

Merasa ternggangu oleh teman dan pelajaran yang sulit yaitu Matematika

Agar Bisa Membentuk Pribadi Islam

Selalu Belajar

Saya selalu Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria

18

Zulhidan Hafizh Putra

Peserta didik menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an baik

v  Menyukai Bermain

v  Bercita-cita menjadi Pelaut

Tidak ada hambatan dalam belajar

Termotivasi Oleh guru kami

Saya selalu Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria

19

Zahwa Melika

Peserta didik menunjukkan belajar Instructional Level (tingkat pemberian perintah) peserta didik cenderung pasif dan menunggu arahan guru.

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an sudah baik

v  Menyukai Olahraga

v  Memiliki antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan

Merasa diganggu  dengan teman dan merasa tidak nyaman, pelajaran yang sulit yaitu Matematika, Bhs Indonesia

Termotivasi Oleh guru kami

Saya selalu Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria

20

Fauzan Al paril

Peserta didik menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar 

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an baik

v  Menyukai Bermain

v  Bercita-cita menjadi Dosen

 Kesulitan dalam konsentrasi dan kesulitan dalam meningat

Agar Bisa meningkatkan Ilmu Pengetahuan saya

Belajar tak kenal Lelah

Saya selalu Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria

21

Kim Dong Han

Peserta didik menunjukkan belajar Independent Level (tingkat mandiri) namun peserta didik yang kurang focus dalam mengikuti proses belajar mengajar

Saya anak ke dua keluarga saya berasal dari Desa Gunung Menang, di rumah saya semua beragama islam

v  Kemampuan membaca Al-Qur’an sudah baik

v  Menyukai Olahraga

v  Memiliki antusias dalam pembelajaran yang dimasukkan kedalam permainan

v  Bercita-cita menjadi Pemain sepak bola terkenal

Merasa ternggangu oleh teman dan pelajaran yang sulit yaitu Matematika

Agar Bisa Membentuk Pribadi Islam

Selalu Belajar

Saya selalu Bersemangat untuk belajar Ya, saya selalu ceria

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

PTK PRASIKLUS

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE MAKE A MATCH MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN PADA SISWA K...